Asinan Sedap Gedung Dalam, Kuliner Legendarisnya Kota Hujan

Kuliner Bogor mana yang tak memanjakan lidah? Pilihannya sangat banyak, baik dimakan untuk sarapan, makan siang, atau bahkan untuk makan malam. Ada es krim durian Mas Doto yang merupakan salah satu kuliner jadul di kota hujan. Tak hanya itu, ada lagi tempat dengan menu legendaris yang bisa jadi rekomendasi saat liburan ke kota ini. Namanya Asinan Sedap Gedung Dalam yang rasanya tak akan mengecewakan.

Berawal dari Jualan Buah Keliling

Seporsi asinan khas Bogor
Seporsi asinan khas Bogor via instagram/@jktfoodseeker

Asinan Sedap Gedung Dalam disebut legendaris karena sudah berjualan hampir setengah abad. Tepatnya, berdiri di tahun 1978. Sebelum sukses seperti saat ini, generasi pertama asinan di Bogor ini awalnya berjualan buah secara keliling. Berkat keuletan dan inovasinya, akhirnya mampu mendirikan kedai yang hingga saat ini ditempati. Yap, kedai yang berada di Jalan Siliwangi No. 27 C, Sukarasari, Bogor.

Varian Asinan yang Menggoda

Asinan bogor yang menggugah selera
Asinan bogor yang menggugah selera via instagram/@mrs_annisamalia

Kedai sederhana yang kini dikelola oleh generasi keduanya ini memiliki tiga macam varian, yaitu asinan sayur, buah dan campur. Namun, belakangan ada menu baru berupa asinan jagung bakar dengan rasa istimewa. Untuk asinan sayur berisi campuran sayur segar seperti kol, timun, dan tauge yang direndam dengan air. Saat disajian, menu ini sudah dicampur dengan kuah asinan yang terbuat dari cabe merah. Sedangkan asinan buah terdiri dari potongan i papaya, kedondong, bengkoang, jambu, ubi, hingga salak yang direndam air gula. Tak lupa tambahan kerupuk kriuk di atasnya. Rasanya pedas asam yang bikin mata melek.

Jajanan Enak Bebas Pengawet

Tambahan kerupuk di atas asinan
Tambahan kerupuk di atas asinan via instagram/@diarytythirranie

Sekali suap, teman traveler pasti tak rasakan cita rasa asinan yang pedas asam tapi menyegarkan. Rasa tersebut tercipta karena pemilihan sayur dan buah yang benar-benar segar. Belum lagi air rendaman, tanpa tambahan bahan berbahaya untuk kesehatan. Sementara kuahnya juga tanpa bahan pengawet. Soal kualitas rasa memang tidak diragukan sehingga penggemarnya pun kembali dan rela antre lama demi mendapatkan seporsi sajian istimewa di Kota Hujan ini.

Harga Asinan yang Ramah di Kantong

Asinan kemasan yang segar dan nendang di lidah
Asinan kemasan yang segar dan nendang di lidah via instagram/@dapoerchie

Rasa yang tak pernah bohong memang bikin orang percaya. Namun, beberapa orang terkadang memilih pindah tempat karena harganya yang menguras kantong. Di Asinan Sedap Gedung Dalam ini cukup terjangkau loh. Untuk seporsi asinan buah dan sayur hanya dibanderol sekitar Rp25.000. Jika kuahnya dicampur dengan kacang, maka harganya Rp28.000. Selain asinan, menu lain seperti es campur dan manisan juga tersedia di sini, loh. Tak hanya dimakan di tempat, teman traveler juga bisa membungkus asinan spesial satu ini. Kemasannya juga rapi baik memakai gelas atau plastik

Nah, itulah ulasan tentang Asinan Sedap Gedung Dalam yang berada di kawasan Sukasari. Bagaimana, makin ngiler kan melihat ulasan tentang kuliner legendaris di Kota Hujan ini?

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat kuliner bogor
Share