Berburu Kuliner di Pasar Ngasem, Rasa Juara dengan Harga Merakyat

Budaya serta tempat wisata bersejarah bukanlah satu-satunya daya tarik Jogja. Cobalah mampir ke pasar tradisionalnya, Teman Traveler bakalan terperangah merasakan kuliner enak yang harganya murah meriah. Tidak hanya Pasar Beringharjo, berburu kuliner di Pasar Ngasem juga tak kalah seru loh. Penasaran ada apa saja? Berikut daftarnya.

1. Apem Ngasem Bu Wanti

Kue Apem
Kue Apem via instagram/@jogjabikinlaper

Pasar yang terletak di Jalan Polowijan No.11, Patehan, Kraton, ini memang pas banget untuk Teman Traveler yang suka jajanan tradisional. Salah satu yang terkenal adalah kue apem. Penjualnya banyak, salah satunya Bu Wanti yang konon sudah berjualan sejak tahun 1970-an. Diteruskan oleh generasi kedua, kue di sini tetap menggunakan resep asli. Tak hanya itu, kue yang terbuat dari tepung beras, gula pasir, kelapa muda, santan, telur dan ragi ini dimasak menggunakan cetakan tradisional serta tungku berbahan bakar arang. Penasaran dengan rasanya, Teman Traveler bisa berkunjung ke sisi tengah di jam 6 sampai 12 siang.

2. Brongkos Bu Rini

Brongkos Bu Rini
Brongkos Bu Rini via instagram/@injogjafood

Selain gudeg, brongkos juga merupakan kuliner jogja yang sayang untuk dilewatkan. Seporsi menu ini terdiri dari kacang tolo, tahu, koyor dan telur yang kuahnya didominasi warna hitam. Sementara bumbu rempahnya berupa bawang merah, bawang putih, sereh, lengkuas, daun salam, jahe dan cabe rawit. Rasaya gurih karena ada tambahan santan.

Nah, untuk mendapatkan menu ini mampirlah ke Warung Bu Rini. Awalnya warung ini buka di Pasar Ngasem. Namun, kini sedikit bergeser di sebelah timur Plaza Ngasem. Tak jauh kok, apalagi demi untuk mendapatkan menu enak yang sudah ada sejak tahun 1973.

3. Bubur Ngademi

Bubur Enak di Pasar Ngasem
Bubur Enak di Pasar Ngasem via instagram/@nurfitriani778

Selanjutnya kuliner di Pasar Ngasem yang bisa dicoba adalah Bubur bu Ngademi. Warung sederhana ini spesial menyajikan genjer dan bobor lezat. Seporsinya berisikan daun kelor, kemangi, pepaya muda serta santa encer berbumbu.

Kuliner Pasar Ngasem
Kuliner Pasar Ngasem (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Rasanya nendang banget. Selain bubur, ada juga nasi rames dan bubur krecek yang bisa dicoba. Semuanya enak dan dapat ditemukan di dalam pasar.

4. Terang Bulan Mbak Rus

Terang Bulan Mbak Rus
Terang Bulan Mbak Rus via instagram/@jogjabikinlaper

Usai kenyang makan berat, cobalah untuk ngemil jajanan pasar di Pasar Ngasem. Salah satunya terang bulan mini buatan Mbak Rus. Jajanan ini bisa dibeli sekitar jam 7 pagi sampai habis. Harga per bijinya Rp1.500. Rasanya perpaduan rasa tawar dan manis yang pas banget di lidah. Teksturnya lembut dan pengen nambah lagi. Nah, untuk rasanya ada dua yaitu cokelat dan coklat kacang. Beli dua-duanya tak akan rugi.

Itulah beberapa kuliner di Pasar Ngasem yang bisa Teman Traveler coba. Incip makanan enak ini bisa dilakukan sebelum jelajah Tamansari. Lumayan bisa jadi bekal sebelum keliling objek wisata satu ini, kan?

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja pasar ngasem Yogyakarta
Share