Pesona Wisata Air di Sumatera Selatan dengan Keindahan Tiada Tara

Sumatera Selatan adalah provinsi yang memiliki banyak destinasi wisata. Dari danau hingga gunung, semua dapat ditemukan di Bumi Sriwijaya. Bahkan di ibu kotanya, Palembang, terdapat Jembatan Ampera yang juga menjadi ikon Provinsi Sumatera Selatan. Walaupun wilayah daratnya lebih banyak dibanding pesisir, wisata air juga tetap dapat ditemukan di provinsi ini.

1. Green Paradise, Pagaralam

Kolam alami yang indah [image source]
Green Paradise memberikan pemandangan hijaunya perkebunan dan kolam-kolam ikan. Keindahan juga muncul dari air terjun mini yang melebar menyerupai Niagara dalam bentuk sangat kecil. Konturnya menyerupai air terjun hiasan yang biasa kamu temukan di kolam rumah. Namun yang kamu lihat di tempat ini benar-benar natural tanpa campur tangan manusia.

Terdapat air terjun mini [image source]

2. Cughup Embun, Pagaralam

Tiga jatuhan air terjun yang deras [image source]
Dalam bahasa lokal cughup adalah air terjun, hampir serupa dengan istilah curug yang digunakan di Jawa Barat. Cughup Embun terletak di kaki Gunung Dempo, jangan heran jika udara yang ada di sini begitu sejuk. Terdapat aliran air terjun yang berdekatan dan jatuh dengan debit air yang begitu deras. Namun kombinasi tebing dan tanaman hijau di sekitarnya membuat tempat ini masih begitu asri.

Panorama air terjun dari dekat [image source]

3. Cughup Temam, Lubuklinggau

Bentuk air terjun yang menyerupai tirai [image source]
Bentuk air terjun ini menyerupai tirai raksasa seperti Niagara. Bedanya hanya terletak pada ukurannya yang lebih kecil. Tidak seperti air terjun lain, Cughup Temam memang bukan dikenal karena ketinggiannya. Lebar yang mencapai 35 meter dan berbentuk seperti tirai inilah yang menjadi pemikat bagi wisatawan.

Pemandangan aerial [image source]

4. Green Canyon, Lahat

Aliran green canyon [image source]
Green Canyon Lahat merupakan objek wisata berupa sungai yang ‘dijaga’ bebatuan di sepanjang tepinya. Penggunaan nama ini diambil karena lokasinya yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Tempat ini memiliki air berwarna hijau kebiruan dan tenang yang berasal dari Sungai Ayek Lim.

Batuan padas di sisinya [image source]
Walaupun memiliki wilayah darat yang lebih besar, tak berarti wisata air susah ditemukan. Keempat destinasi di atas adalah sebagian contohnya. Mana tempat yang paling ingin kamu kunjungi?

Tags
Indonesia lahat Lubuklinggau Pagaralam Sumatera Selatan Wisata
Share