60 Tujuan Wisata di Malang Kota yang Oke Punya

Sebelumnya Travelingyuk sudah pernah membahas destinasi wisata yang ada di Kota Batu dan pantai-pantai di Kabupaten Malang. Tidak lengkap dong jika melewatkan tujuan wisata yang ada di Malang kota. Kota Malang berada di dataran tinggi yang dikepung oleh daratan Kabupaten Malang.

Terlepas dari kondisi Kota Malang sekarang yang banyak dikeluhkan warga dan mahasiswanya lantaran banyak macet di sana-sini, kota ini memang layak memiliki julukan Parijs van Oost-Java atau kota Paris dari Jawa Timur. Hal ini dikarenakan sudut-sudut Kota Malang memang indah. Di dalam luas wilayah sekitar 252 kilometer persegi ini wisatawan bisa menjumpai sejumlah pilihan tempat wisata yang oke punya. Berikut Travelingyuk rangkum beberapa yang paling direkomendasi.

1. Mengunjungi Monumen Tugu dan Monumen-Monumen Lain di Malang

Monumen Tugu Malang adalah tempat pertama yang wajib wisatawan kunjungi selama berlibur di Kota Apel. Monumen Tugu yang memiliki sejumlah julukan seperti Alun-alun Bunder, Taman Tugu Bunder, dan Alun-alun Tugu ini mempunyai sejarah panjang karena sejak zaman kolonial Belanda. Tugu tersebut sama seperti Tugu Jogja, selain sebagai landmark juga menjadi simbol dan kebanggaan Kota Malang.

Monumen Tugu Malang, via instagram
Monumen Tugu Malang, via instagram

Monumen Tugu Malang terletak persis di depan Gedung Balai Kota sehingga wisatawan bisa dengan mudah menemukan keberadaannya. Lagi pula monumen ini sangat terkenal di sana untuk berbagai kegiatan termasuk pre-wedding. Selain Monumen Tugu Malang, wisatawan yang berada di Kota Malang juga bisa keliling monumen-monumen lainnya seperti Monumen Pesawat MIG-17 Fresco, Monumen Juang, Monumen KNIP Malang, Monumen Chairil Anwar dan masih banyak monumen lainnya yang tersebut di seluruh penjuru Kota Malang.

Lokasi Monumen Tugu Kota Malang

2. Hawai Waterpark, Rasakan Sensasi Bersantai Seperti di Hawaii

Jika Kota Batu menawarkan taman bermain berupa Jatim Park I dan II maka Kota Malang hadir dengan konsep taman bermain air yang mengusung tema Hawaii, namanya Hawai Waterpark. Hawai Waterpark Malang adalah waterpark pertama di kota Malang dan di Jawa Timur yang menyajikan tema Hawai di seluruh area wahana.

Hawai Waterpark, via instagram
Hawai Waterpark, via instagram

Seperti dilansir Travelingyuk dari situs resminya, Hawai Waterpark memiliki 9 wahana seru antara lain Hawai Water House, Waikiki Beach, Waimea Stream River, Mavi Island, Rainbow Fall, Akaolu pool, Ekolu slide, Hula-hula slide, Wailele Slide. Waikiki Beach menjadi salah satu wahana terfavorit sebab wahana yang punya nama lain sebagai Tsunami Pool ini adalah kolam yang punya simulasi gelombang tsunami. Tiket masuk ke Hawai Waterpark bervariasi, rata-rata sekitar Rp. 75 ribu . Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-16.00. Pada akhir pekan dan hari libur nasional waterpark ini buka 2 jam lebih awal dan tutup satu jam lebih lama.

Lokasi Hawai Waterpark Malang

3. Berburu Oleh-Oleh Khas Malang

Di Malang ada banyak oleh-oleh atau jajanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh sepulang liburan dari kota tersebut. Wisatawan pun bisa membeli aneka buah tangan di toko oleh-oleh yang ada banyak di pinggir jalan. Tapi ada beberapa oleh-oleh terpopuler yang wajib wisatawan beli yaitu:

a. Malang Strudel

Malang Strudel adalah modifikasi dari strudel, kue berlapis yang terbuat dari pastry dan di isi berbagai buah-buahan yang menjadi jajanan khas negara di Eropa khususnya Austria. Malang strudel ini adalah turunannya, yang dibikin oleh chef profesional yang disesuaikan dengan cita rasa lokal.

Malang Strudel, via instagram
Malang Strudel, via instagram

Malang strudel baru dibuka pada tahun 2014 di Malang dan langsung masuk menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Kota Apel. Toko pertamanya berada di alamat Jalan Ardimulyo no 14 Singosari, Malang. Kini wisatawan bisa membelinya di gerai Malang Strudel yang ada di Jalan Soekarno Hatta, kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

b. Keripik Tempe Sanan

Meski kota yang mendapat julukan sebagai Kota Keripik Tempe adalah Trenggalek tapi produksi keripik tempa paling terkenal berasal dari Malang. Keripik tempe dari kota Malang ini disebut dengan keripik tempe sanan. Bahan bakunya adalah tempat yang diiris tipis-tipis kemudian dilumuri tepung bumbu dan digoreng. Rasanya renyah dan lezat di lidah.

Sentra Pembuatan Keripik Tempe Sanan [image source]
Sentra Pembuatan Keripik Tempe Sanan [image source]

Keripik tempe bisa wisatawan dapatkan di berbagai pusat oleh-oleh, tapi jika mau yang original wisatawan bisa membelinya langsung di sentra pembuatan keripik tempe yang ada di kawasan Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing. Di sana banyak toko yang menjual keripik tempe sanan bahkan wisatawan bisa membeli langsung pada pembuatnya.

c. Pia Mangkok

Pia mangkok adalah jajanan khas Malang yang wajib wisatawan beli untuk oleh-oleh. Jajanan ini memang mirip dengan bakpia Jogja, bentuknya berupa kue basah dengan isi kacang hijau di dalamnya. Tak sedikit dari wisatawan yang pernah mencicipinya mulai dari bentuk, tekstur, dan rasa memang mirip dengan bakpia patok.

Pia Mangkok, via instagram
Pia Mangkok, via instagram

Pia mangkok dijual dalam aneka varian rasa ada rasa kacang hijau, durian, keju, cokelat dan kopi. Dari pada penasaran beli dan buktikan sendiri rasa pia mangkok, siapa tahu kamu bisa menganalisa perbedaan rasa antara bakpia patok dengan pia mangkok Malang. Oiya, kalau tertarik menjadikan pia mangkok sebagai oleh-oleh, kamu bisa membelinya di toko yang ada di Jalan Semeru No. 25 Malang.

4. Wisata Kuliner di Kota Malang

Julukan lain yang disandang Kota Malang adalah Kota Kuliner. Julukan tersebut merujuk pada banyaknya jenis makanan khas penggugah selera yang bisa dijumpai di sana. Wisatawan yang berlibur di Kota Malang setidaknya wajib mencicipi kuliner berikut ini:

a. Lumpia Hoklay

Lumpia Hoklay adalah salah satu rumah makan yang sangat terkenal dan bersejarah di Malang dimana keberadaannya membawa wisatawan harus kembali ke tahun 1937. Interior bangunannya tetap mempertahankan desain khas Belanda yang cukup kuno. Rumah makan ini bernama asli Depot Hok Lay dan juga memiliki julukan lain sebagai Cwie Mie Malang.

Lumpia Hoklay, via instagram
Lumpia Hoklay, via instagram

Menu utama yang dijual tentu saja cwie mie dengan cita rasa khas yang berbeda dari cwie mie yang dijual di rumah makan lain. Taburan pangsit yang renyah dan mie yang lembut membuat wisatawan dijamin ketagihan. Selain itu lumpia hok lay juga wajib dicicipi. Lumpia ini berisi rebung dan daging cincang yang kemudian dihidangkan dengan acar mentimun, cabai rawit, daun bawang, selada air, dan saus tauco yang kental serta lezat. Harganya cukup terjangkau lho, hanya sekitar 10 ribuan saja satu porsinya. Wisatawan bisa menemukan rumah makan ini di alamat Jalan K.H. Ahmad Dahlan 10, Klojen-Malang Kota.

b. Bakso Malang

Belum lengkap kuliner di Malang kalau belum mencicipi bakso Malang yang terkenal dengan tambahan pangsit, gorengan, bakso kotak dan masih banyak lagi isinya dalam satu mangkok yang bikin perut kenyang tidak ketulungan. Bakso ini bisa wisatawan jumpai di banyak tempat dari pedagang keliling hingga toko-toko yang ada di pinggir jalan.

Bakso Malang, via instagram
Bakso Malang, via instagram

Tapi jika mau mencicipi bakso Malang yang spesial wisatawan harus mempertimbangkan untuk makan di tempat-tempat seperti Bakso President yang ada di jalan Sunandar Priyo Sudarmo No 55, Bakso Kota Cak Man di alamat jalan WR. Supratman C1 Kav. 13-14, Bakso Damas di jalan Soekarno Hatta, dan Bakso Bakar Pahlawan Trip di Jalan Pahlawan Trip, Malang. Harga bakso yang dijual pun tergolong murah mulai dari 9 ribu hingga 12 ribu rupiah per porsi.

c. Toko Oen

Jangan ngaku sudah khatam keliling Malang kalau belum mencicipi es krim di Toko Oen. Toko ini sudah ada sejak zaman Belanda dan hingga kini masih mempertahankan konsep jadul mulai dari dekorasi ruangan hingga cita rasa makanan yang dijual. Sejak tahun 1930 Toko Oen tidak pernah kehilangan penggemar meski konsep yang diusung tidak tersentuh modernisasi sekalipun malah terlihat antik dan menarik.

Toko Oen, via instagram
Toko Oen, via instagram

Toko Oen berada di pusat kota atau berada di dekat alun-alun kota Malang tepat di jalan Jendral Basuki Rakhmad No. 5. Patokannya adalah gereja tua di seberang jalan yang berhadap-hadapan dengan Toko Oen. Selain terkenal dengan es krimnya yang lezat, tempat ini juga menjual aneka masakan Indo-Belanda dengan nuansa tempo doeloe seperti nasi goreng, gado-gado, beef steak, dan lain-lain.

5. Museum Brawijaya, Saksi Bisu Perjuangan Warga Malang Melawan Penjajah

Selama berada di Malang sempatkan berkunjung ke Museum Brawijaya. Museum ini sangat pas sebagai destinasi wisata sejarah sekaligus mengenang keberanian warga Malang dalam berperang melawan penjajah. Museum yang terletak di Jalan Ijen Malang ini mempunyai aneka koleksi benda bersejarah berupa kendaraan tempur dan senjata perang pada masa perang kemerdekaan.

Museum Brawijaya, via instagram
Museum Brawijaya, via instagram

Benda-benda yang dikoleksi tidak hanya yang berasal dari Malang saja namun ada juga tank yang digunakan perang di Surabaya pada tanggal 10 November 1945, ada mobil dinas, sepatu tempur dan helm baja. Ada satu koleksi yang paling menyita perhatian yaitu gerbong maut yang pernah membawa 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya dimana dalam perjalanan banyak pejuang yang gugur karena kehabisan tenaga dan udara.

6. Museum Malang Tempo Doeloe, Tempat Belajar Sejarah Perkembangan Kota Malang Dengan Cara yang Asyik

Lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Gajah Mada, belakang Balai Kota Malang. Di sana terdapat satu museum lain yang menarik untuk dikunjungi yaitu Museum Malang Tempo Doeloe. Museum ini baru berumur 4 tahun atau tepat diresmikan pada tanggal 22 Oktober 2012 lalu.

Museum Malang Tempo Doeloe, via instagram
Museum Malang Tempo Doeloe, via instagram

Museum Malang Tempo Doeloe (MTD) memiliki koleksi sejarah yang diurutkan berdasarkan waktu sejarah Kota Malang. Jadi mereka yang berkunjung ke museum MTD akan melihat semacam timelapse Malang dari masa ke masa sejak zaman purba hingga sekarang termasuk penemuan pertama pondasi kota pada 1716 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Tiket masuk ke museum ini hanya 25 ribu rupiah per kepala dan jika kamu masih pelajar bisa mendapatkan tiket lebih dari separuh harga yakni 10 ribu rupiah saja.

7. Taman Rekreasi Senaputra, Tempat Rekreasi Keluarga di Pusat Kota

Taman Rekreasi Senaputra adalah nama tempat rekreasi yang sudah tidak asing lagi buat warga kota Malang. Ini adalah salah satu alternatif liburan yang tidak jauh dari pusat kota. Taman Rekreasi Senaputra berada tepat di belakang Rumah Sakit Saiful Anwar atau di Jalan Kahuripan Malang.

Taman Rekreasi Senaputra, via instagram
Taman Rekreasi Senaputra, via instagram

Di dalam taman rekreasi ini tersedia fasilitas arena permainan anak-anak dan dewasa serta kolam renang. Kolam renang sendiri jumlahnya ada 5 dengan kedalaman berbeda ada yang untuk balita ada pula anak-anak dan dewasa. Wisatawan yang berkunjung ke Taman Rekreasi Senaputra di hari Minggu akan mendapatkan suguhan tambahan berupa penampilan Tarian Jaran Kepang serta performance band.

8. Malang City Tour, Cara Lain Menikmati Kota Malang

Setelah Jakarta, Bandung, Solo dan Semarang kini giliran Malang yang meluncurkan bus wisata keliling kota yang dinamakan dengan Malang City Tour atau lebih akrab disebut Macito. Macito adalah bus tingkat dengan dek terbuka di bagian atas yang digunakan untuk keliling Kota Malang. Bus ini berkapasitas 40 penumpang dengan desain yang menyerupai bus jadul.

Malang City Tour, via instagram
Malang City Tour, via instagram

Rute yang dilalui Macito antara lain start dari Balai Kota Malang – Alun-Alun Merdeka – Jalan Kawi – Jalan Ijen – putar balik di Simpang Balapan – kembali ke Balai Kota. Macito baru saja diresmikan pada tanggal 8 Februari 2016 yang artinya baru berumur setahun. Bus ini banyak menyedot minat wisatawan apalagi naiknya gratis lho.

9. Belanja Baju di Pasar Besar Malang

Wisata Malang Pasar-Besar
Wisata Malang Pasar-Besar via Instagram @kevindwren

Setiap kota pasti punya wisata ikonik pasar tradisional maupun modern tempat belanja. Di kota Malang salah satu yang paling terkenal adalah Pasar Besar Malang. Pasar ini memiliki empat lantai. Di lantai satu dan dua ada pasar tradisional. Lalu, lantai tiga tempatnya Matahari Department Store. Sementara, di lantai empat ada pusat grosir Matahari dan pujasera.

10. Melihat Beragam Hewan di Pasar Burung Splendid

Wisata Malang Pasar-Burung-Splendid
Wisata Malang Pasar-Burung-Splendid via Instagram @dimasindzar

Kadang di rumah terasa sepi saat semua orang sedang pergi. Jadi, hewan peliharaan menjadi pilihan untuk dijadikan teman. Di Pasar Burung Splendid, kita bisa berbelanja aneka macam binatang peliharaan, lho. Ada burung, ikan hias, kura-kura, kelinci, kucing, hingga reptil. Lengkap juga dengan akuarium, sangkar burung, kandang kucing, dan berbagai makanan hewan.

11. Belanja Bunga Cantik ke Pasar Bunga Splendid

Wisata Malang Pasar-Bunga-Splendid
Wisata Malang Pasar-Bunga-Splendid via Instagram @renikitchen

Terletak berdekatan dengan Pasar Burung Splendid, di sini tempatnya berburu aneka tanaman dan bunga cantik. Segala jenis tanaman hias ada lengkap, termasuk bibit, pupuk, serta obat tanaman. Kita bisa sekalian mampir setelah jalan-jalan ke pasar burung, nih.

12. Museum Brawijaya Ikon Sejarah Kota Malang

Wisata Malang Museum-Brawijaya
Wisata Malang Museum-Brawijaya via Instagram @malang_mbois

Tidak lengkap jalan-jalan di Malang tanpa mampir ke museumnya. Museum Brawijaya yang ikonik di kawasan Jalan Ijen, menjadi destinasi bersejarah yang tidak boleh dilewatkan. Kita akan melihat beragam peninggalan sejarah mulai dari tank hingga senjata yang menjadi koleksi museum.

13. Museum Mpu Purwa Tempat Menghormati Benda Purbakala

Wisata Malang Museum-Mpu-Purwa
Wisata Malang Museum-Mpu-Purwa via Instagram @iwwiradnyana

Museum ini menjadi tempat penyimpanan berbagai benda purbakala. Koleksi purba tersebut merupakan peninggalan zaman Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Tumapel, hingga Kerajaan Sengguruh. Benda-benda kuno yang ada di sana antara lain seperti prasasti hingga arca.

14. Jalan-Jalan ke Museum Musik Indonesia untuk Wisata Seni

Wisata Malang Museum-Musik-Indonesia
Wisata Malang Museum-Musik-Indonesia via Instagram @museummusikindonesia

Satu-satunya museum musik di Malang ini berada di Gedung Kesenian Gajayana lantai dua. Tepatnya, lokasinya beralamat di Jalan Nusakambangan No. 19 Malang. Koleksi musik di sini adalah piringan hitam, kaset, hingga CD dan CVD, serta dokumentasi dalam bentuk lain. Total koleksinya mencapai lebih dari 17.000 item, lho.

15. Wisata Edukasi ke Museum Zoologi Frater Vianney

Wisata Malang Museum-Zoologi-Frater-Vianney
Wisata Malang Museum-Zoologi-Frater-Vianney via Instagram @museumzoologimalang

Museum di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, ini memiliki ratusan koleksi hewan jenis kerang darat dan laut, serta reptil ular. Aneka hewan di sini beberapa diawetkan dan ada juga lainnya yang masih hidup. Kunjungi museum ini pada hari Senin hingga Sabtu, karena di hari Minggu tutup.

16. Mengenal Nilai Perjuangan dari Museum Bentoel

Wisata Malang Museum-Bentoel
Wisata Malang Museum-Bentoel via Instagram @nurulainifr

Ada saatnya kita jalan-jalan ke tempat wisata sejarah untuk memahami nilai perjuangan masa lampau. Museum Bentoel terletak di Jalan Wiromargo No. 32 Malang dan di sini dilestarikanlah barang-barang kuno. Koleksi tersebut berupa benda bersejarah dalam proses berdirinya rokok Bentoel.

17. Hangout Santai ke Malang Town Square

Wisata Malang Matos-Malang
Wisata Malang Matos-Malang via Instagram @nisa_anis10

Mal kesayangan warga Malang ini berdiri sejak tahun 2005. Malang Town Square juga biasa dikenal dengan julukan Matos. Meski tidak terlalu besar, Matos menghadirkan suasana yang begitu nyaman bagi siapa saja. Di mal ini ada gerai produk fashion seperti baju, tas, hingga sepatu. Ada lupa pujasera tempat melepas lelah sambil bersantap, area game, hingga bioskop.

18. Mal Olympic Garden Tujuan Jalan-Jalan Keluarga

Wisata Malang Mal-Olympic-Garden
Wisata Malang Mal-Olympic-Garden via Instagram @quiksilvermog

Biasa disingkat MOG, Mal Olympic Garden merupakan pusat perbelanjaan besar yang ada di Jalan Kawi. Mal yang berdiri pada tahun 2008 ini menyediakan fasilitas belanja dan hiburan yang lengkap. Mau bersantap di pujaseranya, karaokean, hingga belanja berbagai keperluan bebas kita lakukan di sini.

19. Malang City Point Tempat Nongkrong Saat Akhir Pekan

Wisata Malang Malang-City-Point
Wisata Malang Malang-City-Point via Instagram @magdalenaapriliana16

Terletak di Jalan Terusan Dieng No. 32, Malang City Point menjadi mal lifestyle dengan aneka hiburan yang memanjakan. Perbelanjaan modern ini cukup unik karena terletak di daerah yang bukan merupakan pusat keramaian. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan aktivitas pengunjung mal yang ramai apalagi ketika akhir pekan.

20. Serunya Hiburan Permainan di Transmart Malang

Wisata Malang Transmart-Malang
Wisata Malang Transmart-Malang via Instagram @novi.araa

Transmart Malang baru diresmikan pada Februari 2019 lalu. Mal ini menjadi tetangga Malang Town Square atau Matos karena letaknya yang bersebelahan di Jalan Veteran. Keunikan Transmart yakni memiliki wahana permainan yang super seru dan tidak ada di mal lainnya. Berani naik roller coaster?

21. Taman Merbabu Tempat Wisata Anak Seru

Wisata Malang Taman-Merbabu
Wisata Malang Taman-Merbabu via Instagram @rizal.pr.n

Terletak di tengah kota, Taman Merbabu menjadi hiburan tersendiri bagi warga kota Malang. Taman bernama Merbabu Family Park ini tertata apik dengan pepohonan serta fasilitas seperti permainan anak dan sarana olahraga. Taman ini sangat cocok dijadikan tujuan jalan-jalan sore bersama anak dan keluarga. Boleh juga jadi tempat olahraga gratis.

22. Menikmati Malam di Taman Kunang-Kunang

Wisata Malang Taman-kunang-kunang
Wisata Malang Taman-kunang-kunang via Instagram @namialust

Kalau mau jalan-jalan malam santai, maka bisa ke Taman Kunang-Kunang yang memanjang antara Simpang Ijen dan Jalan Jakarta. Taman ini bernuansa sejuk dan asri. Ada tatanan lampu LED yang tersebar di titik-titik taman, membuatnya terlihat kelap-kelip saat malam. Bisa juga mampir ke sini setelah menikmati kuliner malam yang ada di sekitar taman.

23. Taman Rekreasi Kota Malang

Wisata Malang Taman-Rekreasi-Kota
Wisata Malang Taman-Rekreasi-Kota via Instagram @_endors

Kondisi taman ini lebih tepat untuk nuansa nostalgia. Sebab, Taman Rekreasi Kota Malang atau yang biasa disebut Tarekot memang tidak seramai dulu. Di sini terdapat kolam renang dan hiburan permainan anak. Juga menjadi tempat konservasi beberapa hewan. Namun, karena kondisi taman tidak dapat dimaksimalkan, fungsinya dialihkan menjadi tempat parkir umum kendaraan Pemerintah Kota.

24. Alun-Alun Bundar Tugu Peninggalan Masa Kolonial

Wisata Malang Alun-Alun-Tugu
Wisata Malang Alun-Alun-Tugu

Setiap pelancong apalagi warga Malang sendiri sudah mengenal alun-alun ikonik Tugu. Alun-alun Bundar atau alun-alun Tugu berada di depan Balai Kota Malang. Terdapat tugu di bagian tengah alun-alun dengan dikelilingi kolam teratai. Alun-alun Tugu menjadi simbol bersejarah kekuasaan Belanda karena dibangun oleh orang Belanda bernama Thomas Karsten pada tahun 1920.

25. Duduk Santai di Alun-Alun Merdeka

Wisata Malang Alun-Alun-Merdeka
Wisata Malang Alun-Alun-Merdeka via Instagram @rahadyan.aulia

Kita bisa menyebut alun-alun Merdeka sebagai paru-parunya kota Malang. Berada di pusat kota, tempat ini selalu ramai pengunjung sejak pagi hingga malam. Nikmati pemandangan air mancur di tengah alun-alun, atau berfoto dengan latar belakang masjid Jami’. Boleh juga sekedar jalan-jalan atau duduk santai di sini. Kalau lapar, di sekeliling alun-alun ada banyak makanan yang siap memuaskan perut.

26. Singgah di Taman Ijen Boulevard Landmark Kota Malang

Wisata Malang Taman-Ijen-Boulevard
Wisata Malang Taman-Ijen-Boulevard via Instagram @ronytriprasetyo

Satu lagi taman ikonik yang menjadi simbol kota Malang. Taman Ijen Boulevard adalah landmark kebanggaan masyarakat Malang. Taman ini memanjang di tengah sebagai pembatas boulevard atau jalan kembar Ijen. Di taman ada tananam pohon palem, bunga cantik dan rerumputan hijau nan rapi. Tersedia juga kursi untuk tempat duduk-duduk. Di sini juga bagus untuk berfoto-foto.

27. Spot Foto Cantik di Taman Buring

Wisata Malang Taman-Buring
Wisata Malang Taman-Buring via Instagram @bpro5.sportcam

Tidak jauh dari Taman Ijen, ada Taman Buring yang terletak di Jalan Buring. Taman ini ditata cantik dengan monumen musik di tengahnya. Sementara, di sekeliling taman terdapat labirin kecil yang hijau segar serta cocok untuk berfoto-foto. Wisatawan bisa jalan-jalan ke taman ini sambil menikmati udara sejuk kota Malang.

28. Jalan-Jalan Sehat ke Taman Slamet

Wisata Malang Taman-Slamet
Wisata Malang Taman-Slamet via Instagram @khuntink_eror03

Masih di kawasan Ijen, ada Taman Slamet yang unik. Taman yang terletak di dekat Perpustakaan Pusat Kota Malang ini dilengkapi dengan alat-alat gym. Cocok buat yang ingin jalan-jalan sambil olahraga. Tamannya sendiri ditata indah dengan ornamen yang terlihat apik untuk latar foto.

29. Bersantai Sore Hari di Taman Trunojoyo

Wisata Malang Taman-Trunojoyo
Wisata Malang Taman-Trunojoyo via Instagram @maizardesrinoor

Bagi yang terbiasa bepergian naik kereta api mungkin sudah familiar dengan Stasiun Kota Baru Malang. Di sinilah letak Taman Trunojoyo, tepatnya di depan stasiun. Taman ini hijau asri dilengkapi bangku dan juga playground untuk anak-anak. Ada juga hiasan air mancur yang menarik. Fasilitas pun lengkap mulai dari area WiFi hingga toilet umum.

30. Taman Singha Merjosari untuk Wisata Sambil Jogging

Wisata Malang Taman-Singha-Merjosari
Wisata Malang Taman-Singha-Merjosari via Instagram @mitaperzooan

Kalau rindu suasana pepohonan rindang serta udara bersih dari polusi maka Taman Singha Merjosari tempatnya. Selain memiliki tatanan apik serta suasana segar pepohonan, taman ini juga menyediakan fasilitas jogging track dengan lintasan cukup panjang. Ada juga fitness center buat yang ingin lebih aktif berolahra.

31. Sepi nan Indahnya Pantai Clungup

Wisata Malang Pantai-Clungup
Wisata Malang Pantai-Clungup via Instagram @andreasensioo

Keindahan Pantai Clungup membuatnya sangat layak untuk dijelajahi. Clungup memang belum seterkenal pantai-pantai lainnya yang ada di Malang. Jadi pantainya pun masih bersih serta banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Wisatawan bisa snorkeling, berjemur, atau jalan-jalan di hutan bakaunya.

32. Pantai Nganteb Destinasi Alam untuk Rekreasi

Wisata Malang Pantai-Nganteb
Wisata Malang Pantai-Nganteb via Instagram @rieskarunia

Ada beberapa pantai yang indah dengan memiliki tebing karang. Pantai Nganteb salah satunya. Tebing karangnya di sini indah dan dari atasnya bisa terlihat pemandangan yang memukau. Namun, di sini ombaknya besar sehingga tidak aman untuk berenang. Selain jalan-jalan di pantai, jangan lupa kulineran mencicipi olahan ikan segar di perkampungan nelayan sekitar pantainya.

33. Asyiknya Wisata ke Pantai Wonogoro

Wisata Malang Pantai-Wonogoro
Wisata Malang Pantai-Wonogoro via Instagram @malangchannel

Pantai Wonogoro masih berada dalam satu garis dengan Nganteb. Keunikan pantai ini adalah pasirnya yang berwarna kecokelatan. Suasana pantainya pun masih alami serta sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk bersantai. Kalau ingin menikmati akhir pekan maka pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi.

34. Pesona Tersembunyi Pantai Bantol

Wisata Malang Pantai-Bantol
Wisata Malang Pantai-Bantol via Instagram @wafyuf_

Menjelajah keindahan pantai yang tersembunyi selalu mengasyikkan. Pantai Bantol terletak di pesisir selatan Jawa, tepatnya di Kecamatan Donomulyo, Malang. Untuk ke sini dari kota Malang jaraknya sekitar 60 km. Pantai ini unik karena memiliki Goa Batu Kapur serta hutan bakau yang bisa dijelahahi oleh para wisatawan.

35. Pantai Licin Berpasir Hitam Eksotis

Wisata Malang Pantai-Licin
Wisata Malang Pantai-Licin via Instagram @pantailicin

Biasanya pantai identik dengan pasir putihnya yang berkilauan tertimpa cahaya matahari. Namun, Pantai Licin memiliki pasir berwarna hitam yang menjadi keunikannya. Selain pasir hitam, pantainya juga memiliki banyak batu karang yang terbentuk secara alami. Semua yang terlihat di pantai ini menawan seperti karya seni.

36. Menikmati Kearifan Alam di Pantai Tamban

Wisata Malang Pantai-Tamban
Wisata Malang Pantai-Tamban via Instagram @nrfal112

Di Malang Selatan berderet pantai yang seru banget untuk dikunjungi. Satu lagi adalah Pantai Tamban yang berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan wilayah Kabupaten Malang. Ombak pantai ini memang berubah pasang surut namun biasanya ombaknya terkenal lebih tenang. Jadi, wisatawan bisa melakukan snorkeling, jalan-jalan di tepi pantai, hingga memancing ikan.

37. Cadas Pantai Jonggring Saloka untuk Para Petualang

Wisata Malang Pantai-Jonggring-Saloka
Wisata Malang Pantai-Jonggring-Saloka via Instagram @whiempy

Hal yang membedakan pantai ini adalah rute jalan menuju ke asana terkenal panjang dengan medannya sulit. Jalannya terjal, berbatu, serta licin ketika musim hujan. Pastikan kendaraan dalam keadaan prima saat ke pantai ini. Namun, tenang saja, karena panorama pantainya sangat sepadan dengan usaha menuju ke sana. Suasananya tenang, dengan banyak batu karang serta ombak besar yang eksotis.

38. Wisata Alam dan Sejarah ke Pantai Goa Cina

Wisata Malang Pantai-Goa-Cina
Wisata Malang Pantai-Goa-Cina via Instagram @farr.nies

Pantai ikonik Malang ini berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan wilayah Kabupaten Malang Selatan. Pantai Goa Cina sangat ramai dikunjungi wisatawan. Ombaknya tenang dengan pasir putih lembut dan air laut jernih kebiruan. Di sini ada goa yang konon menjadi tempat semedi pemuda Tionghoa dengan nama Hing Hook sampai akhir hayatnya.

39. Pantai Watu Leter Destinasi untuk Berkemah

Wisata Malang Pantai-Watu-Leter
Wisata Malang Pantai-Watu-Leter via Instagram @ngalamkipa

Watu Leter merupakan pantai dengan pemandangan menawan. Pantainya sangat asri dengan air jernih kehijauan. Ombaknya tenang sehingga wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling dan berenang. Di Pantai Watu Leter juga terdapat konservasi penyu. Selain itu, jika belum puas seharian di pantai wisatawan bisa berkemah di sini.

40. Teluk Bidadari Pantai Keren Anti Mainstream

Wisata Malang Teluk-Bidadari
Wisata Malang Teluk-Bidadari via Instagram @malangchannel

Destinasi pantai ini semakin terkenal di kalangan wisatawan. Teluk Bidadari memiliki dua cekungan karang besar dengan air yang jernih dan tenang. Berendam di sini serasa memiliki sauna pribadi. Karang-karang pantainya pun sangat indah dan alam bawah lautnya memukau untuk dijelajahi.

41. Panorama Tidak Terlupakan di Pantai Tiga Warna

Wisata Malang Pantai-Tiga-Warna
Wisata Malang Pantai-Tiga-Warna via Instagram @olkynpradonnick

Nama pantai ini memang sesuai dengan pantainya yang memiliki tiga warna air berbeda menurut kedalamannya. Ini pula yang membuat pantai ini terkenal unik serta sangat menarik bagi para wisatawan. Di Pantai Tiga Warna kita dapat melakukan aktivitas seperti berenang, berkemah, hingga trekking.

42. Javanine Resto Tempat Nongkrong Seru

Wisata Malang Javanine
Wisata Malang Javanine via Instagram @javanineresto

Malang juga punya spot-spot kuliner seru yang asyik dijadikan tempat bersantap sekaligus nongkrong. Di Javanine Resto nuansanya cozy serta romantis sehingga cocok juga untuk tempat dinner. Beragam menu khas Indonesia hingga Eropa tersaji lengkap di sini. Siapapun pasti betah berlama-lama di resto ini.

43. Kuliner Kekinian Fotogenik di Akalpa Café

Wisata Malang Akalpa-Cafe
Wisata Malang Akalpa-Cafe via Instagram @ellymartyasrini

Tempat yang sangat cocok untuk para muda-mudi. Kafe ini memiliki konsep tempat unik dengan banyak spot foto tematik. Jika dilihat-lihat sepintas tempatnya di dalam mirip dengan Museum Angkut. Selain instagramable, menu yang disajikan juga tidak kalah asyik. Kita bisa menikmati menu Indonesia hingga Barat, mulai dari nasi-nasian sampai pasta.

44. Cafe Bukit Delight Bernuansa Seperti Mimpi

Wisata Malang Bukit-Delight
Wisata Malang Bukit-Delight via Instagram @nbl_fajryn

Penyuka kuliner dengan konsep outdoor pastinya tidak boleh melewatkan tempat ini. Di Bukit Delight kita tidak hanya dimanjakan dengan makanan dan minuman menarik. Namun, tempatnya pun sangat unik. Dikelilingi sawah dan alam pegunungan. Ada juga dekorasi lampu sangat cantik yang terlihat sempurna ketika malam.

45. BataPuti Coffeehouse Tempat Kuliner Romantis

Wisata Malang BataPuti-Coffee-House
Wisata Malang BataPuti-Coffee-House via Instagram @by_faizzahk

BataPuti Coffeehouse menjadi salah satu kafe populer di Kota Malang. Tempatnya yang unik dan menarik membuat kafe ini sama asyiknya dengan spot-spot kuliner di kota metropolitan. Interior serba putih dab bernuansa kayu siap membuat siapapun betah. Menunya mulai dari makanan dan minuman Jawa hingga Barat ada.

46. Malam Indah di Cokelat Klasik Cafe Cafe & Garden

Wisata Malang Cokelat-Klasik-Cafe-Garden
Wisata Malang Cokelat-Klasik-Cafe-Garden via Instagram @masfan__

Surganya pecinta cokelat, Cokelat Klasik Cafe menghadirkan tempat yang indah dengan suasana romantis dan nyaman. Di sini tersaji beragam minuman dengan bahan dasar cokelat. Ada pula pilihan makanan berat dan ringan. Tempatnya cocok untuk sekedar bersantai atau makan malam romantis bersama orang terkasih.

47. Camilo Colours & Garden Spot Nongkrong Bernuansa Alam

Wisata Malang Camilo-Colours-Garden
Wisata Malang Camilo-Colours-Garden via Instagram @prasetyo_aji_chayono

Kafe kekinian dengan nuansa alam ini pas sekali jadi tempat nongkrong siapa saja yang berjiwa muda. Camilo menghadirkan konsep hits garden yang instagramable. Tempat berada di Jalan Raya Joyo Agung, Merjosari, kota Malang. Tatanan tempat duduknya berkonsep kayu outdoor dengan pepohonan di sekelilingnya. Hangat dan bikin betah.

48. Tempat Kuliner Etnik Ala Rumah Makan Inggil

Wisata Malang Rumah-Makan-Inggil
Wisata Malang Rumah-Makan-Inggil via Instagram @chuakotak

Inggil merupakan rumah makan dengan beragam koleksi benda antik. Dekorasinya kental dengan suasana Malang tempo dulu. Menu masakannya pun beragam ala tempo dulu yang Jawa banget. Mulai dari nasi jagung, ayam goreng atau bakar, rawon buntut, dan lainnya. Minumannya pun ada yang tradisional seperti sinom dan wedang ronde.

49. Tempat Ngopi Cozy di Golden Heritage Koffie

Wisata Malang Golden-Heritage-Koffie
Wisata Malang Golden-Heritage-Koffie via Instagram @ghkoffie

Pecinta kopi akan suka berlama-lama di sini. Selain tempatnya yang unik dengan desain menyerupai pabrik kopi, penyajian minumannya pun asyik. Kopinya segar lalu diolah serta melalui proses roasting sendiri. Pengunjung bebas memilih beragam jenis biji kopi Indonesia. Menunya pun unik mlai dari masakan Asia hingga Barat.

50. Rumah Coffee Loe Mien Toe Padukan Budaya China-Jawa

Wisata Malang Loe-Mien-Toe
Wisata Malang Loe-Mien-Toe via Instagram @loemientoe

Unsur etnik kental langsung terasa ketika kita memasuki kafe ini. Perpaduan elemen khas China dan Jawa membuat dekorasi di sini begitu unik. Di dalamnya pun banyak dipajang barang-barang antik. Sensasi ngopi di sini terasa sangat berbeda serta memberikan pengalaman yang pastinya tak terlupakan.

51. Madam Wang Secret Garden Berkonsep Kebun Cantik

Wisata Malang Madam-Wang-Secret-Garden
Wisata Malang Madam-Wang-Secret-Garden via Instagram @uchiemardjono

Pengunjung akan disambut suasana yang sangat homey di sini. Selain nyaman serasa di rumah, konsep kebun yang diusungnya sangat cantik serta instagramable. Menunya mulai dari masakan dan minuman tradisional, Asia, hingga Barat. Masakan seperti gudeg Jogja hingga pizza dan lasagna semua ada. Pastinya jangan lupa foto-foto juga, ya.

52. Kuliner Keluarga di Taman Indie River View Resto

Wisata Malang Taman-Indie
Wisata Malang Taman-Indie via Instagram @tamanindieresto

Resto perumahan ini asyik banget karena merupakan tempat rekreasi sekaligus spot kuliner buat keluarga. Nuansa di dalamnya ala Jawa bahkan termasuk dekorasi hingga kostum stafnya. Tempat makannya juga nyaman dengan pemandangan sawah serta Sungai Araya. Menunya lengkap mulai dari khas Chinese, Italia hingga Western.

53. Nuansa Kolonial di Rumah Opa Kitchen and Lounge

Wisata Malang Rumah-Opa
Wisata Malang Rumah-Opa via Instagram @rumahopa

Kalau ingin mampir ke tongkrongan yang suasananya serasa tempo dulu ala Belanda, Rumah Opa tempatnya. Kafe di Jalan Welirang 41A ini memiliki atmosfer ala Belanda zaman dulu banget. Interior yang nyaman di sini pas untuk bersantai. Menunya juga lengkap mulai dari khas Indonesia hingga Barat.

54. Helena Guest House Penginapan Simpel Elegan

Wisata Helena-Guest-House
Wisata Helena-Guest-House via Instagram @helenaguesthouse

Kalau datang dari luar kota biasanya wisatawan mencari tempat penginapan sesuai bujet. Buat yang wisata ala backpacker ke kota Malang bisa singgah di Helena Guest House. Wisatawan dapat menginap di sini dengan tarif mulai Rp 300.000-an per malam. Meski interiornya simpel namun nuansanya tetap elegan, lho.

55. Menginap Nyaman di MaxOne Hotel Malang

Wisata Malang MaxOne-Hotel
Wisata Malang MaxOne-Hotel via Instagram @rosita.df

Semakin banyak hotel di Malang dengan harga terjangkau namun tidak meninggalkan kualitasnya. MaxOne menjadi salah satu hotel pilihan untuk yang sedang mencari penginapan di pusat kota Malang. Hotel ini dilengkapi dengan segala fasilitas lengkap. Tarifnya mulai dari Rp 495.000 per malam.

56. Hotel Keren Kampung Lumbung Bernuansa Alam

Wisata Malang Kampung-Lumbung
Wisata Malang Kampung-Lumbung via Instagram @ramdan90kw

Kampung Lumbung adalah boutique hotel yang dibangun dan didesain dengan suasana alam. Pemandangan di sini menakjubkan, dengan udara segar ala pegunungan. Hotel yang berada di kawasan Batu ini sangat fantastis dengan panorama kota Malang terlihat dari ketinggian. Fasilitasnya pun lengkap dengan pelayanan berkelas.

57. Manjakan Diri Bermalam di Ibis Style

Wisata Malang ibis-Styles-Malang
Wisata Malang ibis-Styles-Malang via Instagram @yogyboo

Coba nikmati sensasi menginap di hotel bintang tiga Ibis Style. Meskipun tergolong hotel bujet, namun di sini setiap pengunjungnya akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada. Lokasinya pun strategis di Jalan Letjen S. Parman No. 45 yang terletak di pusat kota. Di sekitar hotel juga banyak terdapat tempat kuliner seperti Bakso Kta Cak Man dan atraksi wisata menarik lainnya.

58. Ubud Cottages Serasa di Bali Asli

Wisata Malang Ubud-Cottages-Malang
Wisata Malang Ubud-Cottages-Malang via Instagram @aghniaazzar

Liburan ke Malang tapi tempat menginapnya rasa Bali? Di Ubud Cottages semua itu mungkin terjadi. Ubud Cottages hadirkan nuansa menginap ala Bali yang otentik banget. Setiap sudut hotel hingga kamar-kamarnya bernuansa Bali asli. Siapapun akan lupa kalau ini di Malang. Cocok juga untuk tempat menginap warga Malang yang ingin merasakan liburan ala Bali, tapi tidak perlu jauh-jauh pergi.

59. Penginapan Ala Backpacker di Butik Capsule Malang

Wisata Malang Butik-Capsule-Hostel
Wisata Malang Butik-Capsule-Hostel via Instagram @olyviamonicamd

Di Malang juga ada hotel kapsul yang pas sekali untuk para backpacker. Butik Capsule siap menjadi jujukan wisatawan yang ingin mencari penginapan sesuai bujet, namun tetap nyaman dan modern. Lokasinya juga strategis, mudah diakses dan dekat dengan berbagai tempat menarik di kota. Butik Capsule Hostel terletak di Jalan WR Supratman 2L, Rampal Celaket, Klojen, Malang.

60. Kavie Hostel Malang Penginapan Murah Meriah

Wisata Malang Kavie-Hostel-Malang
Wisata Malang Kavie-Hostel-Malang via Instagram @kaviehostelmalang

Satu lagi tempat menginap murah meriah yang sempurna untuk para backpacker. Kavie Hostel berada di Jalan Raya Sawojajar, Kompleks Ruko WOW. Akomodasinya lengkap, ada kamar untuk sendiri mauun berdua. Fasilitas serta kenyamanan hostel ini membuatnya kerap jadi incaran wisatawan. Untuk bermalam di sini tarifnya mulai dari Rp 75.000.

61. Jatim Park 3 Surganya Spot Foto Kekinian

wisata malang jatim park 3
Wisata Malang – Jatim Park 3 via Instagram @althafunysha

Ada satu lagi destinasi wisata Malang yang tak boleh dilewatkan yaitu Jatim Park 3. Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang surganya spot foto kekinian. Di sini kamu bisa menemukan 4 theme park seperti Dino Park, The Legend Star, Museum Musik Dunia dan Funtech Plaza dengan harga tiket masuk mulai dari Rp.40.000 hingga Rp.100.000.

Beberapa tempat wisata di Malang Kota sudah Travelingyuk sebutkan. Bagi yang masih punya rekomendasi tempat lain silahkan share di kolom komentar.

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang monumen Oleh-oleh Wahana Wisata
Share