Menghabiskan Waktu Liburan di Makassar, ke Tempat Ini Saja

Tempat wisata di Makassar adalah daya tarik yang tak bisa ditolak. Namun bukan berarti tempat ini hanya dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit. Berbagai macam wisata di Makassar juga dapat ditemukan pada kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini. Dari wisata alam, belanja, hingga kuliner semua patut dicoba.

1. Taman Laut Takabonerate

Sunset di Takabonerate via instagram/@andhika_aji

Takabonerate merupakan sisa-sisa gunung berapi yang meletus dan terendam di kedalaman sekitar 2.000 meter. Dari sisa-sisa letusan ini tumbuh berbagai macam terumbu karang dan menjadi habitat untuk berbagai macam biota laut. Memiliki luas atol sebesar 220.000 hektar, taman laut di perairan ini terbentang hampir sejauh 500 kilometer persegi.

Pemandangan taman laut Takabonerate via instagram/@hartonoyosua

2. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung juga menjadi habitat untuk ratusan spesies kupu-kupu, via instagram/@kumbangkoksi

Setelah melihat keindahan laut di Takabonerate, kamu harus mencoba datang ke Taman Nasional Bantimurung. Memiliki luas lahan 43.750 hektar, Bantimurung adalah rumah bagi sepesies kupu-kupu yang cantik. Setidaknya terdapat 100 spesies kupu-kupu di tempat ini dan 20 di antaranya adalah jenis yang dilindungi oleh pemerintah. Namun tak hanya kupu-kupu yang dapat kamu temukan di tempat ini. Taman Nasional Bantimurung juga memiliki air terjun yang cukup tersohor.

Air terjun Bantimurung via instagram/@ihsan_0710

3. Mengenal Sejarah di Fort Rotterdam

Peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo via instagram/@konosuke.f

Benteng yang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo ini sempat dikuasai oleh Belanda setelah adanya perjanjian Bungaya. Setelah kejadian tersebut, barulah nama Fort Rotterdam diaplikasikan. Saat berada di genggaman Belanda tempat ini menjadi benteng sekaligus tempat penimbunan rempah-rempah.

Sempat berfungsi sebagai tempat penyimpan rempah saat kekuasaan Belanda, via instagram/@alfie_sahri

4. Belanja Oleh-oleh di Somba Opu

Jalan Somba Opu via instagram/@ujung815

Kurang lengkap rasanya jika traveling tanpa membawa buah tangan. Di Makassar kamu dapat menemukan sebuah wilayah yang merupakan pusat untuk membeli oleh-oleh, Jalan Somba Opu namanya. Di sini kamu dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh mulai dari kerajinan tangan, songko’ bone, sutra bugis, hingga makanan seperti kacang disko dan kopi toraja.

Songko’ Bone oleh-oleh tradisional Makassar via instagram/@bakhtiar.as

5. Kuliner Lokal Jangan Sampai Terlewat

Pallubasa, berisi daging dan kuah rempah via instagram/@tjientjien_76

Datang ke Makassar tanpa merasakan kulinernya rasanya seperti umroh tapi tak mencicipi ayam krispi Al Baik. Banyak kuliner di sini yang harus kamu coba. Seperti Pallubasa, makanan berbahan dasar daging dan jeroan yang disajikan dengan kuah berisi racikan rempah ini harus kamu coba. Juga kudapan bernama Pallu Butung yang berbahan baku pisang.

Palu Butung yang menyerupai es pisang ijo via instagram/@citrahendrawijaya

Memang menghabiskan waktu di tempat wisata di Makassar tak cukup satu hari. Berbagai kearifan lokal mulai dari alam hingga kulinernya patut kamu coba. Begitu pun dengan potensi wisata di kabupaten sekitar yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Tags
Indonesia Makassar Sulawesi Selatan tempat wisata di makassar Wisata
Share