4 Rekomendasi Bubur di Sukabumi, Selalu Laris Manis!

Selain nasi dan pecel, menu lain yang cocok untuk makan pagi adalah bubur. Penganan ini digemari karena praktis dan mudah dicerna. Salah satu daerah di Indonesia yang populer dengan bubur adalah Sukabumi. Buat Teman Traveler yang mencari referensi sarapan saat jelajah tempat wisata di Sukabumi, bisa intip rekomendasi gerai bubur berikut.

1. Bubur Odeon

Bubur Odeon via Instagram/@jazzyculinary

Bubur Odeon merupakan kuliner legendaris di Sukabumi, karena sudah berdiri sejak tahun 1959an. Namanya diambil dari Odeon yaitu kawasan pecinan di Sukabumi. Meski dijual di kawasan pecinan, semangkuk Bubur Odeon ini dijamin halal.

Menariknya, Bubur Odeon disajikan seperti makanan ala Tionghoa yang diberi sayur asin dan irisan daging ayam rebus di piring berbeda. Buburnya sendiri berisikan pangsit, bawang goreng, seledri, kaldu, dan kecap. Bubur ini bisa ditemukan di Jln. Pajagalan No. 33, Sukabumi, Nyomplong, Warudoyong, Kota Sukabumi.

2. Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam Bunut Instagram/@suchit.zaw

Berdiri sejak tahun 1981, Bubur Bunut tidak hanya populer di Sukabumi namun juga sampai luar kota seperti Jakarta. Bubur ini berlokasi di Jln. Siliwangi No. 93, Sukabumi.

Keistimewaan dari sajian Bubur Bunut adalah taburan bawang goreng. Namun uniknya malah bawang goreng ini yang membuat bubur semakin nikmat. Selain itu, tersedia topping lain seperti kroket, tulang ayam, dan pepes ayam. Teman Traveler pun bisa memadukan bubur dengan renyahnya kroket yang bikin ketagihan.

3. Bubur Pengkolan

Bubur di Sukabumi
Bubur Pengkolan via Instagram/@buburpengkolan_official

Sukabumi memang dikenal dengan sajian bubur yang enak. Salah satunya direkomendasikan oleh food reviewer, Nex Carlos, yaitu Bubur Pengkolan. Meski tempatnya sederhana, namun banyak pengunjung yang datang untuk sarapan di sini.

Untuk topping tambahannya tersedia sate usus, kroket, dan pepes usus. Selain itu Teman Traveler harus memperhatikan saat mengambil kecap karena tersedia kecap asin dan kecap manis. Lokasi bubur ini berada di Jln. Surya Kencana, Selabatu, Kec.Cikole, Sukabumi.

4. Bubur Ayam Nyalindung

Bubur di Sukabumi
Bubur Ayam Nyalindung via Facebook/Mila Amalia

Selanjutnya ada Bubur Ayam Nyalindung atau disebut juga Bubur Ayam Ummi Aroh. Warungnya berlokasi di daerah Nyalindung dan pemiliknya bernama Umi Aroh. Tepatnya terletak di Kampung Purut Cikawung, Kabupaten Sukabumi. Bubur ini menjadi kuliner favorit bagi masyarakat lokal dan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal yang menarik dari Bubur Ayam Nyalindung yaitu tidak menggunakan penyedap rasa. Sang pemilik lebih memilih menggunakan bumbu organik agar rasanya gurih dan pas di lidah. Selain bubur ayam, pemilik juga menyajikan lontong sayur dan nasi uduk.

Itu dia rekomendasi tempat makan bubur di Sukabumi buat sarapan. Sempatkan mampir saat jalan-jalan ke sini, ya. Jadi kamu tim bubur diaduk atau tidak diaduk, nih?

Tags
Bubur di Sukabumi Indonesia Jawa Barat kuliner kuliner sukabumi Sukabumi
Share