5 Kampung Adat Terbaik di Indonesia, Jadi Magnet Turis Lokal dan Internasional

Indonesia terkenal karena potensi budaya dan etniknya yang memesona. Berbagai macam kompetisi diadakan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Salah satunya adalah Ajang Pesona Indonesia (API) yang mengumpulkan berbagai macam kampung adat terbaik dari pelosok Nusantara. Berikut 5 di antaranya.

1. Desa Metun Sajau, Kab. Bulungan, Kalimantan Utara

Image may contain: 4 people
Atraksi Suku Dayak via Instagram/suprayednorukaya

Desa yang satu ini berlokasi di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kalimantan Utara. Namanya mulai bergaung di kancah nasional setelah menjadi salah satu nominasi penghargaan API.

Daya tarik desa ini adalah atraksi tarian tradisional dan pameran kebudayaan khas Dayak yang rutin ditampilkan tiap minggu. Selain itu di sini juga dihadirkan aneka permainan tradisional, seperti gasing dan sumpit.

2. Desa Adat Bayan, Lombok

Image may contain: one or more people, people standing and outdoor
Warga di Desa Adat Bayan via Instagram/yunan_plur1983

Salah satu kampung adat terbaik ini berlokasi di kaki Gunung Rinjani, Lombok. Ciri khas desa ini adalah bangunannya yang keseluruhan masih berbahan dasar anyaman kayu, bambu, dan daun. Di sini pun terdapat Masjid Bayan yang didirikan pada abad ke-16, membuatnya jadi tempat ibadah tertua di Lombok.

3. Desa Torosiaje, Pohuwatu, Gorontalo

No photo description available.
Suasana Desa Torosiaje via Instagram/biztrock

Destinasi kampung adat yang satu ini memiliki banyak kekhasan. Desa Torosiaje berlokasi di kawasan Teluk Tomini, Provinsi Gorontalo dan dihuni oleh orang-orang bersuku Bajo. Karena lokasinya yang berada di atas lautan, maka transportasi utama desa ini adalah perahu kecil atau sampan. Selain itu, jejeran rumah panggung yang estetik semakin mempercantik Kampung Adat Torosiaje.

4. Desa Praiyawang , Kab. Sumba Timur

Image may contain: 3 people
Desa Praiyawang via Instagram/didietmaulana

Desa yang berada di daerah Sumba ini memiliki ragam pesonanya yang tak kalah memukau. Di Desa Praiyawang terdapat 9 rumah induk yang melambangkan 9 keturunan bangsawan dalam suku tersebut. Selain itu di sini ada juga tempat khusus bernama ‘Uma Kopi’ yang diperuntukkan bagi para tetua dan masyarakat adat untuk minum kopi sambil bercengkrama.

Kampung ini juga memiliki tradisi unik dalam memakamkan jenazah. Sebelumnya, mereka akan mensemayamkan jenazah ke sebuah aula besar. Setelah didoakan dan didekatkan dengan aneka benda pusaka desa, barulah jenazah dimakamkan.

5. Bung Kapuak, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

Image may contain: 9 people, people standing, outdoor and nature
Suku Dayak via Instagram/eeggi_prtm

Kawasan ini merupakan daerah perkampungan tua Dayak Bidayuh yang berlokasi di Jagoibabang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Setiap tahunnya, masyarakat Suku Dayak Bidayu menggelar beraneka ritual adat bersama, salah satunya adalah Gawia Sowa. Upacara ini merupakan bentuk permohonan dan rasa syukur kepada leluhur atas limpahan rejeki yang diberikan.

Itulah tadi deretan kampung adat terbaik di Indonesia. Dari sini kita bisa mengetahui betapa kayanya budaya Nusantara beserta desa adatnya yang masih menjunjung tinggi nilai etnik. Tertarik buat mengunjungi kampung adat tersebut?

Tags
desa adat Indonesia Kampung Adat kampung adat terbaik Wisata
Share