Jelajah Kuliner Enak yang Rasanya Melegenda di Pasar Lama Tangerang

Setiap kota punya pusat kulinernya sendiri, begitu pula dengan Tangerang. Salah satu tempat dengan makanan super enak di kota ini ada di Pasar Lama Tangerang, sekitar Jalan Kisamaun. Pusat jajanan yang juga dikenal dengan Pasar Lama Kisamaun ini memiliki banyak makanan istimewa yang rasanya luar biasa. Penasaran apa saja kuliner di Pasar Lama Tangerang ini kan? Berikut rangkumannya.

1. Laksa Benteng

Laksa Benteng di Tangerang
Laksa Benteng di Tangerang via instagram/@franciscapelangi

Kuliner pertama yang bakal menggugah selera adalah Laksa Benteng. Sajian ini terbilang legendaris karena sudah lama dijajakan di depan Klenteng Ben Tek Bio. Penjual laksa ini hanya bermodalkan gerobak sederhana dengan panci berisi kuah. Lengkap dengan piring serta bahan isian laksa. Seporsi laksa benteng ini tidak hanya berisi mie dari tepung beras yang berwarna putih, tapi juga kuah dengan tambahan lauk pendamping, seperti ayam kampung dan telur. Taburan daun kucai di atasnya membuat rasanya makin sempurna. Sangat pas untuk Teman Traveler yang hobi makan berkuah santan.

2. Asinan Lan Jin

Asinan Lan Jin
Asinan Lan Jin via instagram/@lau1288

Pecinta kuliner Tangerang pasti tak asing lagi dengan Asinan Lan Jin. Yap, makanan ini menjadi favorit untuk makan siang dan sudah melegenda di tengah Pasar Lama. Seporsi asinan sayur di sini terdiri dari tauge, kol, lobak, timun, sayur asin, dan wortel. Selain itu, ada tambahan irisan tahu kuning serta taburang kacang tanah di atas. Hidangan ini makin lengkap dengan siraman cuka yang rasanya spesial. Tak perlu khawatir, porsi asinan ini banyak dan cukup mengenyangkan untuk kudapan makan siang.

3. Es Buntin

Es Buntin
Es Buntin via instagram/@graceyuwono

Panasnya Tangerang memang paling enak didinginkan dengan seporsi es campur. Di Pasar Lama, Kedai Es Buntin jadi paling difavoritkan. Menu di sini unik-unik mulai dari tomjer, tomkat, tomwol, sojer, berryjer, jeprite, hingga putsal yang merupakan singkatan racikan es. Seperti Putsal yang merupakan putri salju dengan isian leci, kelapa muda, nata de coco, sagu mutiara, kolang-kaling, susu kental putih serta serutan es. Menu ini makin sempurna dengan siraman sirup aneka rasa sesuai selera. Ada gula jawa, kopi, cokelat, mocca, vanila, leci, stroberi, durian, melon, hingga sirsak. Bikin ngiler kan?

4. Bubur Ko Iyo

Bubur Ko Iyo
Bubur Ko Iyo via instagram/@ericekos

Selain Laksa Benteng ada satu lagu kuliner yang menyediakan tempat sederhana tapi selalu jadi favorit. Namanya Bubur Ko Iyo yang berjualan di bawah tenda kaki lima. Berdiri tahun 1966, kedai ini awalnya merintis usaha di Pasar Anyar dan berpindah ke Pasar Lama. Menu yang dijadikan andalan masih sama, yaitu bubur dengan rasa nendang di lidah. Teksturnya pas dan tak bikin enek. Sementara topping lauknya juga beragam, dari telur, ati ampela, suwiran ayam serta sambal bila suka pedas.

Nah, itulah kuliner di Pasar Lama Tangerang yang rasanya nendang. Selain mencoba jajanan enak di atas, ada hal menarik yang bisa teman traveler lakukan di sini. Salah satunya berkunjung ke Klenteng Ben Tek Bio yang merupakan tempat ibadah tertua di Kota Tangerang.

Tags
Banten Indonesia kuliner tangerang tangerang
Share