5 Wisata Wajib Kunjung di Semarang, Semua Indah Semua Murah

Semarang punya banyak hal menarik di dalamnya. Salah satunya menawarkan berbagai macam wisata yang bisa kalian kunjungi mulai dari wisata sejarah, kuliner, religi, alam dan masih banyak lagi. Bagi Teman Traveler ada 5 rekomendasi tempat wisata yang wajib kunjung jika berlibur ke Semarang. Penasaran? Yuk simak informasi lengkapnya.  

1. Kota Lama

wisata wajib kunjung semarang
Kota Lama Semarang (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Pernahkah kamu mendengar Little Netherland atau Oustadt? Jika belum, itu adalah julukan tersebut adalah untuk Kota Lama Semarang. Dengan ciri bangunan berasitektur Belanda di dalamnya. Kota Lama sudah ada sekitar abad 18 dan ketika itu tempat ini masih menjadi pusat pemerintah Hindia Belanda. 

Banyak hal yang dapat kalian lakukan di tempat ini. Seperti berjalan menikmati keindahan arsitektur, berfoto-foto dengan latar bangunan serta mencicipi kuliner di kafe sekitar Kota Lama. Untuk kalian yang ingin ke sini, bisa datang ke Jalan Bandaharjo, Kecamatan Semarang Utara.

2. Dusun Semilir

wisata wajib kunjung semarang
Dusun Semilir (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Dusun Semillir menawarkan tempat wisata yang sangat indah karena ada perpaduan modern dan art pada bangunannya. Tempat ini terbagi menjadi beberapa area seperti warisan Indonesia, kuliner dan juga oleh–oleh. Di area warisan Indonesia kalian bisa melihat kekayaan budaya serta barang – barang yang unik.

wisata wajib kunjung semarang
Bagian dalam toko oleh-oleh (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Selanjutnya, di area kuliner terdapat banyak resto yang bisa kalian pilih. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki pemandangan yang sangat apik. Lalu, di bagian oleh-oleh, tentu saja kalian bisa membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Menariknya, tempat oleh-oleh ini sangat instagenic.

Untuk masuk ketempat ini kalian cukup membayar Rp5.000. Dengan sistem pembayaran menggunakan kartu yang bisa didapatkan di kasir. Minimal top up adalah Rp 50.000 dengan jam operasional 09.00 – 21.30 yang buka setiap harinya. Untuk alamatnya berada di Jalan Soekarno Hatta, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.  

3. Eling Bening

wisata wajib kunjung semarang
Gardu pandang Eling Bening (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Ingin menikmati pemandangan deretan Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo serta keindahan dari Rawa Pening? Kalian bisa datang ke wisata bernama Eling Bening. Bangunan yang estetik dengan pemandangan indah di sekitar membuat siapa saja betah berlama – lama di tempat ini.

img_9977_0YT.JPG
Kolam renang di Eling Bening (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Eling Bening memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari playground, tempat outbound, meeting room, panggung dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga kolam renang ala skypool. Nah, yang paling dicari adalah spot fotonya yakni perahu naga, ayunan, taman bunga, gardu pandang, rumah hanoi dan masih banyak lagi.  

Untuk masuk ke sini, kalian cukup membayar sebesar Rp20.000. Lalu jam operasionalnya buka dari jam 08.00 – 18.00 untuk weekday dan 07.30 – 18.30 untuk akhir pekan atau liburan. Lalu alamatnya berada di Jalan Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Semarang, Jawa Tengah.

4. Umbul Sidomukti

img_0015_TmO.JPG
Outbound di Umbul Sidomukti (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Umbul Sidomukti adalah salah satu wisata alam pegunungan yang ada di Semarang dan berada di bawah Gunung Ungaran. Tempat ini sering dipergunakan untuk acara seperti gathering, foto prewedding hingga resepsi pernikahan.

Selain itu, bagi kalian yang suka menantang adrenalin bisa mencoba Marine Bridge yang merupakan jembatan jaring dengan panjang 50 meter serta berada di ketinggian 30 meter. Lalu ada juga flying fox yang meluncur melintasi lembah sedalam 70 meter menggunakan tali sepanjang 110 meter.

img_0025_uZq.JPG
Kolam renang (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Nah, yang menjadi pemeran utamanya adalah kolam renang yang terdiri dari dua jenis. Untuk anak-anak sedalam 30 cm dan orang dewasa dengan kedalaman 1,5 meter . Tertarik untuk datang ke sini? Langsung saja meluncur ke Desa Sidomukti, Jimbaran, kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Biaya tiketnya adalah Rp15.000 dengan jam operasional 09.00 – 16.30 di hari biasa dan 08.00 – 16.30 pada akhir pekan.

5. Candi Gedong Songo

img_0186_Vlr.JPG
Bagian depan candi (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Candi Gedong Songo merupakan warisan budaya yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Candi Hindu ini dibangun sekitar abad 7 sampai 9 Masehi. Nah, di sini candi terletak agak di atas, sehingga untuk melihatnya, kalian butuh perjuangan terlebih dulu. Boleh berjalan atau menyewa kuda. Namun, perjuangan kalian tidak akan sia-sia, lantaran ada pemandangan indah di sekitar.

img_0211_JmL.JPG
Candi Gedong Songo (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Kalau kalian tertarik, bisa membayar tiket sebesar Rp. 10.000. Candi ini buka dari pukul 06.30 – 18.00 setiap harinya. Untuk lokasi candi berada di Jalan Krajan, Candi, Kecamatan Bandungan.  

Itulah wisata yang wajib kunjung kalau sedang berlibur di Semarang. Semuanya indah dan harga tiketnya pun cukup terjangkau. Jadi, kalian tidak rugi ketika berjalan-jalan ke sini.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor semarang Wisata wisata wajib kunjung semarang
Share