Festival Batik Banyuwangi, Acara Tahunan yang Dinanti-nanti

Batik sudah menjadi salah satu identitas kebanggaan Indonesia. Hampir semua kota di tanah air memiliki batik dengan temanya yang khas. Masing-masing daerah berusaha menunjukkan keunggulan dari produknya. Termasuk Banyuwangi yang ternyata juga memiliki batik sebagai salah satu kerajinan yang sudah cukup dikenal di tingkat nasional, bahkan internasional. Meski begitu pemerintah kota terus mempromosikan kekayaannya yang satu ini. Ini dia salah satu caranya.

Tema Kopi Pecah

Acara tahunan Banyuwangi, Festival Batik
Acara tahunan Banyuwangi, Festival Batik [image Travelingyuk]
Sudah 5 tahun terakhir ini Pemerintah Banyuwangi menggelar Festival Batik yang bertujuan untuk mengenalkan salah satu kerajinan membanggakan ini lebih luas lagi. Setiap tahunnya pun tema yang diangkat berbeda. Banyuwangi Batik Festival 2017 ini bertema Kopi Pecah yang digelar di Taman Blambangan, Sabtu 29 Juli 2017. Ternyata ada filosofi tersendiri dari tema ini. Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, menjelaskan bahwa harus ada pengorbanan untuk menjadi sukses, seperti biji kopi yang harus dipecah, dihancurkan sebelum dapat dinikmati.

Acara Banyuwangi Batik Festival 2017
Acara Banyuwangi Batik Festival 2017 [image source]

Harapan yang Dijunjung

Fashion Show Banyuwangi Batik Festival
Fashion Show Banyuwangi Batik Festival [image source]
Ada harapan tinggi yang dijunjung dalam Banyuwangi Batik Festival 2017 ini. Acara ini dibuat agar pegiat batik di Banyuwangi terus terdorong untuk menciptakan karya yang indah. Selama 5 tahun terakhir, industri batik di kota ini terus meningkat, seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang. Banyak dari mereka yang sengaja mencari batik untuk oleh-oleh atau kenang-kenangan. Di sisi lain, pariwisata dan akomodasi di Banyuwangi juga terus mengalami perkembangan yang semakin baik.

Fashion Show Puteri Indonesia di BBF 2017
Fashion Show Puteri Indonesia di BBF 2017 [image source]

Diikuti oleh 10 Perancang Busana

Banyuwangi Batik Festival diikuti oleh banyak designer
Banyuwangi Batik Festival diikuti oleh banyak designer [image source]
Rupanya Banyuwangi Batik Festival termasuk acara tahunan yang ditunggu-tunggu oleh insan fashion. Tak tanggung-tanggung ada 10 designer yang bergabung dan ingin berkarya dengan menggunakan batik Banyuwangi yang bertema kopi pecah. Bahkan ada perancang dari luar negeri, yaitu Emilio Migliavacca yang selama ini tinggal di Bali. Event besar ini juga menjadi ajang unjuk kreatifitas bagi mahasiswa yang bergerak di bidang busana.

Banyuwangi Batik Festival
Banyuwangi Batik Festival [image source]

Diramaikan Artis hingga Puteri Indonesia

Penampilan Isyana pada BBF 2017
Penampilan Isyana pada BBF 2017 [image source]
Selain designer dari berbagai daerah di Indonesia, acara tahunan Banyuwangi Batik Festival 2017 ini juga dihadiri oleh banyak orang penting. Di antaranya adalah Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita yang sempat menyampaikan bahwa kini batik dari kota ini sudah mulai dikenal. Hanya dengan melihat motifnya, orang sudah tahu bahwa kain indah tersebut berasal dari Banyuwangi. Tak hanya itu, BBF 2017 juga dihadiri oleh Puteri Indonesia, Bunga Jelita Ibrani. Acara ini pun semakin meriah dengan penampilan artis-artis ibukota, seperti Isyana Sarasvati.

Puteri Indonesia dan Puteri Pariwisata Indonesia 2017
Puteri Indonesia dan Puteri Pariwisata Indonesia 2017 [image source]

Kerajinan Banyuwangi Selain Batik

Kerajinan Osing Banyuwangi
Kerajinan Osing Banyuwangi [image source]
Selain batik, Banyuwangi juga memiliki banyak kerajinan lainnya yang juga apik. Di antaranya adalah kerajinan kerang yang belakangan sudah menembus pasar mancanegara. Selain itu ada juga kerajinan kayu, seperti perabot ukiran dan juga patung-patung hias yang cantik. Saat traveling ke Banyuwangi, kamu juga bisa memborong barang-barang khas ini sebagai kenang-kenangan bahwa kamu sudah pernah berkunjung. Jangan lupa untuk menjelajah wisata Banyuwangi yang keindahannya tak kalah dengan Bali, tetangganya.

Oesing Craft
Oesing Craft [image source]
Nah, semoga acara berkualitas seperti Banyuwangi Batik Festival ini terus berlanjut dan memberikan banyak efek positif bagi kota dan juga tanah air. Bagaimana, setuju kan?

Tags
Banyuwangi Banyuwangi Batik Festival 2017 Indonesia Jawa Timur
Share