Pesona Alam Lereng Gunung Dempo, Keindahan Magis di Kota Pagar Alam

Keindahan alam Sumatera Selatan tak kalah dengan daerah lainnya. Meski beberapa destinasi jauh dari kota, pemandangan yang ditawarkan mampu menyedot perhatian. Termasuk di Pagar Alam yang memiliki wisata cantik di sekitar Gunung Dempo. Apa saja? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Zenith Halalan.

Pesona Alam Pagar Alam yang Bikin Jatuh Cinta

Puncak Gunung Dempo (dok.pribadi)
Puncak Gunung Dempo (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Pagar Alam merupakan kota yang terletak dataran tertinggi di Sumatera Selatan. Lokasinya tepat di kaki Gunung Dempo. Udara sejuk khas pegunungan bukanlah satu-satunya keunikan tempat ini. Namun, bukit barisan di sekelilingnya menawarkan keindahan yang bikin siapapun berdecak kagum. Nah, untuk sampai di kota ini, Teman Traveler hanya butuh waktu 5 jam dari Palembang. Cukup lama, tapi keindahan alam di sini tidak akan membuatmu menyesal.

Bermalam di Kaki Gunung Dempo yang Eksotis

Nikmati Sunrise dengan ditemani hamparan kebun teh (dok.pribadi)
Nikmati Sunrise dengan ditemani hamparan kebun teh(c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan ketika liburan di Pagar Alam adalah naik ke Gunung Dempo. Meski perlengkapan lengkap dan fisik kuat, tetap saja harus membatalkan jika cuaca tak bersahabat. Apalagi jika sedang erupsi seperti yang saya rasakan saat liburan ke sini. Kendati sempat sedih, akhirnya memutuskan untuk mendirikan tenda di kaki gunung, dekat balai registrasi. Seperti gunung pada umumnya, udara makin dingin ketika malam.

Matahari Terbit Istimewa di Lereng Gunung Dempo

Ketika kabut menyelimuti kebun teh (dok.pribadi)
Ketika kabut menyelimuti kebun teh(c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Puncak Gunung Dempo boleh saja gagal diraih, tapi pemandangan magis saat pagi hari tak boleh dilewatkan. Bangunlah pagi buta untuk mendapatkan magisnya matahari terbit. Saat itu pula, kegagahan Dempo terlihat menakjubkan. Makin sempurna dengan hamparan kebun teh yang memanjakan mata.

Dari arah berlawanan dari gunung, Teman Traveler juga bisa melihat pemukiman Pagar Alam dan Bukit Barisan yang dilapisi awan-awan tipis. Pastinya, bakal menjadi pengalaman tak terlupakan.

Kebun teh dengan background pemukiman masyarakat Pagar Alam
Kebun teh dengan background pemukiman (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Sekalian Jelajah Wisata Air Terjun

Air terjun yang kecil ditutupi oleh rimbunya pepohonan (dok.pribadi)
Air terjun yang kecil ditutupi oleh rimbunya pepohonan (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Setelah mengelilingi kebun teh dan menikmati matahari terbit, luangkan waktu untuk berkunjung ke air terjun dekat balai registrasi. Tempat wisata di Pagar Alam ini terbilang kecil dan eksotis dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Uniknya air terjun ini memiliki kolam dari batu berlubang. Satu kolam bisa diisi dua hingga tiga orang.

Berburu Foto Cantik di Dempo Park

kebun teh yang dihiasi jalan-jalan yang berliku (dok.pribadi)
Kebun teh yang dihiasi jalan-jalan yang berliku (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Puas bermain air, baru perjalanan dilanjutkan dengan berkunjung ke Dempo Park. Jalan menunju tempat ini sangat curam dan berliku, terkadang kendaraan susah untuk menaiki pendakian. Pun cukup melelahkan, keindahannya terbayar lunas. Pemandangan kebun teh, jalan berliku, hingga pemukiman warga terlihat menawan. Bisa jadi latar foto keren sebelum meninggalkan kota cantik di Sumatera Selatan ini.

Pemandangan eksotis yang memanjakan mata (c) Zenith Halalan/Travelingyuk
Pemandangan eksotis yang memanjakan mata (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Nah, itulah ulasan tentang wisata cantik di lereng Gunung Dempo, Pagar Alam. Bagaimana, sudah siap untuk jelajah wisata di kota ini? Jangan lupa untuk siapkan hari libur panjang karena tak akan puas jelajah hanya dalam satu hari.

Tags
Indonesia Pagar Alam Sumatera Selatan Travelingyuk Wisata Pagar Alam
Share