5 Rekomendasi Tempat Makan Mi Koclok di Cirebon Paling Top

Advertisement

Bicara soal kuliner Cirebon, selain ada hidangan legendaris macam nasi jamblang dan empal gentong, ada pula mi koclok yang juga tak kalah menggiurkan. Sajian berbahan dasar mie dengan kuah kental tersebut tak pernah gagal membuat para penggemarnya untuk datang dan mencoba lagi. Tak heran jika ada banyak tempat yang direkomendasikan untuk makan mi koclok di Cirebon.

Banyak orang mengira mi koclok adalah mi kocok yang diplesetkan. Namun sebenarnya kedua hidangan tersebut berbeda jauh. Mi Koclok memiliki kuah kental terbat dari santan kelapa dan isiannya berupa suwiran ayam, potongan telur, tauge, kol, dan daun bawang. Kalau penasaran dengan citarasanya? Bisa datang ke lima tempat paling top untuk makan mi koclok di Cirebon rekomendasi Travelingyuk.

1. Abah Gaul

Mie Koclok Abah Gaul via Instagram filipusverdi

Abah Gaul adalah salah satu nama yang sudah tak asing lagi bagi para penggemar mi koclok Cirebon. Jika boleh dibilang, kelezatan mi di tempat ini sudah benar-benar teruji. Tak heran jika warung kaki lima ini selalu ramai pengunjung, bahkan hingga malam hari.

Mie Koclok Abah Gaul disajikan dengan kuah kental terbut dari santan. Warnanya putih mirip dengan krim sup dan disiramkan ke mie kuning yang sudah dilengkapi dengan toping daun bawang, suwiran ayam, tauge, dan irisan telur. Mie yang semangkoknya dibandrol 16 ribu rupiah ini sangat cocok dinikmati di tengah dinginnya udara malam Cirebon.

2. Mang Sam

Mie Koclok Mang Sam via Instagram mellaryadi

Tak kalah dengan Abah Gaul, Mie Koclok Mang Sam juga cukup terkenal di antara warga Cirebon. Kuliner legendaris ini konon sudah buka sejak 1970 silam dan sudah menjadi salah satu jujukan para penggemar mi koclok setempat. Harganya pun cukup terjangkau, hanya sekitar 10 ribu rupiah per porsi.

Selain mi koclok, Warung Mang Sam juga menjual makanan lain seperti Gado Gado Ayam. Gado-gado tersebut cukup unik karena penyajiannya disiram dengan kuah kari dan dilengkapi dengan suwiran ayam. Enak sekali disantap sembari bercengrama bersama teman maupun keluarga.

3. Panjunan

Mie Koclok Panjunan via Instagram kikits_food_journey

Mie Koclok Panjunan berada di kawasan Jl Pekarungan. Untuk menuju ke sana tidak terlalu sulit karena warung ini sudah cukup terkenal di antara warga sekitar. Jika khawatir tersesat, bisa juga menggunakan panduan dari Google Map.

Keunikan Mie Koclok Panjunan ada di kuahnya yang kental, bahkan hampir mirip bubur, karena terbuat dari sagu. Selain itu masih ada sederet komponen lain yang membuat rasa mie ini semakin nikmat, seperti kaldu ayam, potongan telur rebus, taburan bawang goreng, merica, garam, dan sambal. Seporsi Mie Kocok Panjunan bisa dinikmati dengan bermodal 15 ribu rupiah saja.

4. Pak Rasita

Mie koclok Pak Rasita via Instagram nofitafatmawati

Mie Koclok Pak Rasita punya rasa yang juga menggoda selera. Meski letaknya kurang strategis, di Jl Desa Gombang, Kabupaten Cirebon, kuliner satu ini selalu ramai dipadati penggemarnya. Uniknya, warung Mie Koclok Pak Rasita justru akan tutup sebulan penuh selama Ramadan.

Sama seperti menu sejenis, mie koclok di sini disajikan dengan kuah kental plus irisan daging, potongan daun bawang, dan telur rebus. Rasanya bakal semakin nikmat jika disantap menggunakan tambahan bumbu pedas dan irisan lontong. Seporsi mie koclok Pak Rasita bisa didapatkan dengan harga 8-10 ribu rupiah, tergantung lauk tambahannya.

5. Mas Edi

Mie Koclok Mas Edi via Instagram jejakpatuangan

Mas Edi termasuk salah satu warung dengan menu mi koclok yang cukup terkenal di Cirebon. Letaknya strategis, berada di pusat kota. Mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kuliner ini cukup terkenal dan laris dikunjungi warga setempat.

Meski letaknya di pinggir jalan, kebersihan warung ini benar-benar terjaga. Selain itu kelezatan kuah kentalnya juga terus konsisten sejak dulu. Warung Mas Edi sangat direkomendasikan bagi yang kebetulan sedang berada di Cirebon dan ingin menjajal sajian Mie Koclok.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat makan mi koclok di Cirebon yang patut untuk disambangi. Jadi tunggu apa lagi? Datang dan buktikan sendiri kelezatan kuliner mie berpadu dengan kuah kental ini.

Advertisement
Tags
Cirebon kuliner Wisata Kuliner
Share