Bahaya Mengancam, Ini Tips Liburan ke Air Terjun Saat Musim Hujan

Advertisement

Hujan seringkali menjadi momok tersendiri untuk para traveler. Guyurannya yang deras hampir datang setiap hari, bikin liburan menjadi kurang seru. Namun, sebagian orang justru menganggapnya sebagai tantangan. Namun pikir lagi jika air terjun yang jadi tujuanmu. Agar lebih aman, sebaiknya terapkan beberapa tips berikut ini.

1. Segera Menjauh Dari Air Terjun Begitu Hujan Turun

Air Terjun di Musim hujan
Air Terjun di  Musim hujan [image source]
Meski kamu menggunakan jas hujan, bukan berarti kamu akan tetap aman di lokasi air terjun saat hujan mengguyur. Sebaiknya segera menuju ke tempat aman dan jauhi aliran air. Perhatikan tempat-tempat lain yang berbahaya dan berpotensi longsor.

2. Membawa Jas Hujan

Paskai Mantel di Air Terjun
Paskai Mantel di Air Terjun [image source]
Liburan adalah hal yang penting, tapi jangan sampai lupakan keamanan diri sendiri. Bawa peralatan yang lengkap agar tidak basah terkena hujan. Salah satunya adalah jas hujan. Pakaian anti air ini lebih aman daripada payung. Karena kamu bisa berjalan dengan lebih leluasa.

3. Jangan Berenang

Jangan berenang meski aliran air nampak normal dan hujan juga tidak turun. Ada kemungkinan hujan terjadi di daerah hulu sungai sehingga debit sungai akan meningkat dan aliran semakin deras. Jika kamu berenang, maka beresiko hanyut terbawa arus.

4. Hindari Air Terjun dengan Arus yang Deras

Pilih Air Terjun yang tepat
Pilih Air Terjun yang tepat [image source]
Sebelum berangkat, rencanakan liburanmu dengan baik. Selain menyiapkan peralatan dan kendaraan yang tepat, kamu juga harus menentukan air terjun paling aman untuk dikunjungi. Cari tahu dulu informasi seputar lokasi. Bagaimana akses jalannya hingga fasilitas yang disediakan. Termasuk juga jalur evakuasi jika bencana alam terjadi. Catat nomor-nomor penting untuk mencari bantuan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika mengunjungi air terjun di musim hujan.

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia tips
Share