7 Destinasi Wisata Air Terjun Tuban, Cocok Jadi Lokasi Liburan

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia

Tuban, Jawa Timur selama ini terkenal memiliki destinasi wisata berupa pantai. Contohnya saja Pantai Boom, Pantai Sowan, Pantai Remen, Pantai Kelapa, dan lain-lain. Ternyata, selain wisata pantai, Tuban juga menyuguhkan destinasi wisata berupa air terjun. Bahkan air terjun Tuban ini jumlahnya cukup banyak. Bisa banget dijadikan aternatif wisata jika kamu sedang traveling ke Tuban.

1. Air Terjun Banyulangse

Destinasi wisata yang masih sangat asri, Via Instagram afala_nisfi

Air Terjun Banyulangse ini berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, memiliki jarak kira-kira 10 kilometer dari arah barat daya kota Tuban. Aksesnya cukup mudah lantaran sudah beraspal. Keindahan air terjun di sini cukup istimewa, ada perpaduan antara hijaunya pepohonan dan warna putih dari perbukitan kapur. Suasananya masih sangat asri, namun sayangnya belum ada pihak pengelola. Sehingga lokasinya memang masih benar-benar alam yang masih perawan.

2. Air Terjun Wukirharjo

Air Terjun Wukirharjo, Via Instagram beritatuban

Selanjutnya adalah Air Terjun Wukirharjo yang lokasinya berada di Wukirharjo, Parengan, Tuban. Akses untuk menuju ke destinasi wisata Tuban ini sedikit susah, namun semuanya akan terbayarkan setelah kamu sampai di lokasi. Bagimana tidak, hamparan air terjun Tuban yang cantik dipadu dengan alam yang mempesona, bikin kamu tergila-gila dan betah.

3. Air Terjun Bongkok

Air Terjun Bongkok, Via Instagram ayodolan

Ada air terjun Tuban lainnya yang bisa jadi tujuan wisata yakni Air Terjun Bongkok. Panorama indah, alamnya bersih, dan lokasinya yang masih sangat alami. Lokasi air terjun berada di Jetak, Montong, Tuban. Lokasinya cocok untuk basah-basahan alias bemain air. Karena tidak terlalu tinggi jadi aman untuk bermain air di dekat air terjun.

4. Air Terjun Gajahan

Air Terjun Gajahan yang cantik, Via Instagram ayodolan

Air Terjun Gajahan berlokasi di Ngulahan, Tambakboyo, Tuban. Dari pusat kota bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan atau memiliki jarak 37 kilometer. Air terjun ini memiliki panorama pemandangan yang asri, udaranya bersih. Cocok sekali untuk kamu yang ingin “kabur” dari berbagai penat yang menghimpit.

5. Air Terjun Nglirip

Pesona keindahan Air Terjun Nglirip yang sangat menyihir mata, Via Instagram lulusandika

Kepopuleran dari Air Terjun Nglirip ini sudah tidak perlu untuk diragukan lagi. Bagaimana tidak, Air Terjun Nglirip ini memiliki ketinggian 20-30 meter dan memiliki keindahan yang alami. Lokasinya berada di pedukuhan Jojogan, Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Tuban, Jawa Timur. Sangat indah, airnya berwarna biru tosca dan dipadukan dengan pepohonan yang terdapat di sekitar, mata bisa tersihir oleh keindahannya.

6. Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan, Via Instagram adityaprada8990

Ada juga Air Terjun Sanggrahan yang memiliki jarak 40 kilometer dari pusat kota Tuban. Lokasi tepatnya berada di Kedungjambe, Singgahan, Tuban. Airnya jernih, bisa digunakan untuk berendam ataupun juga mandi. Kamu yang gemar bermain air, Air Terjun Sanggarahan ini bisa dikunjungi saat sedang jelajah Tuban.

7. Air Terjun Kedung Bonjor

Air Terjun Kedung Bonjor, Via Instagram siswantolilik

Terakhir, ada Air Terjun Kedung Bonjor yang berada di Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan, Tuban. Ini merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi, hanya 5 meter saja ketinggiannya. Bisa digunakan untuk mandi, berenang dan aktivitas basah-basahan lainnya. Alamnya masih sangat asri.

Ternyata tak hanya Nglirip saja, Tuban juga memiliki banyak air terjun lainnya yang bisa jadi jujugan traveling saat pergi ke Kota Wali ini.