Tidak Cuma Musang King! Berburu Berbagai Jenis Durian di Kuala Lumpur

Durian D-24 (kiri) dan Musang King (kanan) (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berencana traveling ke Kuala Lumpur? Salah satu agenda wajib buat Teman Traveler yang akan melancong ke ibukota Negeri Jiran tersebut adalah berburu buah durian. Di antara banyak tempat untuk menyantap durian di sekitar Kuala Lumpur, Teman Traveler bisa mampir ke Durian King TTDI atau Taman Tun Dr Ismail yang berlokasi di 179, Jalan Wan Kadir, Kuala Lumpur.

Di sini, Teman Traveler tidak hanya bisa mencicipi durian Musang King yang merupakan durian tersohor dari Malaysia, namun juga beberapa jenis durian lain. Wah, penasaran seperti apa? Yuk, ikuti ulasan lengkapnya.

Menuju Lokasi Durian King TTDI

KL Sentral (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Cara paling mudah mencapai Kedai Durian King TTDI adalah menggunakan taksi online. Namun, jika Teman Traveler ingin menggunakan public transportation, bisa dengan layanan kereta cepat Kuala Lumpur. Dari Stasiun KL Sentral, Teman Traveler perlu naik LRT Kelana Jaya Line tujuan Stasiun Gombak, kemudian transit di Stasiun Pasar Seni untuk berganti jalur kereta.

Di Stasiun Pasar Seni, Teman Traveler perlu melakukan interchange station menuju jalur MRT dan naik kereta MRT tujuan Sungai Baloh. Di rute ini, Teman Traveler kemudian turun di Stasiun TTDI dan melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 350 meter dan sampailah di kedai Durian King TTDI.

Buka dari Siang Hingga Tengah Malam

Kedai Outdoor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebelum berniat mampir ke Kedai Durian King TTDI, ketahui dulu jam operasional kedai tersebut. Untuk weekdays, Durian King TTDI buka antara pukul 12:00 sampai 24:00 waktu setempat. Sedangkan khusus untuk weekday, kedai hanya gelar lapak mulai jam 17:00 sampai 24:00. Jadi, jangan sampai salah waktu berkunjung ya Teman Traveler.

Melayani Pembeli (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kedainya sendiri berada di area outdoor yang sekilas tampak seperti lahan parkir kendaraan. Meja kursi ditata di bawah tenda semi permanen dan sebagian diletakkan tanpa tenda yang dihiasai dengan deretan lampu berwarna putih. Jika hujan, biasanya kedai sepi pengunjung.

Durian Musang King Jadi Favorit

Daging Buah Durian Musang King (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sesampainya di kedai Durian King TTDI, Teman Traveler akan menjumpai beberapa jenis durian yang dipajang rapi di sebuah rak kayu. Dari beberapa jenis durian tersebut, Musang King menjadi varietas yang paling difavoritkan pengunjung. Diberi nama Musang King karena induk pohon durian tersebut pertama kali ditemukan di dekat Gua Musang, Kelantan.

Nyaris Tanpa Biji (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang belum tahu, durian Musang King memiliki cita rasa yang khas lho. Selain menyajikan rasa manis yang legit, Musang King juga punya semburan rasa pahit. Perpaduan rasa tersebut membuat Musang King terkenal dengan cita rasa yang unik. Sedangkan untuk warna buahnya cenderung lebih kuning keemasan dengan tekstur yang lembut.

Durian D-24 Tak Kalah Lezat

Daging Durian D-24 (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Variasi durian berikutnya yang direkomendasikan penjual adalah durian D-24. Durian ini rupanya lebih dulu eksis sebelum Musang King ditemukan. Soal rasa, durian ini sering disebut Bukit Merah atau durian Sultan yang tidak kalah legit, manis dan tanpa semburat rasa pahit. Warna buahnya tidak keemasan seperti Musang King, melainkan kuning cerah. Baik D-24 maupun Musang King, kelezatannya dijamin bikin Teman Traveler ketagihan deh.

Harga Buah Durian

Harga Sebanding dengan Kualitas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bicara harga, Teman Traveler tidak perlu khawatir dompet terkuras. Durian berkualitas super yang tersedia, dibanderol dengan harga yang masih di batas wajar. Rate-nya disesuaikan dengan ukuran buah yang Teman Traveler pilih.

Musang King kebetulan memiliki ukuran buah yang agak kecil, sehingga harganya RM43. Sedangkan durian D-24, RM55 karena memiliki ukuran buah yang lebih besar. Harga yang cukup sebanding dengan kualitas dan kelezatan yang akan Teman Traveler rasakan.

Buka Sampai Tengah Malam (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, ulasan singkat mengenai durian di kedai Durian King TTDI. Bagi Teman Traveler pecinta durian yang sedang jalan-jalan ke Kuala Lumpur, jangan sampai tidak mampir untuk menjajal Musang King dan D-24 di daerah asalnya ya. Selamat mencoba dan semoga sesuai dengan selera Teman Traveler.

Tags
Durian D-24 Durian Musang King Jenis Durian Penjual Durian di Kuala Lumpur
Share