Candi Borobudur, Megahnya Gak Main-main

Teman Traveler pasti udah pada tahu dong Candi Borobudur? Tempat ini wajib banget dikunjungi jika sedang wisata di Jogja. Keindahannya sudah terkenal sampai mancanegara dan termasuk sebagai salah sati Candi Buddha terbesar se-ASEAN lho.

Saya sendiri beruntung bisa melihat langsung megahnya Candi Borobudur beberapa saat lalu. Banyak pengalaman menarik saya dapat selama berada di sana. Yuk Teman Traveler, simak kisah saya menjelajahi candi megah di kawasan Magelang ini.

Bisa Disambangi Naik Shuttle Bus

Jadwal shuttle bus (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Untuk menuju Candi Borobudur, Teman Traveler tak perlu repot. Kalian bisa naik shuttle bus dari Stasiun Tugu. Tarifnya murah kok, cuma Rp75.000 saja. Pembayarannya bisa dilakukan di counter langsung. Oh ya, jangan lupa cek jadwal keberangkatannya lebih dulu ya.

Perjalanan ke candi akan memakan waktu sekitar satu setengah jam. Buat Teman Traveler yang datang saat musim liburan, sebaiknya berangkat lebih pagi agar tak terlalu ramai ketika sampai di tujuan.

Megahnya Borobudur (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Oh ya, harga tiket masuk Borobudur sekitar Rp40.000-an Teman Traveler. Jika bersedia merogoh kocek sedikit lebih dalam, kalian juga bisa membeli tiket terusan ke Candi Prambanan dan Ratu Boko.

Megah, Pokoknya Wow Banget

Mampir ke Borobudur bareng teman (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Kesan pertama saya ketika sampai di Borobudur adalah wow banget. Saat itu saya datang bersama teman dan kami berpikir keras, bagaimana caranya orang jaman dulu bisa membuat bangunan semegah ini.

Oh ya, sebaiknya Teman Traveler menggunakan jasa pemandu yang ada di sekitar candi agar lebih memahami sejarah Borobudur. Saya sendiri memilih tidak didampingi guide, tapi sekedar curi dengar dari rombongan turis Jepang di dekat saya hehe.

Dari situ saya tahu bahwa relief yang ada di Borobudur menceritakan kisah perjalanan seorang raja. Namun karena kebanyakan penjelasan menggunakan Bahasa Jepang, saya tidak tahu persis siapa raja yang dimaksud.

Jangan Lupa Mampir ke Museum

Kok bisa ada candi megah seperti ini jaman dulu (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Komplek candi ini juga memiliki Museum Borobudur lho Teman Traveler. Kalian yang ingin belajar atau mengetahui lebih dalam soal sejarah candi bisa mampir ke sini. Bakal ada penjelasan lengkap soal posisi patung Buddha, arsitektur, sejarah penemuan, pemugaran, hingga makna relief.

Teman Traveler juga bakal mendapatkan sedikit pemahaman soal konsep karma dan reinkarnasi, dua hal yang tergambar dalam relief di kaki Borobudur. Menarik ya?

Itulah pengalaman saya jalan-jalan ke Candi Borobudur. Jadi, kalo Teman Traveler berkunjung ke Jogja, jangan lupa mampir ke sini ya. Hitung-hitung wisata sambil belajar sejarah dan budaya Indonesia.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share