Fenomena Hujan Es Makin Meluas, 5 Kawasan di Jawa Timur Ini Terkena Dampaknya

Musim hujan kini telah tiba di beberapa daerah khususnya Jawa Timur. Namun, rupanya ada yang tidak biasa dengan fenomena alam satu ini. Hujan dibarengi bongkahan es melanda sejumlah kawasan di Jawa Timur. Bahkan ada yang dibarengi angin kencang, mengakibatkan sejumlah bangunan rusak. Di kota mana saja yang terkena dampak hujan es?

Rumah Roboh dan Pohon Tumbang di Malang

Banjir Usai Hujan Es di Malang via Twitter @odikoke

Baru saja terjadi kemarin (6/12), Kota Malang dihebohkan dengan fenomena hujan es yang melanda beberapa titik, salah satunya adalah kawasan Jalan Soekarno-Hatta. Selain itu, ada dua area lain yang juga dilanda hujan es yaitu Kelurahan Dinoyo dan Kecamatan Blimbing.

Kejadian tersebut diketahui dari akun Twitter warga Kota Malang yang merekam hujan disertai es sebesar kelereng dan angin cukup kencang. Akibat dari hujan es, beberapa bangunan rumah rusak dan pohon tumbang. Bahkan ada warga yang tertimpa tembok rumah sampai dilarikan ke rumah sakit. Tak hanya hujan es, banjir pun sempat melanda beberapa titik di Malang.

Hujan Es Membuat Warga Mojokerto Enggan Keluar Rumah

Hujan Es di Jawa Timur
Bongkahan Es Saat Hujan di Mojokerto via Twitter @riaudetilcom

Mojokerto menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dilanda hujan es seukuran kelereng. Terdapat setidaknya 5 desa yang diguyur hujan es yaitu Jabon, Kintelan, Sidoharjo, Tambakagung, dan Penompo. Fenomena ini membuat warga di daerah tersebut mengurungkan niat untuk keluar rumah. Bagaimana tidak? Hujan es tersebut disertai angin kencang dan petir.

Puluhan Rumah di Situbondo Rusak

Rumah Rusak di Situbondo via Twitter @InfoKamtibmas

Hujan es yang mengguyur Situbondo mempunyai dampak yang lebih besar daripada Mojokerto. Menurut laman news.detik.com, setidaknya 77 rumah warga Kecamatan Jatibanteng sampai rusak akibat dari fenomena alam ini. Kejadian tersebut memang hanya berlangsung sekitar 10 menit, namun dampaknya begitu hebat. Kala itu, hujan es yang disertai angin kencang ini mampu menerbangkan seng rumah maupun membuat atap roboh.

Warga Bojonegoro Dilarikan ke Rumah Sakit

Hujan Es di Jawa Timur
Bangunan Roboh di Bojonegoro via Twitter @baiibayu_

Kawasan di Jawa Timur yang dilanda hujan es selanjutnya adalah Kabupaten Bojonegoro. Dikutip dari metrotvnews.com, ada kurang lebih 9 kecamatan yang terkena dampak fenomena alam tersebut. Puluhan rumah roboh dan pohon pun tumbang. Akibatnya terdapat 4 warga yang tertimpa pohon dan ada yang harus dilarikan ke rumah sakit.

Menara Pemancar Radio di Ngawi Roboh Menimpa Rumah Warga

Menara Roboh Akibat Hujan Es di Ngawi via Source

Ngawi juga dilanda hujan es yang bahkan sampai merobohkan menara radio setinggi kira-kira 70 meter. Dilansir dari situs regional.kompas.com, menara tersebut menimpa rumah dan sepeda motor yang terletak di sekitar lokasi pemancar. Hujan yang disertai es sebesar kelereng melanda Ngawi, berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Selain itu, sejumlah sudut di Mapolres Ngawi juga roboh akibat angin kencang saat hujan.

Itulah setidaknya 5 kawasan di Jawa Timur yang dilanda hujan es. Bagi Teman Traveler yang berencana untuk berwisata ke 5 kawasan di atas, disarankan untuk lebih berhati-hati. Sebaiknya juga cek dahulu ramalan cuaca sebelum bepergian ke mana pun.

Tags
Hujan es di Jawa Timur Indonesia info terbaru Jawa Timur
Share