Festival Sriwijaya 2019, Palembang Bukti Kejayaan Maritim Indonesia

Devi Ayu

Devi Ayu

On Indonesia

Festival Sriwijaya 2019 rencananya akan dihelat pada tanggal 16 – 22 Juni 2019 di Benteng Kuto Besak, Palembang. Festival ini merupakan salah satu festival budaya terbesar di Indonesia yang akan digelar untuk ke 28 kali. Acara ini didukung oleh 17 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan.

Beberapa negara undangan dan provinsi lain di Indonesia juga turut menampilkan tarian, drama musikal, dan lagu daerah masing-masing. Sebelum Teman Traveler mengunjungi Festival Sriwijaya 2019, ada baiknya kalian mengetahui beberapa hal berikut tentang Palembang dan festival yang akan berlangsung.

1. Tema Festival Sriwijaya

Bersatu dalam Keragaman Budaya via Instagram/ pesonasriwijaya

Festival ini bertujuan untuk napak tilas kebesaran Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya sendiri terkenal dengan kekuatan maritimnya, oleh karena itu kerajaan ini dapat mempersatukan beberapa daerah di Nusantara. Tema festival Sriwijaya tahun ini adalah “Sriwijaya Bangkit Maju Bersama, Bersatu Dalam Keragaman Budaya”.

2. Kuliner Khas Palembang

Pempek Palembang via Instagram/pesonasriwijaya

Jangan khawatir kelaparan selama festival Sriwijaya berlangsung. Festival ini juga bakal menampilkan berbagai makanan khas Sumatera Selatan. Siapa sih yang tidak kenal dengan Pempek Palembang, Tekwan, dan Laksan? Semuanya akan menjadi sajian kuliner yang tak terlupakan selama festival.

Pempek Palembang nantinya akan disajikan dengan tahu, udang, telur serta kuah gula merah yang sudah dibumbui dengan spesial. Tekwan Palembang pun tidak kalah menggoda, kuah beningnya yang merupakan perpaduan dari sari kelapa, udang, dan daun bawang akan menggoyang lidah para pengunjung.

Teman traveler juga harus mencoba Laksan dengan kuah bersantan. Bisa dibilang mirip dengan lontong sayur di Jawa. Bosan dengan makanan berkuah? Teman traveler bisa mencoba es kacang merah yang segar. Kacang merah yang lembut dicampur dengan santan yang gurih dan gula merah, pastinya bikin ketagihan.

3. Destinasi Wisata Palembang

Jembatan Merah Ampera via Instagram/pesonasriwijaya

Banyak destinasi wisata yang berlokasi tak jauh dari Benteng kuto Besak. Teman traveler bisa mengunjungi Museum Al Quran Al Akbar saat berada di kota ini. Tak lupa kunjungi pula Jembatan Merah Ampera, dan bekas pelaksanaan Asian Games 2018 lalu, yaitu Jakabaring Sport City.

4. Akses Transportasi

Bandara Sultan Mahmud Badarudin II via Instagram/parameswara_skyscrapercity

Akses transportasi di Palembang tentunya sangat memadai, terlebih Palembang adalah ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Palembang sudah dilengkapi dengan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II untuk memudahkan kedatangan wisatawan dari luar kota. Benteng Kuto Besak sendiri hanya berjarak 30 menit dari bandara dengan menggunakan taksi.

Itu dia beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum berkunjung ke festival Sriwijaya 2019. Jangan lupa bagikan pengalaman kalian selama festival dengan travelingyuk.com.