Ini Pilihan Cara Nikmati Kuliner Bakso, Nggak Harus dengan Kuah

Bakso merupakan salah satu kuliner tanah air yang memiliki banyak peminat. Bahkan kini sudah banyak variasinya seperti Bakso Kuburan Mantan dan Bakso Bambu Runcing. Makanan yang berupa bola-bola daging ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Indonesia. Jika biasanya bola-bola daging ini dinikmati dengan kuah sedap, ternyata ada banyak pilihan cara nikmati kuliner bakso. Dengan cara apa saja, ya?

1. Bakso Bakar

Bakso Bakar Malang
Bakso Bakar Malang via Instagram/@m98artini

Bakso bakar dikenal sebagai salah satu kuliner Malang yang hits. Belum sempurna liburanmu ke Kota Apel kalau tak mencicipi kuliner yang satu ini. Bakso dilumuri bumbu khusus lalu dibakar. Kamu bisa menikmatinya dengan mencocolnya langsung ke sambal atau saus. Bisa juga memasukkannya dalam kuah dengan tahu dan gorengan lainnya. Kamu bisa mencicipi makanan nikmati ini di Bakso Bakar Cak Man Malang.

Bakso Bakar
Bakso Bakar via Instagram/@will__lliw

2. Bakso Penyet

Bakso Penyet
Bakso Penyet via Instagram/@astriepasaribu

Sambal adalah salah satu makanan pelangkap yang wajib ada di kuliner Nusantara. Ayam atau bebek goreng merupakan lauk yang biasanya ditemukan dalam penyet-penyetan. Namun, ternyata ada juga bakso penyet. Bola-bola daging tersebut digoreng lalu dipenyet di atas sambal pedas. Wah, yang begini saja sudah enak disantap dengan nasi hangat. Apalagi kini sudah banyak yang menjual bakso beku yang tinggal masak. Sudah coba makan ini?

Bakso Penyet di Surabaya
Bakso Penyet di Surabaya via Instagram/@semiawantheo

3. Bakso Tusuk

Bakso Tusuk Bu Sainah
Bakso Tusuk Bu Sainah via Instagram/@baksotusukbusainah.ganjuran

Pilihan cara nikmati kuliner bakso lainnya adalah dengan ditusuk. Salah satu yang hits adalah Bakso Tusuk Bu Sainah yang sudah memiliki banyak pelanggan di Jogja. Bola-bola daging di Bu Sainah memang tidak disajikan dengan kuah. Ada yang dibakar atau digoreng lalu ditusuk. Cukup mencelupkannya pada saus sambal yang disiapkan terpisah. Jajanan sederhana ini ternyata memiliki banyak penggemar. Jangan heran lihat antriannya, ya.

Bakso Tusuk
Bakso Tusuk via Instagram/@baksotusukbusainah.ganjuran

4. Bakso Sambal Matah

Nasi Bakso Sambal Matah
Nasi Bakso Sambal Matah via Instagram/@nana_jajan

Kuliner serba sambal matah memang sedang trend di tanah air. Berbagai lauk dan masakan bisa langsung enak jika disajikan dengan sambal khas Bali tersebut. Tak ketinggalan adalah bakso sambal matah. Bola-bola daging digoreng lalu disiram dengan sambal matah yang menggugah selera. Cukup disantap dengan nasi panas atau langsung dinikmati sebagai camilan. Kamu bisa mencicipi kuliner satu ini di Kedai Bakso yang ada di Jalan Ontalama, Makassar.

Bakso Sambal Matah
Bakso Sambal Matah via Instagram/@sharebeforeeat

Wah, ternyata bakso enak juga meski tanpa kuah, ya. Bagaimana, kamu lebih suka menikmati bola-bola daging yang berenang di kaldu gurih atau langsung jadi camilan, nih?

Tags
Indonesia kuliner pilihan nikmati bakso
Share