Modal 500 Ribu Bisa Panen Berlian Berkarat-karat, di Sini Tempatnya!

Untuk mendapatkan berlian, sudah tentu semua orang harus bekerja lembur bagai kuda terlebih dulu. Namun, beda halnya kalau Teman Traveler datang ke tempat satu ini. Di tempat ini, hanya dengan merogoh kocek sekitar 500 ribu, kalian sudah bisa panen berlian berkarat-karat. Penasaran di mana? Yuk deh kita panen bareng-bareng. 

Lokasi Wisata Berburu Berlian 

500 ribu panen berlian
Bagian depan tempat wisata via instagram/lan3louis

Tempat untuk berburu berlian ini terletak di Arkansas, Amerika Serikat. Namanya adalah Crater of Diamonds State Park. Tempat ini awalnya milik perusahaan Arkansas Diamond Company and Ozark Diamonds Mine Corporation. Itu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penambangan berlian yang sudah bergerak sejak tahun 1900-an. 

Seiring berjalannya waktu, kabarnya pemerintah AS mengambil alih tambang tersebut. Hasil tambangnya diproduksi untuk kebutuhan biaya negara. Namun sayang, untuk menggali berlian juga dibutuhkan biaya besar dan kala itu AS sendiri sedang dalam masa Perang Dunia. Jadilah wilayah tambangnya tidak terurus lagi. 

Menjadi Tempat Wisata Populer di Arkansas 

500 ribu panen berlian
Pengunjung sedang mencari berlian via instagram/hotsprings_diamondlakes

Setelah lama terbengkalai, akhirnya sertifikat tambang dipegang oleh Howard A Millar. Melihat lahan tak terpakai lama, ia bersama sang istri membuka area tersebut untuk tempat wisata yang juga diawasi oleh pemerintah setempat. Nah, bagi siapa saja yang ingin mencari berlian di sini, diwajibkan membayar tiket terlebih dulu sebesar 36 dollar Amerika Serikat atau setara dengan 519.000 apabila dirupiahkan. 

Bermacam-macam Berlian Ada di Sini 

Salah satu berlian yang ditemukan via instagram/arkansasstateparks

Di tempat seluas 37,5 hektar ini, ada beragam jenis berlian yang tersebar secara acak. Ada berlian coklat, kuning dan juga putih. Untuk karatnya sendiri bermacam-macam, Teman Traveler. Ada 4, 5, 8 dan bahkan 40,23 karat berjuluk Uncle Sam yang pernah ditemukan oleh seseorang pada tahun 1924 silam. 

Pengalaman Pengunjung Mendapatkan Berlian 

Salah satu pengunjung yang dapat berlian via instagram/fox4kc

Setelah berkunjung ke area ini, ada banyak wisatawan yang menceritakan pengalamannya. Seperti Michael Detlaff, seorang bocah berusia 12 tahun asal North Carolina, berhasil membawa pulang berlian 5,16 karat. Kalau berlian milik bocah tersebut dipotong dan dipoles, maka dapat mencapai harga antara USD 12-15 ribu atau setara Rp156 sampai Rp195 juta. 

Itu tadi adalah Crater of Diamonds State Park yang merupakan tempat wisata favorit di Arkansas. Ya bagaimana tidak, hanya dengan 500 ribu, para pengunjung sudah bisa panen berlian sepuasnya. Jadi, apakah kalian ingin mencoba untuk berburu berlian di tempat tersebut? 

Tags
50 ribu panen berlian Amerika Serikat Arkansas Crater of Diamonds Luar negeri Wisata
Share