Desa Wisata di Kulon Progo, dari Panorama Bukit hingga Waduk

Advertisement

Berada di sebelah barat Jogja, Kulon Progo termasuk salah satu kabupaten yang memiliki cukup banyak destinasi wisata. Mulai dari pantai hingga air terjun, semuanya dapat kamu temukan di sini. Karena potensi alamnya juga, wilayah ini memiliki beberapa desa wisata yang juga menarik untuk dikunjungi.

1. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru [image source]
Beragam fasilitas dapat kamu nikmati pada desa wisata ini. Mulai camping ground, homestay dengan suasana pedesaan, juga gardu pandang yaang menyuguhkan pemandangan Waduk Sermo. Lokasinya yang berada sekitar 450 mdpl dan dikelilingi perbukitan, membuat suasana di sini begitu sejuk. Jaraknya pun juga tak terlalu jauh, hanya memakan waktu 1,5 jam dari Kota Jogja jika menggunakan kendaraan bermotor.

Pemandangan Waduk Sermo dari Gardu Pandang [image source]

2. Desa Wisata Purwosari

Ayunan Langit di Desa Wisata Purwosari [image source]
Di sini kamu dapat merasakan adrenalin yang terpacu saat menikmati salah satu wahananya. Namanya adalah ayunan langit watu jaran, sebuah wahana yang menggantung 800 meter di atas tanah. Latar belakang Perbukitan Manoreh, membuat spot ini juga menjadi tujuan para pengunjung yang ingin berfoto dengan suasana berbeda.

Menawarkan pemandangan Bukit Menoreh [image source]

3. Desa Wisata Nglinggo

Pemandangan dari bukit Desa Wisata Nglinggo [image source]
Desa Wisata Nglinggo memiliki fasilitas yang tak kalah lengkap. Di sini kamu bisa menemukan pepohonan pinus, kebun teh, gardu pandang, bahkan resort berbentuk bungalow dengan harga yang cukup terjangkau. Selain cuaca sejuk, para pecinta adrenalin dapat menikmati keseruan lain. yaitu membelah Perbukitan Menoreh dengan menggunakan jeep off-road.

Masih berada dalam kawasan Bukit Menoreh [image source]

4. Desa Wisata Sermo

Lansekap Waduk Sermo [image source]
Tempat ini berada tak jauh dari Waduk Sermo, sebuah bendungan irigasi yang menampung Sungai Ngrancah. Daya tarik utama yang ditawarkan adalah panorama Waduk Sermo yang semakin memukau ketika senja datang. Selain itu kamu dapat berfoto di Gardu Pandang Taman Munggur yang berdekatan dengan Waduk Sermo.

Pengunjung berfoto dengan latar belakang Bukit Menoreh [image source]

Menyandang predikat sebagai desa wisata, tempat ini tak akan mengecewakanmu saat datang kemari. Beragam destinasi wisata dapat ditemukan di sini. Dari empat destinasi di atas, mana yang paling menarik menurutmu?

Advertisement
Tags
Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia Kulon Progo Wisata
Share