Rasakan Sensasi ‘Magis’ di Hutan Fantasi Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Pernah mononton film berjudul Maleficent yang dibintangi oleh Angelina Jolie? Film ini mengisahkan tentang seorang penyihir jahat yang hidup dalam pelukan dendam. Setting tempat film keluaran tahun 2014 tersebut mengambil tempat di dalam hutan yang terlihat seperti dimensi fantasi. Dalam kehidupan nyata, beberapa hutan dengan pemandangan menakjubkan memang bisa kita temui. Seperti hutan Hallerbos di Belgia, hutan Sagano di Jepang, atau Monumen Nasional Giant Sequioa di Amerika Serikat. Tapi perlu ke luar negeri karena di Banyuwangi kamu juga bisa menemukan keindahan tersebut. Sebuah tempat bernama Jawatan Benculuk, keindahan dan kemegahan pohon-pohon raksasa sangat mungkin untuk dinikmati sembari bersantai.

Tempat Penimbunan Kayu Jati Hingga Bengkel Kereta Api

Beberapa kayu-kayu yang ditimbun di Jawatan Benculuk
Beberapa kayu-kayu yang ditimbun di Jawatan Benculuk [image source]
Pada tahun 1951, Jawatan Benculuk menjadi tempat penimbunan kayu jati dengan kualitas luar biasa yang berasal dari berbagai titik Banyuwangi. Tidak hanya berfungsi untuk penyimpanan kayu jati, bendungan yang ada di sekitar Jawatan Benculuk dulunya juga digunakan sebagai area pembangkit listrik. Sayangnya, pada sekitar tahun 1970 terjadi penjarahan masif yang membuat tempat ini tidak difungsikan lagi. Sisa-sisa rel kereta api pada kawasan Srono, Sraten, dan Rojojampi cukup kuat menceritakan kisah Jawatan Benculuk yang dulu juga sempat menjadi bengkel kereta api.

Kayu-kayu yang ditumpuk juga bisa menjadi properti foto
Kayu-kayu yang ditumpuk juga bisa menjadi properti foto [image source]

Pohon Trembesi Raksasa

Pohon trembesi raksasa yang membawa atmosfer surreal
Pohon trembesi raksasa yang membawa atmosfer surreal [image source]
Pohon-pohon trembesi raksasa adalah keindahan Jawatan Benculuk yang paling menjual, walaupun untuk datang kesini kamu tidak perlu mengeluarkan rupiah selain untuk membeli bahan bakar. Tempat yang memiliki luas sebesar 3,8 hektar ini dipenuhi oleh pohon trembesi yang ditanam dengan cukup rapi dan tertata. Selain indah, ternyata pohon trembesi juga termasuk salah satu tumbuhan yang menghasilkan oksigen dengan kuantitas di atas rata-rata. Selain isi kembali kembali segar, selagi jauh dari polusi yang ada di kota kamu bisa puas-puasin ambil nafas panjang-panjang di sini.

Tempat yang menyenangkan untuk berfoto
Tempat yang menyenangkan untuk berfoto [image source]

Eksplorasi Setiap Sudutnya dan Buat Foto Instagram Terbaikmu

Salah satu foto bertema di Jawatan Benculuk
Salah satu foto bertema di Jawatan Benculuk [image source]
Seperti yang telah dituliskan di awal artikel, bahwa tempat ini serupa dengan setting film film bertema fantasi seperti Maleficent atau bahkan Lord of The Ring. Rasanya kurang lengkap jika kalian pulang tanpa membawa satu foto yang membuat dirimu seperti tidak berada di Indonesia. Kemegahan lansekapnya memang layak untuk diabadikan. Entah hanya sekedar selfie, foto seru bareng keluarga, atau foto hunt bareng temen-temenmu. Jawatan Benculuk selalu menyuguhkan pemandangan yang membuat pengunjungnya terperangah.

Kesini yuk, bikin foto keren biar nggak ketinggalan
Kesini yuk, bikin foto keren biar nggak ketinggalan [image source]

Sunset Yang Dramatis, Sajian Sore Hari Jawatan Benculuk

Sunset di Jawatan Benculuk yang cakep maksimal
Sunset di Jawatan Benculuk yang cakep maksimal [image source]
Sunset memang bisa dinikmati dimana saja oleh siapa saja, termasuk di Jawatan Benculuk. Jika di pesisir pantai menyuguhkan sunset dengan warna-warna menyenangkan, pemandangan berbeda akan kamu temukan di Jawatan Benculuk. Karena di tempat ini kamu dipayungi dengan dahan-dahan pohon trembesi raksasa, sunset di tempat ini memberikan kesan magis dan menakjubkan. Sebelum matahari tenggelam, sinar matahari akan menerobos celah-celah dahan dan menghasilkan ray of light yang cukup dramatis.

Ray of light di Jawatan Benculuk
Ray of light di Jawatan Benculuk [image source]

Kulineran di Banyuwangi, Dua Menu yang Dicampur Jadi Satu

Rujak Soto Banyuwangi menu unik dari Banyuwangi
Rujak Soto Banyuwangi menu unik dari Banyuwangi [image source]
Datang ke Banyuwangi jangan sampai melewatkan sebuah makanan yang unik dan tidak terduga. Pernah kebayang gimana rujak ketemu dengan soto? Di Banyuwangi, Rujak Soto adalah salah satu makanan yang cukup terkenal. Isinya adalah rujak seperti pada umumnya, dan setelah macam-macam isinya telah tercampur baru kemudian disiram dengan kuah soto lengkap dengan isinya. Isinya juga nggak cuma daging, tapi juga termasuk babat dan telor puyuh. Beberapa warung Rujak Soto dapat banyak kamu temukan di Banyuwangi. Beberapa yang cukup terkenal terdapat di jalan Ikan Sepat, Jalan Basuki Rahmat, dan Jalan Kepiting.

Dua menu yang dijadikan satu jadi penasaran rasanya gimana.
Dua menu yang dijadikan satu jadi penasaran rasanya gimana [image source]
Ada agenda traveling ke Banyuwangi dalam waktu dekat? Beberapa tempat di atas bisa menjadi destinasimu ketika datang ke Banyuwangi.

Advertisement
Tags
Banyuwangi Indonesia Jawa Timur
Share