Tantang Diri, Taklukkan 4 Air Terjun Ganas di Banyuwangi

Banyak kegiatan alam yang menarik dilakukan untuk mengisi hari libur. Jika tak punya waktu untuk mendaki dan berkemah, mending trekking ke lokasi-lokasi menantang. Contohnya saja di Banyuwangi, yang terkenal dengan wisata alamnya yang memesona dan masih alami. Tantang diri kamu untuk taklukkan 4 air terjun ganas ini. Sudah siap?

Air Terjun Lider

Air Terjun Lider
Air Terjun Lider [image source]
Di antara yang lain, Lider merupakan air terjun tertinggi di Banyuwangi. Air terjun ini setinggi 60 meter dengan dua air terjun mini yang terlihat seperti pengawalnya. Akses menuju jalan ini masih berbatu, pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang bagus. Di sini petualanganmu baru akan dimulai. Saat sampai di tempat parkir, kamu masih harus berjalan sejauh 1 km sebelum sampai di ‘surga’ yang dimaksud. Jalanannya cukup licin, kamu juga akan melewati 6 sungai yang ada di tengah hutan. Seru banget, kan?

Menyeberangi sungai menuju Air Terjun Lider
Menyeberangi sungai menuju Air Terjun Lider [image Travelingyuk]
Air Terjun Lider

Lokasi: Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463 (bisa melalui Desa Jambewangi lalu Kecamatan Sempu sepanjang 15 km sebelum tiba di Songgon)

Air Terjun Selendang Arum

Air Terjun Selendang Arum
Air Terjun Selendang Arum [image source]
Yang kedua adalah Air Terjun Selendang Arum. Wisata alam yang satu ini masih berada di satu desa dengan Air Terjun Lider. Tingginya hanya 20 meter, namun tetap tak mengurangi keindahan dari air terjun yang memang terlihat seperti selendang, sesuai dengan namanya. Siapkan energi ekstra untuk memanjat perbukitan, melewati persawahan dengan tebing-tebing curam di kanan kirinya. Namun, kamu akan dibuat lupa dengan semua lelah saat sudah berhadapan dengan Air Terjun Selendang Arum. Bawa perbekalanmu sendiri ya karena belum ada fasilitas apapun di sini. Alami banget!

Air Terjun Selendang Arum
Air Terjun Selendang Arum

Air Terjun Selendang Arum

Lokasi:  Dusun Sumberasi, Desa Sumberarum,  Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463 (Dari arah Genteng menuju pertigaan Gendoh dan memilih arah perkebunan cengkeh. Setelah pertigaan, belok kanan menuju Dusun Sumberasi)

Air Terjun Temcor

Air Terjun Temcor
Air Terjun Temcor [image source]
Yap, kecantikan luar biasa seperti ini bisa kamu dapatkan secara nyata, bukan hanya dalam gambar. Air Terjun Temcor memiliki pesona sendiri yang mustahil untuk dielakkan. Ada dua air terjun yang besar dan beberapa aliran kecil yang seperti tak ingin ketinggalan. Air ini seperti jatuh dari persawahan di atasnya. Terlihat seperti lukisan, ya. Namun, kamu harus lebih dulu melewati sawah-sawah, juga menuruni tebing-tebing licin dengan jurang yang berada di sekelilingnya. Berpetualang di sini, kamu tak boleh takut kotor, serta jangan lupa untuk membawa pulang sampahmu, ya.

Air Terjun Temcor
Air Terjun Temcor [image Travelingyuk]
Air Terjun Temcor

Lokasi: Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463 (Dari kota Banyuwangi ke arah Rogojampi, lalu Songgon. Setelahnya menuju Sragi)

Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjung Raung
Air Terjun Telunjung Raung [image source]
Yang tak kalah menantang adalah Air Terjun Telunjuk Raung. Wisata alam ini berada di kaki Gunung Raung yang terkenal mistis. Akses menuju air terjun ini masih berbatu, terjal dan naik turun. Namun masih bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, kok. Akan ada perkebunan tebu di sepanjang jalan yang akan membuatmu lupa akan lelah. Untuk sampai di air terjunnya, kamu harus lebih dulu melewati tengah hutan di mana ada beringin raksasa yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Berani?

Air Terjun Telunjuk Raung
Air Terjun Telunjuk Raung [image Travelingyuk]
Air Terjun Telunjuk Raung

Lokasi: Dusung Mangaran, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463

Nah, butuh persiapan waktu dan fisik nih sebelum memutuskan untuk memulai petualangan menuju air terjun – air terjun di atas. Bagaimana, berani?

Tags
Air Terjun Banyuwangi Indonesia Jawa Timur
Share