Bakso Bambu Runcing, Kuliner Unik Jepara yang Bikin Ternganga

Bakso memang merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Jika dulu bentuknya hanya menyerupai bola-bola daging, kini sudah banyak varian bakso muncul dan membuat para pecinta kulinernya penasaran. Sebut saja bakso beranak, bakso kuburan mantan, hingga bakso klenger yang harganya jutaan saking besarnya. Ternyata di Jepara ditemukan model bakso paling anyar, nih. Penasaran seperti apa?

Bentuk Unik Bakso Jepara

Bakso Bambu Jegluk
Bakso Bambu Jegluk via Facebok/Bakso Bambu Jepara

Bakso merupakan bola-bola daging yang disajikan dengan kuah kaldu sapi berbumbu yang sangat gurih. Selain varian isi, model bentuk bakso belakangan ini memang sangat berkembang. Terbaru di Jepara adalah Bakso Bambu Runcing. Bakso ini dicetak dengan bambu asli yang diukir khusus agar bisa membekas di bakso. Saat disajikan baksonya dipotong miring, mirip dengan bambu runcing. Di dalamnya terdapat isian lagi berupa bakso kecil, daging cincang, juga potongan wortel.

Kuah yang dipisah berisi daging dan sayur
Kuah yang dipisah berisi daging dan sayur via Facebook/Ar Mecca

Campuran Nyleneh yang Bikin Penasaran

Bakso Bambu Runcing di Jepara
Bakso Bambu Runcing di Jepara via Facebook/I ♥ Jepara

Rasanya masih belum cukup aneh. Penjual menyajikannya dengan cara yang berbeda. Semangkuk bakso bambu tersebut disuguhkan dengan menambahkan buah anggur dan mentimun yang ternyata digunakan sebagai pengganti acar. Kuahnya pun disajikan dalam mangkok yang berbeda dengan tambahan potongan daging, sawi, potongan wortel dan bawang goreng melimpah. Wah, jadi penasaran.

Dicetak dengan bambu
Dicetak dengan bambu via Instagram/@bakso_bambu_jegluk

Macam Menu Bakso Unik Lainnya

Bakso berhitung Jegluk
Bakso berhitung Jegluk via Facebook/Bakso Bambu Jepara

Bakso Bambu Runcing bukan satu-satunya bakso unik yang dijual oleh Subakir, pemiliki kedai Bakso dan Soto Jegluk. Kamu juga bisa mencoba varian lainnya seperti bakso beranak yang memang sedang hits, atau Bakso Janda Marah yang pedas banget dengan isian cabainya. Ada juga Bakso Berhitung, yaitu daging yang dibentuk angka-angka. Bisa nih untuk rayakan ulang tahun sebagai pengganti tart.

Macam bakso di Jegluk
Macam bakso di Jegluk via Facebook/Kasih Kristiana

Murah Meriah dan Selalu Ludes

Bakso Bambu Runcing
Bakso Bambu Runcing via Facebook/Eva Zuel

Seporsi Bakso Bambu Runcing ini dibanderol dengan harga Rp25 ribu. Datang saja langsung ke kedai Bakso dan Soto Jegluk yang dibuka di Pasar Baru Ngabul Jepara. Per harinya, Pak Subakir menghabiskan 25 porsi Bakso Bambu, lho. Kalau tak mau kehabisan, jangan datang terlalu sore karena Bakso Bambu sudah buka sejak pukul 10.30 pagi.

Bakso Bambu Jepara
Bakso Bambu Jepara via Instagram/@mollymyud

Rupanya varian dari kuliner satu ini akan selalu ada yang baru, ya. Bagaimana, penasaran mencoba Bakso Bambu Runcing ini?

Tags
bakso bambu runcing Indonesia Jepara kuliner
Share