Jelajah Air Terjun di Bantaeng Sulawesi Selatan, Tersembunyi dan Belum Terjamah

Tak hanya Makassar, pesona Sulawesi Selatan juga datang dari kabupaten di sekitarnya. Salah satunya Kabupaten Bantaeng yang keindahan alamnya menakjubkan. Selain pesisir pantai di bagian utara, air terjun di Bantaeng juga tak kalah menawan. Sebagian besar tersembunyi dan belum terjamah banyak wisatawan. Penasaran kan? Berikut rangkuman dari Travelingyuk.com.

1. Air Terjun Matempa

Air Terjun Matempa
Air Terjun Matempa via instagram/@pajokka_santai

Air terjun pertama yang pesonanya mengagumkan adalah Matempa. Letaknya di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bisappu, Bantaeng. Jatuhan air di sini tak terlalu tinggi, tapi sedikit melebar. Di bawahnya, kolam renang yang luas bikin ingin berendam. Namun, teman traveler harus hati-hati ketika ingin berendam di sini. Pasalnya, bebatuan sekitar Air Terjun Matempa banyak diselimuti lumut yang licin. Untuk pecinta fotografi, tempat ini pastinya sempurna. Apalagi saat cuaca cerah.

2. Air Terjun Simoko

Air Terjun Simoko
Air Terjun Simoko via instagram/@bolangowa

Destinasi pertama yang bakal membuat Teman Traveler takjub adalah Air Terjun Simoko. Letaknya di Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobolu yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Bantaeng. Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 20 meter ini tergolong susah untuk dijelajahi. Hal ini karena letaknya yang masih tersembunyi di dalam hutan. Berniat ke sini? Siapkan fisik yang prima, ya. Jika memungkinkan, bawa bekal karena tidak ada penjual di sekitar objek wisata ini.

3. Air Terjun Bissappu

Air Terjun Bissappu
Air Terjun Bissappu via instagram/@noidstedja

Dibandingkan Simoko, Air Terjun Bissappu mudah dijangkau. Hanya butuh waktu 15 menit untuk sampai di objek wisata ini dari pusat kota Bantaeng. Dikelilingi pepohonan hijau, Bissappu memiliki tinggi sekitar 50 meter. Selain akses yang mudah, gazebo untuk bersantai juga tersedia di sini. Tangga menuju air terjun di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bisapu ini juga nyaman dan aman. Pastinya, liburan bakal istimewa saat ke sini.

4. Air Terjun Bialo

Air terjun Bialo
Air terjun Bialo via instagram/@pajokka_santai

Jatuhan air di sini memang tak setinggi air terjun sebelumnya. Namun, keindahannya bakal membuat teman traveler terpesona. Yap, namanya Air Terjun Bialo yang terletak di Desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu. Destinasi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bulukumba ini tidak hanya menawarkan keindahan air, tapi juga pepohonan sekitarnya yang menyegarkan. Sepanjang perjalanan, hamparan sawah hingga perkebunan cokelat, kopi, rambutan, cengkeh, dan durian bakal memanjakan mata.

Itulah empat air terjun di Bantaeng yang bakal memanjakan mata. Meski aksesnya cukup sulit, tapi Teman Traveler bakalan puas liburan ke sini. Jadi, kapan nih jelajah objek wisata alam di Sulawesi Selatan?

Tags
Bantaeng Indonesia Sulawesi Selatan Wisata Wisata Bantaeng
Share