Grojogan Sewu Kulon Progo, Surga di Balik Perbukitan Menoreh

Nama Grojogan Sewu memang sudah tidak asing lagi di telinga. Tempat wisata ini berupa air terjun yang berada di kawasan lereng Gunung Lawu. Namun, yang akan dibahas kali ini bukan di Karanganyar, melainkan Grojogan Sewu Kulon Progo. Apa uniknya? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Tak Jauh dari Kedung Pedut

Pintu masuk
Pintu masuk air terjun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Nama Kedung Pedut sudah cukup populer di kalangan traveler, khususnya kawasan Jogja. Di sekitar tempat wisata inilah Grojogan Sewu Kulon Progo berada. Letak tepatnya di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo. Menurut cerita warga sekitar, air terjun ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Saat ini, wajah dari Grojogan Sewu telah tertata. Hal ini karena bantuan dari teman-teman Mahasiswa serta kepala dukuh dan warga yang bergotong-royong menjadikan tempat ini sebagai tempat yang layak untuk dikunjungi.

Dilengkapi Taman Cantik di Sekitar Pintu Masuk

Area Taman
Area Taman (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Sisi atas Grojogan, Teman Traveler akan menemukan taman kecil. Taman ini sengaja dirawat untuk mempercantik kawasan. Jumlah tanaman yang dirawat di sini banyak, termasuk bunga dengan aneka warna. Ada juga sebuah gazebo yang dibangun sebagai tempat istirahat untuk menikmati keindahan alam. Suasana asri terasa ketika Teman Traveler sampai di sini. Makin lengkap pula dengan suara burung dan gemericik air dari jatuhan air. Belum lagi pepohonan hijau yang menyegarkan.

Grojogan Sewu
Grojogan Sewu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Air Jernih yang Menyegarkan

Air yang mengalir
Air yang mengalir (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Air terjun di Kulon Progo ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Debit air yang mengalir juga tak besar. Namun, pesonanya tetap juara, apalagi bagi pecinta wisata air. Di area grojogan, Teman Traveler akan disambut dengan embung dan cekungan kecil yang mengalirkan air.

Nah, Teman Traveler yang hendak liburan ke sini, datanglah saat sore hari. Yap, waktu terbaik ke sini sekitar jam 3 sore. Jika ingin pagi hari ini ke sini, datangnya sebelum jam 10. Selain belum terlalu panas, pemandangan cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah pohon dan ditemukan. Jika beruntung, kabut tipis nan eksotis bakalan manjakan mata.

Akses Menuju Lokasi

Keindahan Air terjun
Keindahan Air terjun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Untuk menikmati keindahan Grojoga Sewu Kulon Progo ini Teman Traveler harus membayar tiket masuk sebesar Rp4.000. Sementara biaya parkirnya hanya Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. Sementara akses menuju tempat wisata ini sangat mudah. Dari pusat kota Jogja, Teman Traveler bisa arahkan kendaraan menuju ke Pasar Godean. Di dekat pasar ini ada lampu merah, ambil jalan lurus ke barat hingga sampai di daerah Kenteng.

Sesampainya di lampu merah Kenteng arahkan kendaraan menuju arah Waduk Sermo. Ambil jalan lurus menuju ke Perbukitan Menoreh. Takut tersesat? Teman Traveler bisa menyalakan aplikasi Google Maps. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga lokal jika memang terlalu susah.

Itulah ulasan tentang Grojogan Sewu Kulon Progo yang bisa dikunjungi usai liburan ke Kedung Pedut. Jadi, sudah siap untuk jelajah wisata di Kulon Progo belum?

Tags
Indonesia Jogja Kulon Progo Travelingyuk wisata kulon progo Yogyakarta
Share