5 Tempat di Jepang dalam Film Buatan Studio Ghibli

Advertisement

Studio Ghibli telah memproduksi film animasi (manga) sejak tahun 1985. Tak heran jika beberapa karya studio asuhan Hayao Mizaki tersebut menjadi bagian dari generasi 80an dan 90an. Film kartun besutan Studio Ghibli selalu memiliki keunikan yang membuatnya tidak membosankan untuk ditonton. Salah satunya adalah lokasi di dunia nyata yang dapat kamu temukan dalam film-film yang diproduksi Studio Ghibli.

Dogo Onsen dalam Spirited Away

Dogo Onsen, sumber air panas tertua di Jepang via instagram
Dogo Onsen, sumber air panas tertua di Jepang via instagram/@jpninfo_thai

Dogo Onsen adalah pemandian air panas yang ada di Matsuyama, Prefektur Ehime. Tempat ini juga digagaskan sebagai sumber mata air panas tertua di Jepang yang telah berumur 3000 tahun. Uniknya lagi, tempat ini juga muncul dalam film terlaris Studio Ghibli yang berjudul Spirited Away.

Hutan Lumut Yakushima dalam Princess Monoke

Lansekap Hutan Lumut Yakushima via instagram
Lansekap Hutan Lumut Yakushima via instagram/@amazing_point_of_view

Di Yakushima, Prefektur Kagoshima, terdapat sebuah hutan lumut yang sangat luas. Di dalamnya berisi pohon-pohon tertua di Jepang yang telah tumbuh mulai berabad-abad lalu. Tempat ini muncul dalam film Princess Monoke dan membuat banyak penggemar datang ke sini untuk sekedar berfoto.

Tomonoura dalam Ponyo

Kota Pelabuhan Tomonoura via instagram
Kota Pelabuhan Tomonoura via instagram/@yeahts

Tomonoura adalah sebuah pelabuhan yang berada di Prefektur Hiroshima. Lokasinya tepat berada di ujung selatan Semenanjung Numakima. Tempat ini juga termasuk dalam Taman Nasional Setonaikai. Wilayah pelabuhan yang juga pernah menjadi tempat tinggal Hayao Miyazaki selama dua bulan ini muncul dalam filmnya yang berjudul Ponyo.

Seiseki-Sakuragaoka dalam Whisper of the Heart

Seiseki-Sakuragaoka dalam Whisper of the Heart via instagram
Seiseki-Sakuragaoka dalam Whisper of the Heart via instagram/@travelaholic_me

Stasiun yang berada di Kota Tama ini terlihat biasa saja sebelum Studio Ghibli merilis Whisper of the Heart pada tahun 1995. Sepuluh tahun kemudian, tempat ini dikembangkan menjadi destinasi wisata bagi film tersebut. Hingga penggunaan nama Seiseki-Sakuragaoka.

Kamikochi Imperial Hotel dalam The Wind Rises

Kamikochi Imperial Hotel yang berdiri sejak tahun 1933 via instagram
Kamikochi Imperial Hotel yang berdiri sejak tahun 1933 via instagram/@kiv.f

Dalam film berjudul The WInd Rises, tempat ini bernama Hotel Kusakaru. Tempat yang memiliki nama asli Kamikochi Imperial Hotel tersebut merupakan hotel bergengsi yang dibangun pada tahun 1933. Tempat ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan Hotel Kusakaru yang ditampilkan dalam film The Wind Rises.

Meskipun film-film Studio Ghibli menggunakan animasi yang tak terlalu megah, ceritanya selalu saja menarik untuk disimak. Seperti film Spirited Away. Menurutmu karya Studio Ghibli apa yang harus ditonton?

Advertisement
Tags
jepang mancanegara Studio Ghibli Wisata
Share