5 Keindahan Air Terjun di Desa Aik Berik Lombok Tengah, Pesona Jalur Pendakian Rinjani yang Baru Dibuka

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Air terjun di Desa Aik Berik Lombok Tengah bisa disambangi saat Teman Traveler berencana untuk mendaki Rinjani. Kesegarannya bisa menjadi tambahan semangat untuk menghadapi medan yang berat. Jalur pendakian Aik Berik merupakan satu dari empat jalur pendakian menuju Rinjani. Di kawasan ini, pendaki akan disuguhi dengan hutan alam yang masih asri. Salah satu pesonanya ada pada lima air terjun berikut ini! Simak uraiannya yuk!

1. Air Terjun Benang Stokel

SI Kembar Benang Stokel yang Keren via Instagram/ remydotcom

Air terjun di Desa Aik Berik yang pertama adalah Benang Stokel. Kesegaran air di sini, sekaligus menjadi pintu masuk pertama dimulainya pendakian menuju Rinjani. Berada di kawasan kaki gunung, air yang mengalir di Benang Stokel segar dan bikin betah basah-basahan seharian. Di sini, terdapat dua air terjun yang berdampingan. Masing-masing memiliki ketinggian yang sedang, sekitar 30 meter. Trekking menuju Air Terjun Stokel juga tidak terlalu lama. Sekitar 20-30 menit dari tempat parkir kendaraan.

2. Air Terjun Benang Kelambu

Uniknya Air Terjun Benang Kelambu Seperti Tirai via Instagram/ muhammadvhirgoarmanda

Setelah menikmati Air Terjun Benang Stokel, saatnya ke arah hulu. Di sini ada Air Terjun Benang Kelambu yang sudah menunggu. Masih di kawasan Desa Aik Berik, Benang Kelambu memiliki karakteristik yang unik dan cantik. Airnya menyembul dengan tipis dari tebing batu yang penuh dengan tumbuhan hijau. Sehingga membentuk seperti tirai benang yang tipis namun eksotis.

3. Air Terjun Gunung Janggot

Air Terjun Gunung Janggot di Desa Aik Berik, Terhitung Baru Tapi Sudah Memukau via Instagram/ inyoongg

Tidak terlalu jauh dari Benang Stokel, Gunung Janggot menjadi satu dari air terjun di Desa Aik Berik yang juga sayang dilewatkan. Meski terhitung baru, ia sudah mampu menarik hati banyak wisatawan.

Keindahan Air Terjun Aik Berik
Keindahan Air Terjun Aik Berik (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Karakteristiknya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter. Namun kesegarannya tolong jangan diragukan! Posisi air terjun ini berada di bagian selatan pintu masuk Benang Stokel. Jadi, sebelum mendaki, bisa banget untuk mampir ke sini!

4. Air Terjun Sesere

Air Terjun Sesere Berada di Antara Hijau Pepohonan via Instagram/ ijonk.re

Selanjutnya, keindahan lain dari air terjun di Desa Aik Berik yang tidak kalah menyegarkan adalah Air Terjun Sesere. Menjadi bagian dari salah satu geosite di kawasan Geopark Rinjani Lombok, suasana di sekitar Air Terjun Sesere masih sangat asri. Ia mengalir di antara tumbuhan yang hijau; ampuh bikin mata kembali segar karena warna-warna alam yang natural. Pokoknya jangan dilewatkan!

5. Air Terjun Kliwun

Takkalah Eksotis, Air Terjun Kliwun Segarnya Minta Ampun via Instagram/ ijonk.re

Satu lagi, kesegaran air terjun yang bisa disambangi sebelum mendaki Rinjani melalui Desa Aik Berik, yaitu Kliwun. Sama-sama berada di kawasan Geopark Rinjani Lombok, ia juga memiliki kesegaran air terjun yang Teman Traveler cari selama ini! Jarak menuju Air Terjun Kliwun dari pusat Kota Mataram sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan. Debit air di Kliwun cukup deras. Jika ingin bermain air di bawahnya, harus tetap berhati-hati ya!

Air terjun di Desa Aik Berik, menjadi warna tersendiri bagi para pendaki yang hendak melunasi kerinduannya pada Rinjani. Atau Teman Traveler mau datang ke air terjunnya saja, juga bisa. Jangan lupa memperhatikan tips ke air terjun saat musim hujan, ya. Bagaimana, siap mengagumi kecantikan deretan wisata alam di atas?