Kecantikan Alami Air Terjun di Pagar Alam Sumatera Selatan

Kecantikan alami air terjun di Pagar Alam Sumatera Barat tidak perlu lagi didebatkan. Pilihan wisata di Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki suhu udara cukup sejuk. Lalu, seperti apa kecantikan wisata air terjun yang ada di sini? Berikut ulasannya!

1. Air Terjun Maung

Segarnya Air Terjun Maung via Instagram/ dianprajisi

Berada di pedalaman Hutan Lahat yang ada di kawasan Gumay Ulu, Pagar Alam, Air Terjun Maung memiliki kesejukan air yang tiada duanya. Dengan tinggi sekitar 80 meter, air terjun ini mengalir di antara tebing hijau yang banyak memiliki tumbuhan. Cantik sekali.

Kesegaran Air Terjun Maung yang Bikin Hati Tenang via Instagram/afrialis_fc

Sementara itu, di bagian bawahnya terdapat kolam yang bisa dipakai untuk berendam. Alasan-alasan ini lah yang dapat dimengerti mengapa Air Terjun Maung banyak dikunjungi.

Untuk menikmatinya, Teman Traveler harus melakukan tracking selama kurang lebih satu jam dari kawasan parkir kendaraan di Desa Padang Muaro Duo, desa terakhir sebelum untuk menuju wisata Sumatera Selatan.

2. Air Terjun Tujuh Kenangan

Air Terjun Tujuh Kenangan Bikin Terkenang-kenang via Instagram/ anggiap92

Air terjun di Pagar Alam yang selanjutnya pun memiliki daya sihir yang mampu memikat banyak mata, yaitu Air Terjun Tujuh Kenangan. Lokasinya ada di kaki Gunung Dempo, tepatnya di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

Air Terjun Tujuh Kenangan via Instagram/lian_satriana

Untuk sampai ke lokasi, Teman Traveler harus menjelajah kawasan tersebut terlebih dahulu. Di sini terdapat air terjun mengalir deras, di bagian bawahnya terdapat kolam dan batu yang bisa dipakai bermain-main dengan teman. Menyenangkan!

3. Air Terjun Lematang Indah

Namanya Sudah Lematang Indah, Takheran Memang Indah via Instagram/ pluto_prastya

Lokasi keberadaan Air Terjun Lematang Indah berbanding terbalik dengan Air Terjun Tujuh Kenangan. Sebab, untuk menikmati air terjun ini, Teman Traveler tidak perlu melakukan tracking terlalu jauh. Pasalnya, ia berada di jalan lintasan. Meski demikian, indahnya tetap saja menawan.

Derasnya Air Terjun Lematang Indah via Instagram/rikasharsa

Dengan ketinggian sekitar 40 meter, ia sangat menarik perhatian. Penasaran dengan kecantikannya? Segera agendakan untuk datang ke Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam ya. Jaraknya hanya sekitar 10 Km dari pusat Kota Pagar Alam kok!

4. Air Terjun Cughup Embun

Meski Tinggi, Debit Air Terjun Embun Kecil Seperti Embun via Instagram/ traveler_nekadd

Satu lagi air terjun di Pagar Alam yang kelewatan kalau nggak dikunjungi saat jalan-jalan ke kawasan ini. Yaitu Air Terjun Cughup Embun. Ia juga berada di kaki Gunung Dempo. Tingginya mencapai 100 meter.

Hammocking di Cunghup Embun via Instagram/paramiswari

Hanya memang, debit airnya tidak terlalu besar. Sehingga, begitu sampai bawah, airnya terasa seperti embun saja. Itulah sebabnya, air terjun ini dinamakan Air Terjun Cughup Embun atau Air Terjun Embun.

Pesona air terjun di Pagar Alam Sumatera Selatan memang takada habisnya. Air terjun di atas hanya sebagian kecil dari keindahan yang dimiliki kawasan ini.

Penasaran dengan keindahan lainnya? Agendakan segera untuk berlibur ke sini. Jarak Palembang dan Pagar Alam yang sekitar 8 jam, tidak akan disesali. Selamat berlibur!

Tags
air terjun di pagar alam Indonesia Pagar Alam Sumatera Selatan Wisata
Share