5 Gedung Terangker di Indonesia, Salah Satunya Jadi Tempat Pembantaian G30S

Indonesia memiliki berbagai macam destinasi wisata yang keren dan menarik. Tidak hanya alam dan budaya saja, melainkan juga gedung-gedung terangker yang digemari para penggemar wisata horor. Penasaran apa saja? Yuk simak deretan destinasi seram berikut ini!

1. Lawang Sewu, Semarang

Image may contain: sky, cloud, tree, plant and outdoor
Lawang Sewu via Instagram/@ryanjepret

Siapa tidak tahu ikon Semarang yang satu ini? Lawang Sewu sejak dulu memang dikenal memiliki sisi mistis yang mencekam. Berawal dari penggunaannya sebagai pusat badan kereta api Hindia Belanda, gedung ini pernah dipakai oleh tentara Jepang untuk menahan dan menyiksa tahanan politik. Konon ada yang sampai tewas, loh!

Hal ini ditambah arsitekturnya yang bergaya Eropa klasik, membuat bangunan ini terasa mencekam saat malam. Tak heran banyak sekali penikmat wisata horor yang menjadikan gedung ini sebagai salah satu destinasi favorit mereka.

2. Kota Tua Jakarta

Image may contain: one or more people, sky and outdoor
Kota Tua Jakarta via Instagram/andrimotret13

Destinasi wisata klasik Jakarta ini juga tak luput dari kisah mistis yang mencekam. Kawasan yang dibangun dari abad ke-17 ini menjadi saksi penting kejayaan Batavia di masa lampau, mengingat di sini dibangun fasilitas-fasilitas penting pemerintahan, seperti balaikota, bank, dan sebagainya.

Di Museum Fatahillah sendiri, misalnya, memiliki penjara bawah tanah yang dulu difungsikan untuk menahan para pemberontak. Tak sedikit yang tewas karena kelelahan atau tenggelam, mengingat pada masa itu air laut bisa sampai ke sini.

Selain itu, di lapangan Kota Tua menjadi saksi pelaksanaan hukuman mati para penjahat dan tokoh masyarakat yang dianggap membangkang dengan pemerintah. Hal tersebut makin menambah kesan mistis di sana.

3. Benteng Rotterdam, Makassar

No photo description available.
Benteng Rotterdam via Instagram/alnaniamks

Benteng yang terkenal karena arsitekturnya yang indah ini juga tidak kalah seram dengan destinasi horor lainnya di Indonesia. Ketika terjadi perang perebutan wilayah antara masyarakat lokal dan tentara Belanda, banyak korban jiwa berjatuhan. Konon di sepanjang benteng mayat-mayat bergelimpangan dan tak terurus, saking banyaknya.

Selain itu, Benteng Rotterdam menjadi tempat pengasingan beberapa tokoh perjuangan, salah satunya adalah Pangeran Diponegoro, yang ditahan bersama istrinya di sini hingga wafat. Hal ini membuat destinasi ini memiliki nilai historis yang menarik.

4. Hotel Pondok Indah Bedugul, Bali

No photo description available.
Hotel Bedugul yang terbengkalai via Instagram/goandme

Hotel ini menjadi viral setelah seorang travel writer luar negeri bernama Jacob Laukatis mengulas tempat terbengkalai ini ke dalam channel Youtubenya. Bahkan, ia menyebut hotel ini sebagai ‘The Ghost Palace‘, saking horor dan mistisnya!

Tidak jelas kapan kapan dan mengapa hotel ini tidak lagi dilanjutkan pembangunannya. Namun ketika Teman Traveler mencoba masuk ke sana, kalian akan merasakan aura mistis yang begitu kuat. Apalagi saat malam tiba. Konon sudah banyak cerita penampakan yang dialami para penggemar wisata horor.

5. Toko Wong, Bali

Ilustrasi pertokoan di Bali via Shutterstock

Letaknya cukup tersembunyi di daerah Jembrana, Bali. Namun siapa sangka bahwa bangunan ini menjadi salah satu saksi bisu kekejaman peristiwa G30S. Toko Wong sempat dijadikan kamp para tahanan politik yang dianggap terlibat dalam peristiwa itu. Jumlahnya mencapai lebih dari 100 orang.

Mereka lalu dikumpulkan ke dalam sebuah ruangan, kemudian dihabisi dengan berondong tembakan hingga tewas. Konon darahnya bisa terlihat hingga jendela bangunan. Setelah itu, mayat-mayatnya dibuang di beberapa lokasi, salah satunya sumur yang terletak di dekat rumah.

Itulah tadi sederet gedung terangker yang bisa jadi referensi para penggemar wisata horor di Indonesia. Ada Teman Traveler yang mau mencoba mendatanginya?

Tags
gedung terangker Indonesia Wisata Wisata Horor
Share