Masjid Raya Bandung, Bisa Nikmati Paris van Java dari Ketinggian

Advertisement

Masjid Raya Bandung adalah landmark yang sudah terkenal di seantero kota. Dengan luas mencapai 23.448 meter persegi, komplek tempat ibadah ini perlahan telah menjelma jadi tempat wisata. Para warga lokal maupun pelancong kerap mampir ke sini untuk habiskan pekan.

tyimg_9277_NOV.JPG
Masjid Raya Bandung (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Lantas apa saja hal menarik yang bisa Teman Traveler temukan di masjid yang beralamat di Jl. Dalem Kaum no.14, Balonggede, Kec. Regol ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Lapangan Rumput Sintetis Cantik

tyimg_9287_NOP.JPG
Halaman Masjid Raya (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Salah satu daya tarik Masjid Raya Bandung adalah keberadaan hamparan rumput sintetis nyaman dan kids-friendly. Jika ingin bermain-main di sini, Teman Traveler wajib melepas alas kaki ya.

tyimg_9283_qLI.JPG
Area bermain khusus anak (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Warga Bandung kerap memanfaatkan kawasan ini untuk duduk santai sambil nikmati pemandangan. Tidak hanya itu, tersedia juga area bermain khusus anak-anak di dekat sini.

Uniknya lagi, area rumput sintetis ini juga memiliki taman berbentuk blok-blok. Sangat menarik ketika dilihat dari udara.

Naik Menara Masjid

tyimg_9342_nva.JPG
Melihat pemandangan kota dari ketinggian (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Setelah melihat-lihat halaman masjid, Teman Traveler bisa coba melihat pemandangan Bandung dari menara setinggi 81 meter. Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk Rp10.000, sementara anak-anak hanya perlu membayar Rp5.000.

Dari atas Teman Traveler bisa melihat indahnya panorama Bandung 360 derajat penuh. Kalian juga bakal disuguhi beberapa kepingan sejarah dan miniatur Masjid Raya Bandung, lengkap dengan sejarah perombakannya.

Mengagumi Panorama dari Ketinggian

tyimg_9350_R3g.JPG
Kubah paling besar tampak dari menara (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Masjid terbesar Bandung ini memang beberapa kali mengalami perombakan. Pada 1812, masjid ini masih terbuat dari kayu dan bambu sebelum berubah jadi megah seperti sekarang.

Oh ya, untuk masuk menara ini Teman Traveler juga wajib melepas alas kaki. Tak usah khawatir, sudah tempat penitipan khusus kok.

tyimg_9346_RK2.JPG
img_e9347_ExE.JPG

Menjelajah menara lebih jauh, Teman Traveler bakal melihat tiga kubah keren. Dulu ketiga kubah ini memiliki warna yang sama. Sekarang kubah paling besar berwarna putih, sedangkan dua lainnya berwarna emas.

Area Sholat Luas

tyimg_9368_3m8.JPG
Pintu masuk area sholat (c) Lina Auliani/Travelingyuk
tyimg_9365_KPv.JPG
Bagian dalam area sholat (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Selain menara, Teman Traveler juga bisa melihat ke dalam area sholat masjid. Tempatnya cukup luas, bisa menampung tak kurang dari 13.000 jemaah, Interiornya cukup megah, dengan pencahayaan lumayan terang. Kawasan sekitar masjid sendiri sepertinya jarang sepi pengunjung, selalu dipadati mereka yang sekedar ingin bermain, beribadah, maupun menghadiri dakwah.

Keseruan di Sekitar Masjid

tyimg_9285_XWR.JPG
Spot foto favorit (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Selain luas, hamparan rumput sintetis di depan masjid juga sangat  Instagenic. Banyak pengunjung kerap berfoto di sini, dengan latar belakang tulisan Bandung.

Menjelajah area basement, Teman Traveler akan temukan area khusus pedagang kaki lima. Namun jika belum puas, kalian bisa mampir ke sejumlah pedagang cuanki di sekitaran alun-alun.

Teman Traveler juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar. Tak perlu bingung mencari tempat duduk, pengelola sudah menyediakan di setiap sudut.

Sayangnya banyak pengunjung seperti kurang sadar akan kebersihan. Ketika saya berkunjung, ada banyak sampah berserakan. Padahal di beberapa sudut taman sudah tersedia tempat sampah. Teman Traveler harus ikut menjaga kebersihan ya ketika mampir ke sini.

Itulah sedikit ulasan mengenai asyiknya jalan-jalan di sekitar Masjid Raya Bandung. Bagaimana, adakah di antara Teman Traveler yang sudah merencanakan liburan ke Bandung dan hendak mampir ke sini?

Advertisement
Tags
Bandung kontributor Travelingyuk wisata bandung
Share