5 Air Terjun Bertingkat di Indonesia, Suka yang Mana ?

Teman Traveler penjelajah wisata alam Indonesia tentu tidak asing lagi dengan beragam curug di Indonesia beserta keunikan masing-masing. Nah, buat yang pengin jelajah destinasi menyegarkan ini, cobalah traveling ke air terjun bertingkat yang tersebar di penjuru Nusantara. Wah, di mana saja ya itu? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Curup Buluh di Sumatera Selatan

Air terjun bertingkat
Curup Buluh via instagram/
adhyt34

Air terjun bertingkat pertama adalah Curup Buluh yang berlokasi di Kabupaten Lahat. Wisata air Sumatera Selatan ini sangat disukai wisatawan karena berbentuk undakan. Bahkan, tidak hanya satu, tapi ada tujuh undakan yang tentu membuat para pengunjung berdecak kagum. Ditambah lagi dengan pancurannya yang deras, serasa menyuruh wisatawan untuk menikmati aliran air di bawahnya.

Riam Kuweg di Kalimantan Barat

Air terjun bertingkat
Riam Kuweg via instagram/
jedyalfanzo

Keindahan air terjun bertingkat bisa teman traveler temukan di Riam Kuweg Kecamatan Sekuas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Di sini kalian akan disuguhkan dengan keindahan air yang mengalir di batu-batu bertingkat. Kalian juga bisa kok naik ke atas batu guna mengambil foto. Tapi, ada baiknya untuk tetap hati-hati, karena sangat licin dan aliran air terjunnya agak deras.

Air Terjun Kedung Kandang, Jogja

Air Terjun Kedung Kandang via instagram/
zezetarigas

Air terjun kedung kandang, merupakan salah wisata unik yang tersembunyi di Gunungkidul. Alasannya karena wisata alam ini mempunyai enam tingkatan. Kemudian berada di persawahan penduduk menjadikan pemandangan Air Terjun Kedung Kandang sangat alami, sejuk dan tentunya terlihat hijau.

Tebing-tebing batu vulkanik dan hamparan padi adalah ciri khas kawasan Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun didominasi dengan batuan vulkanik khas Gunung Api Purba, Nglanggeran, karena memang letaknya tidak terlalu jauh dari wisata Jogja tersebut.

Air Terjun Kato Lampo, Bali

Air Terjun Kato Lampo via instagram/
gracenichollstravel

Kato Lampo didominasi bebatuan hitam bertingkat yang dialiri air terjun yang sangat jernih. Masyarakat sekitar menyakralkan beberapa sudut tertentu di wisata Bali ini.

Air Terjun Kanto Lampo disebut unik karena berada di dataran rendah sehingga suhu air terbilang normal dan tidak akan membuat Teman Traveler kedinginan. Tempat wisata yang berada di Desa Beng yang berjarak 3 kilometer dari kota Gianyar ini membanderol tiket masuk Rp5 ribuan per orang.

Air Terjun Saluopa, Sulawesi Tengah

Air Terjun Saluopa via Instagram @dandipacul
Air Terjun Saluopa via Instagram @dandipacul

Air Terjun Saluopa memiliki 12 tingkat bebatuan alami yang berakhir di sungai kecil Desa Leboni. Wisata air ini terletak di sebelah barat kota Tentena tepatnya Tonusu, Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Saluopa, pengunjung harus menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Poso. Sedangkan untuk tiket masuknya, wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp5 ribuan.

Itulah kumpulan air terjun bertingkat yang ada di Indonesia. Semuanya sama-sama indah dengan jumlah tingkatan berbeda-beda. Jadi, apa Teman Traveler pernah ke salah satu air terjun di atas?

Tags
Air Terjun bertingkat Air Terjun Indonesia Indonesia Wisata
Share