Dorayaki Kue Khas Jepang yang Sejarahnya Ternyata Mengharukan, Penasaran?

Ketika mendengar nama “Dorayaki” yang terlintas pertama kali pasti Doraemon. Tokoh kucing yang datang dari masa depan Nobita ini memang diceritakan gemar sekali menyantap Dorayaki. Tapi, Teman Traveler pernah penasaran tidak dengan sejarah kue yang satu ini? Dorayaki kue khas Jepang ternyata memiliki sejarah yang mengharukan. Simak yuk!

1. Asal-usul Dorayaki yang Mengharukan

Dorayaki Kue Khas Jepang
Dorayaki Kue Khas Jepang via Instagram/tintinrayner

Dorayaki merupakan kue khas Jepang yang sudah ada sejak Zaman Edo. Nama Dorayaki berasal dari bahasa Jepang, ‘dora’ artinya gong dan ‘yaki’ artinya dimasak dengan panas dan kering. Namun, beredar cerita lain yang mengharukan mengenai asal-mula Dorayaki bisa tercipta.

Diceritakan bahwa pada zaman dahulu, ada seorang samurai bernama Saito no Musashibo Benkei yang terluka parah. Luka-luka pada tubuh Benkei dirawat oleh sepasang kakek dan nenek sampai sembuh. Untuk membalas budi dari dua orangtua baik hati tersebut sekaligus sebagai ucapan terima kasih, Benkei membuat kue yang terbuat dari adonan tepung terigu dan air menggunakan gong. Semenjak itu, kue Dorayaki dikenali.

2. Varian Isi Dorayaki yang Asli

Dorayaki Isi Kacang Merah
Dorayaki Isi Kacang Merah via Instagram/aniktriwina

Coba tebak, apa varian dari isi kue Dorayaki yang asli? Coklat? Selai strawberry? Jawabannya adalah pasta kacang merah (ogura) dan teh hijau. Pasta kacang merah yang digunakan sebagai isian dari Dorayaki memiliki rasa manis. Berpadu dengan tekstur yang empuk, Dorayaki kue khas Jepang ini bikin ketagihan.

3. Kue Khas Jepang Sejenis Dorayaki

Taiyaki Kue Khas Sejenis Dorayaki
Taiyaki Kue Khas Sejenis Dorayaki via Instagram/foodnette

Tekstur Dorayaki yang empuk dan lembut, serta isian yang manis, bukan satu-satunya kenikmatan kue khas Jepang yang bisa Teman Traveler rasakan. Ada kue lain yang sama-sama khas Jepang, yang secara tekstur dan rasa, mirip atau sejenis dengan Dorayaki. Yaitu Taiyaki, kue lembut berbentuk ikan dan Imagawayaki yang semuanya sama-sama berisi pasta kacang merah.

4. Varian Isi Dorayaki yang Semakin Banyak

Varian Dorayaki Masa Kini
Varian Dorayaki Masa Kini via Instagram/guide_resto_fred

Dorayaki yang semakin terkenal, diikuti dengan semakin banyaknya varian isi. Teman Traveler bisa menemukan Dorayaki dengan isian selai coklat, kacang ijo, keju, strawberry dan beberapa varian lain. Di Jepangnya sendiri, Dorayaki bahkan tersedia dalam beberapa bentuk, seperti lonjong atau kotak dengan isian yang disesuaikan dengan selera zaman.

Dorayaki kue khas Jepang yang legendaris ini, tetap eksis di tengah banyaknya kue Jepang lain yang lebih masa kini. Pantas Doraemon yang datang dari masa depan sangat menyukainya. Bagaimana dengan Teman Traveler? Liburan ke Jepang nanti, jangan lupa untuk icip rasa Dorayaki dari negeri aslinya ya. Pasti sensasinya berbeda.

Tags
dorayaki kue jepang kue khas jepang kuliner Jepang Luar negeri
Share