Alun-alun Merdeka Malang, Bersantai sambil Olahraga pun Oke

bayu eka novanta

bayu eka novanta

On Indonesia
Alun-alun Merdeka Malang Alun-alun Merdeka Malang

Tak banyak kota di Indonesia yang memiliki dua alun-alun dan Malang adalah salah satunya. Di Kota Apel, Teman Traveler bisa menyambangi Alun-alun Bunder alias Tugu, serta Alun-alun Merdeka Malang. Keduanya punya ciri khas dan sejarah panjang yang berbeda.

Khusus untuk Alun-alun Merdeka Malang, tempat ini sering jadi destinasi bagi masyarakat lokal, serta wisatawan asing. Lantas apa saja keseruan yang bisa dilakukan di sini? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Lokasinya Sangat Strategis

Tulisan Alun-alun Malang berukuran besar (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Dibanding Alun-alun Tugu, Alun-alun Merdeka lebih banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Lokasinya memang cukup strategis karena berada di tengah kota. Di sisi baratnya ada Masjid Agung Jami yang megah. Sementara di sebelah timur Teman Traveler akan menemukan sejumlah pusat perbelanjaan.

Lantaran kawasannya yang luas, tempat ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti wahana permainan anak, alat olahraga, serta toilet umum. Lingkungan di sekitar sini juga dijaga kebersihannya lho. Ada banyak tempat sampah di beberapa sudut.

Asyik untuk Olahraga Pagi

Pengunjung berolahraga di alun-alun (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Setiap pagi, terutama di hari libur, banyak orang memanfaatkan alun-alun ini sebagai lokasi berolahraga. Kebanyakan sekedar melakukan olahraga ringan seperti peregangan otot, jogging, atau berjalan keliling. Jalanan di sekitar sini memang sudah di-paving, sehingga makin membuat nyaman dalam berolahraga.

Kawasan Hijau di Tengah Kota

Warga berada di alun-alun (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Meskipun sudah memiliki jalan ber-paving, Alun-alun Merdeka masih menonjolkan konsep ruang terbuka hijau. Hal ini bisa dilihat dari hamparan rerumputan luas serta pepohonan rindang di sekitarnya. Usai berolahraga maupun berjalan-jalan di sini, Teman Traveler bisa duduk nyaman sambil nikmati pemandangan. 

Kebersihannya Dijaga Ketat

Pengunjung berolahraga di kawasan alun-alun (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, lingkungan sekitar alun-alun terlihat sangat bersih. Pemerintah Daerah menjaga kondisi ini dengan menetapkan secara resmi larangan membuang sampah sembarangan. Beberapa tong sampah sudah disediakan untuk mendukung aturan tersebut.

Tak hanya itu, pedagang pun kini juga tidak diperkenankan berjualan di dalam area alun-alun. Hal tersebut dilakukan demi mendukung terciptanya alun-alun bersih dan nyaman. Keren, ya?

Ada Banyak Aktivitas Seru

Pengunjung berjalan di kawasan timur alun-alun (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Di sisi utara, terdapat skate park yang biasa digunakan anak-anak muda untuk mengasah ketrampilan meluncur dengan skateboard. Lokasi ini biasanya bakal ramai digunakan saat pagi serta menjelang sore hari.

Sementara itu, di sisi Selatan, ada area bermain ramah anak. Para orang tua pun bisa duduk santai sambil memantau langsung aktivitas buah hati mereka dari kejauhan. Jika ingin, mereka juga bisa ikut menemani si kecil bermain di wisata Malang satu ini.

Berolahraga di alun-alun (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk
Merpati di alun-alun (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Teman Traveler juga bakal menemukan banyak burung merpati di sini. Jika sudah puas jalan-jalan maupun berolahraga, kalian bisa coba merasakan serunya makan merpati. Bagaimana, ada yang tertarik?

Itulah sedikit pengalaman saya mampir ke Alun-alun Merdeka Malang. Tempat ini bisa jadi jujugan bagi Teman Traveler yang ingin wisata gratis di Malang atau mencari tempat olahraga dengan suasana berbeda.