Serunya Kulineran Cumi di Jogja, 4 Tempat Ini Wajib Masuk List

Makanan laut biasanya mudah ditemukan di daerah pesisir pantai. Namun, tidak semua tempat yang jauh dari laut, susah menemukan seafood. Buktinya, Jogja memiliki banyak kedai makanan yang menjual aneka hidangan dari laut, termasuk cumi. Nah, Teman Traveler yang doyan dengan menu satu ini, berikut rekomendasi tempat makan cumi di Jogja yang rasanya nendang di lidah. Catat ya!

1. Pawon Sulung Resto

Pawon Sulung Resto
Pawon Sulung Resto via instagram/@wonderfoodyogya

Di daerah Sleman, ada satu tempat yang wajib dijadikan jujukan untuk Teman Traveler yang suka dengan cumi. Namanya Pawong Sulung Resto yang letak tepatnya berada di Jalan Selokan Mataram No 8, Seturan, Caturtunggal, Depok. Tempat makan ini buka dari jam 9 pagi hingga pukul 10 malam dengan aneka menu enak dan menggugah selera. Terutama cumi lezatnya yang dipadukan dengan sambal tapuk istimewa. Menu lain juga banyak, seperti sego jangan, bakwan, hingga iwak asin.

2. Cumi Item Cak Jede

Cumi Item Cak Jede
Cumi Item Cak Jede via instagram/@jogjabikinlaper

Hobi Jelajah kuliner di malam hari? Cobalah mampir ke Cumi Item Cak Jede. Letak tempat makan ini berlokasi di Jalan Gejayan CT IX No 18, Sleman yang buka dari jam 9 malam hingga pukul 1 dini hari. Setiap harinya, tempat makan ini memasok 5 sampai 10 kg cumi. Bahan ini pula yang dijadikan sebagai menu nasi cumi. Rasanya nendang dengan pedas yang menggugah selera. Selain cumi, menu lain seperti jeroan, udang, tuna pedas, dan serundeng juga disediakan di sini.

3. Cuma Cumi

Cuma Cumi
Cuma Cumi via instagram/@cumacumiyk

Berikutnya adalah Cuma Cumi yang berada di Jalan Kaliurang KM 5, Jogja. Tempat makan ini buka dari jam 6 sore hingga tengah malam. Menu utamanya berupa nasi goreng yang dikombinasikan dengan cumi hitam. Hasilnya, warna makanan ini berwarna legam.

Kulineran cumi di Jogja
Kulineran cumi di Jogja (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Soal rasanya, jangan ditanya lagi. Gurih manis bercampur menjadi satu. Jika ingin pedas, tinggal pesan dengan tambahan sambal. Isian lauknya juga banyak, berupa telur, cumi, dan suwiran ayam. Mengggiurkan bukan?

4. Sego Bagong

Sego Bagong
Sego Bagong via instagram/@eatventure.inc

Selain membuka gerai, ada juga menu cumi yang dijual secara online. Salah satunya Sego Bagong yang biasa hadir di bazaar-bazar makanan di Jogja. Buka dari jam 2 siang hingga pukul 12 malam, Teman Traveler bisa memesan lewat SMS atau WA di nomor 081326985135. Seperti makanan kekinian lainnya, hidangan istimewa dengan cumi ini menggunakan mangkuk sebagai alat makan. Isinya lengkap mulai dari potongan babat hingga lalapan. Tentunya ada tambahan cumi hitam yang rasanya gurih dan bikin nagih. Selain memesan nasi cumi, coba juga es alpukat kocok yang jadi menu andalannya.

Itulah empat tempat makan cumi di Jogja yang rasanya tak perlu diragukan lagi. Ditambah lagi, harganya juga terjangkau. Bagaimana, sudah ngiler kan lihat daftarnya di atas?

Tags
cumi Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share