Serba Serbi Menarik Tentang Batu Caves, Destinasi Wisata Utama di Kuala Lumpur

Salah Satu Keramaian di Kuala Lumpur (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Keberagaman etnis masyarakat Malaysia menghadirkan anugerah tersendiri bagi Kuala Lumpur dan juga Negara Malaysia. Termasuk dalam hal pariwisata. Banyak objek wisata populer disini yang berlatar belakang kebudayaan. Baik itu kebudayaan Melayu, Cina, India, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tebing di Belakang Batu Caves (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Salah satu destinasi wisata menarik yang mempunyai latar belakang budaya dan keagamaan di Kuala Lumpur adalah Batu Caves. Wisata ini paling sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Batu Caves adalah sebuah bukit batu kapur yang terdiri dari tiga gua besar dan sejumlah gua yang lebih kecil. Terletak sekitar 11 kilometer di utara kota Kuala Lumpur.

Situs yang berusia hampir lebih dari 100 tahun ini, menampilkan berhala dan patung yang didirikan di dalam gua-gua utama dan sekitarnya. Digabungkan dengan formasi batu kapur alami yang konon berusia 400 juta tahun. Tempat ini dianggap sebagai salah satu landmark agama yang penting oleh umat Hindu di seluruh Malaysia dan juga Asia. Penasaran? Yuk lihat ulasan berikut ini.

Patung Dewa Murugan Tertinggi di Dunia

Patung Dewa Murugan (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Banyak hal istimewa yang bisa Teman Traveler nikmati di kawasan Batu Caves. Salah satunya patung terbesar yang ada di sini. Patung ini adalah patung dari Dewa Murugan yang menjulang gagah setinggi 42.7 sehingga dinobatkan sebagai Patung Dewa Hindu tertinggi di dunia. Bagi Teman Traveler yang baru pertama kali ke Kuala Lumpur, wajib hukumnya berfoto di depan patung ini.

Foto Keseluruhan (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Patung Dewa Murugan yang megah ini berwarna kuning keemasan. Sehingga menjadikannya sangat eye catching bagi Teman Traveler yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini.

Terdapat 272 Anak Tangga

Anak Tangga yang Curam (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Setelah puas berfoto dan mengelilingi pelataran komplek Batu Caves, atraksi selanjutnya yang bisa Teman Traveler nikmati adalah mendaki tangga yang curam dengan jumlah 272 anak tangga. Siapkan fisik Teman Traveler selama berjalan di sini.

Jangan kaget ketika berjalan menaiki tangga, tiba-tiba disebelah Teman Traveler ada kawanan monyet yang terkadang memang cukup mengganggu. Maka itu tidak disarankan membawa banyak makanan dan minuman di tangan ketika berjalan di tangga ini. Anak tangga yang memiliki kadar kemiringan cukup tinggi ini menuntun Teman Traveler menuju goa utama yang ada di kompleks Batu Caves.

Goa Eksotis dan Kuil Suci Hindu yang Sakral

Setelah Menaiki 272 Anak Tangga (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Temple Cave atau Cathedral Cave merupakan gua utama yang bisa Teman Traveler nikmati setelah menaiki 272 anak tangga. Di puncaknya, Teman Travelerdapat melihat pemandangan Kota Kuala Lumpur yang indah dari kejauhan. Gua ini dijadikan kuil suci umat Hindu dan dipersembahkan kepada Dewa Murugan.

Beberapa Anak Tangga (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Selain kuil utama Cathedral Cave, ada juga beberapa kuil kecil di kaki-kaki
bukit yang melengkung setinggi 100 meter. Terdapat 2 kuil gua lainnya yaitu Art Galery Cave dan Museum Cave yang menampung banyak patung dan lukisan Hindu.

Ada pula Gua Ramayana terletak di sebelah kiri sebelum menuju ke 272 anak tangga. Gua ini menghadap dinding bukit. Dalam perjalanan ke Gua Ramayana, terdapat patung Hanuman setinggi 15 m dan sebuah kuil yang didedikasikan untuk Hanuman, ajudan Dewa Rama.

Pusat Perayaan Festival Thaipusam

Kawasan Batu Caves saat Thaipusam via Pixabay

Kawasan wisata Batu Caves merupakan titik fokus festival kebudayaan Hindu tahunan, Thaipusam. Festival berskala internasional ini menarik ribuan umat dan pengunjung setiap tahunnya. Festival Thaipusam biasanya rutin diadakan setiap tahun pada akhir Januari.

Prosesi Thaipusam sendiri sebenarnya dimulai pada malam sebelumnya di Kuil Sri Mariamman Pusat Kota KL. Sejak pertama kali diadakan di Batu Caves, festival ini telah menarik lebih dari satu juta peziarah dan menjadikannya salah satu pertemuan terbesar umat Hindu dari seluruh dunia.

Akses ke Batu Caves dari Pusat Kota Kuala Lumpur

Kuala Lumpur Sentral (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Untuk pergi ke Batu Caves dari pusat Kuala Lumpur tidaklah sulit. Teman Traveler bisa naik KTM Komuter Train dari KL Sentral langsung ke Batu Caves Komuter Station. Kereta ini sangat nyaman dan ramah penumpang karena sudah dilengkapi dengan tempat duduk khusus wanita. Alternatif lainnya juga bisa mencoba menggunakan monorail dari KL Sentral menuju Titiwangsa Station. Nah, dari sana lanjutkan naik bus menuju Batu Caves.

Tags
Batu Caves Batu Caves Kuala Lumpur Wisata di Kuala Lumpur
Share