Taklukkan Gunung Lawu, Ini Tiga Jalur yang Bisa Dituju

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung populer di kalangan para pendaki. Letaknya berada di perbatasan antara Jawa Timur dan tengah. Gunung ini juga masuk dalam deretan Seven Summit of Java alias Tujuh Puncak Tertinggi Jawa.

Uniknya, Gunung Lawu memiliki tiga puncak berbeda. Masing-masing diberi nama Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Terakhir disebut merupakan yang tertinggi, 3.625 mdpl. Tak heran jika jalur mendaki Lawu pun ada tiga. Berikut penjelasan lengkapnya oleh kontributor Travelingyuk, Muhamad Jodisenobirowo.

1. Cemoro Sewu

Jalur Cemoro Sewu (c) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk
Jalur Cemoro Sewu (c) Muhamad Jodisenobirowo/Travelingyuk

Pintu masuk jalur Cemoro Sewu hanya terpisah 200 meter dari Cemoro Kandang. Lokasinya masuk wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sementara basecamp Cemoro Kandang tercatat ada di dalam teritorial Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jalur Cemoro Sewu terdiri dari lima pos pendakian dan tersedia dua titik sumber air. Sumber pertama ada di antara basecamp dan Pos 1, sementara sumber air kedua bisa ditemui antara Pos 4 dan 5. Jalur ini juga menyediakan banyak opsi warung-warung makan.

Secara umum jalanan di jalur Cemoro Sewu relatif tertata rapi dan vegetasinya didominasi rimbunan pohon rapat. Akan butuh waktu kurang lebih sekitar 6-8 jam untuk menggapai puncak Lawu jika memilih jalur ini.

2. Cemoro Kandang

Pos Cemoro Kandang
Pos Cemoro Kandang via Instagram andrianekaputra07

Jalur Cemoro Kandang dikenal sebagai jalur dengan jarak tempuh terpanjang. Pendaki akan dihadapkan trek bervariasi; mulai tanjakan, jalan datar, hingga jalan menurun. Namun yang bakal membikin tambah semangat, di sini sobat traveler akan dimanjakan pemandangan alam megah nan mewah.

Papan nama penanda Cemoro Kandang
Papan nama penanda Cemoro Kandang via Instagram ooorudem_

Selain batu alam tersusun rapi, medan di sini didominasi tanah padat. Vegetasi di jalur Cemoro Kandang banyak diwarnai kawasan hutan rimbun. Sepanjang perjalanan, pendaki akan melewati total lima pos pendakian dan satu sumber air di antara Pos 3 dan 4.

Pintu masuk jalur Cemoro Kandang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pendaki akan sangat terbantu dengan beragam prasarana, mulai dari kamar mandi, musholla, tempat menginap, hingga warung-warung yang menjajakan beragam makanan dan minuman.

3. Candi Cetho

Pemandangan di Candi Cetho
Pemandangan di Candi Cetho via Instagram wisatasemarang

Para pendaki Gunung Lawu umumnya lebih suka memilih antara Jalur Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang. Namun belakangan tak sedikit yang mencoba menaklukkan Lawu dengan menelusuri jalur anyar, Candi Cetho. Jalur yang tergolong baru ini menawarkan menawarkan pemandangan asri dan alami sepanjang perjalanan.

Pintu masuk jalur ini ada di Kompleks Candi Cetho di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebelumnya candi tersebut sudah lama dikenal sebagai objek wisata populer. Bisakah sobat traveler bayangkan, seperti apa eloknya kemegahan candi dibalut pesona alami Gunung Lawu?

Pendakian lewat candi
Pendakian lewat candi via Instagram hernanda_reza

Pendakian Lawu via Candi Cetho akan membawa para pendaki melewati lima pos dan satu titik sumber air, bisa ditemui di Pos 3. Perjalanan menuju puncak melalui jalur antimainstream ini akan memakan waktu cukup lama, antara 10-12 jam.

Apapun jalur yang dipilih pendaki, jangan lupa mampir ke Warung Mbok Yem yang legendaris. Letaknya ada di puncak Lawu dan sudah lama menjadi jujukan pendaki.

Itulah tadi sekilas mengenai gambaran tiga jalur pendakian yang bisa dipilih untuk menaklukkan Gunung Lawu. Bagi sobat traveler yang berecana menaklukkan satu dari tujuh Puncak Jawa dalam waktu dekat, semoga tulisan ini bisa menjadi bahan referensi maupun pertimbangan.

Tags
Jawa Tengah Jawa Timur Wisata
Share