Wot Batu Bandung, Sensasi Perjalanan Spiritual Berbalut Seni Indah

Wot Batu merupakan bagian dari komplek Selasar Sunaryo Art Space. Alamat tepatnya ada di Jalan Bukit Tumur no 98, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Sunaryo, pemilik tempat ini, termasuk salah satu seniman terbaik Indonesia. Berasal dari Banyuman, ia memilih Bandung sebagai tempat menetap dan berkarya.

Karya Seni Perlambang Kehidupan

Salah satu sudut Wot Batu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Wot Batu bisa diartikan sebagai jembatan batu atau perlambang jembatan spiritual manusia. Setiap batu di sini memiliki makna kehidupan mendalam. Beberapa sengaja disusun tak beraturan, melambangkan petualangan spiritual yang pasti dialami tiap manusia.

Adam dan Hawa

Tiap batu memiliki makna mendalam (c) Helga Christina/Travelingyuk

Ada juga batu tinggi yang melambangkan Alif, huruf hijaiyah pertama yang melambangkan karakter laki-laki. Di sebelahnya, terdapat batu lain yang melambangkan karakter perempuan. Kedua batu ini masing-masing disebut ‘batu abah’ dan ‘batu ambu’, dihadirkan sebagai simbol Adam dan Hawa, manusia pertama yang jadi generasi awal.

Batas Pemisah Kehidupan

Berbaring di Wot Batu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melihat Batu Lawang atau Batu Pintu, melambangkan batas pemisah antara kehidupan saat ini dan kehidupan di masa mendatang. Salah satu keunikan Wot Batu adalah di dalamnya kalian bisa menemukan semua elemen kehidupan, yakni angin, air, bumi, kayu, logam, dan api.

Alam Setelah Kematian

Batu air (c) Helga Christina/Travelingyuk

Berikutnya Teman Traveler bisa mengunjungi Batu Air, bagian yang merepresentasikan kehidupan setelah kematian. Kolam dan panorama alam di sekitar sini tampak seolah tanpa batas. Hal ini melambangkan bahwa alam yang akan kita datangi usai meninggal nanti sangat luas.

Batu Air dirancang untuk mengingatkan kita agar terus mawas diri, mempersiapkan diri terhadap apa yang akan terjadi. Sebab kita takkan tahu kemungkinan yang bisa terwujud di masa akan datang.

Batu Ruang

Salah satu sudut Wot Batu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Wot Batu juga memiliki sebuah ruang audiovisual di bawah tanah yang dinamakan Batu Ruang. Di sini Teman Traveler akan diajak menyaksikan video berdurasi lima menit karya Sunaryo, yang menceritakan konsep terciptanya alam semesta.

Tarif Terjangkau

Menikmati panorama sekitar (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler hanya perlu membayar Rp50.000 untuk bisa masuk ke kawasan Wot Batu. Tarif tersebut sudah termasuk minuman selamat datang alias welcome drink. Tempat ini siap menyambut pengunjung antara pukul 10.00 hingga 17.00 setiap harinya.

Dilarang Bawa Kamera

Namun sebelum menyambangi tempat wisata di Bandung ini, ada beberapa hal yang perlu Teman Traveler perhatikan. Pertama, kalian tak diperbolehkan membawa makanan atau minuman. Kedua, tak diperkenankan menggunakan kamera digital, kecuali smartphone. Berikutnya, alas kaki wajib dibuka ketika menginjak rumput. Terakhir, jangan sembarangan menduduki batu.

Itulah sekilas ulasan mengenai Wot Batu, wisata seni instalasi bernuansa spiritual di Bandung. Jika Teman Traveler tengah mencari destinasi yang beda di Paris van Java, tempat ini bisa jadi pilihan.

Tags
Bandung Indonesia kontributor Travelingyuk wisata bandung
Share