Wisata Sepeda dan Kulineran Murah Pantai Sanur Bali

Jalan-jalan di Bali dengan budget minim? ini bisa jadi pilihan Teman Traveler Wisata sepeda di Bali dan kulineran murah di Pantai Sanur. Tidak hanya menyegarkan mata karena mendapat vitamin sea, tapi sekaligus juga menyegarkan raga dengan sedikit berolahraga.

Bersepeda Keliling Sanur

img_20191006_wa0031_QeJ.jpg
Sepeda-sepeda yang disewakan (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Saat Teman Traveler datang ke Sanur, di pintu masuk akan mendapati tempat penyewaan sepeda. Tarif yang dibanderol pun cukup murah, Rp 10.000,- per 2 jam nya. Sebaiknya datang agak pagi agar matahari belum terlalu terik lalu masih bisa memilih sepeda mana yang dinginkan. 

Jika datang dengan motor atau mobil, pemilik sepeda akan langsung memberikan kartu berupa nomor, berfungsi untuk mencatat jam berapa mulai menyewa. Tetapi jika tidak dengan menggunakan kendaraan, maka pemilik sepeda akan meminta KTP sebagai jaminan.

Menikmati Pemandangan Pantai Sanur

img_20191006_wa0015_eOA.jpg
Pemandangan ketika bersepeda di Sanur (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Setelah mendapatkan sepeda, bisa memulai bekeliling menuju ke arah pantai atau jalan raya terlebih dahulu. Melewati jalan By Pass Ngurah Rai hingga di Perempatan McD Sanur, kemudian belok ke kiri menuju jalan Danau Tamblingan. 

Di sepanjang jalan Danau Tamblingan ini, yang terlihat adalah resto-resto, money changer, serta toko-toko menjual baju maupun pernak-pernik khas Bali. Jalan ini tidak terlalu besar, sehingga Teman Traveler harus berhati-hati dengan kendaraan bermotor lainnya. 

Setelah mengikuti jalan Danau Tamblingan, tibalah di pantai Mertasari yang biasanya ramai di akhir pekan. Dari pantai Mertasari hingga ke Pantai Sanur ada jalur pesepeda dan pejalan kaki. Dan tentu saja, tidak ada kendaraan bermotor yang melewati jalur ini. 

img_20191006_wa0006_zUr.jpg
Pemandangan hotel yang dilalui jalur sepeda di Sanur (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Jalur pesepeda dan pejalan kaki ini berada diantara hotel yang ada di sebelah kiri dan pemandangan laut yang ada di sebelah kanan. Tidak ada sekat antara hotel dan jalur ini.

img_20191006_wa0013_rBw.jpg
Sunbed di pinggir pantai Sanur (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Hotel-hotel tersebut menyediakan sunbed di pinggir pantai sehingga banyak ditemui para turis yang sedang berjemur atau menikmati massage dari para pemijat tradisional Bali. Sedangkan di depannya terhampar pemandangan laut menyatu dengan birunya langit. 

Kuliner Murah di Pantai Sanur

img_20191006_wa0018_QHU.jpg
Lumpia Sanur (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Setelah lelah menyusuri pinggir pantai melewati sisi belakang hotel-hotel di Sanur, saatnya untuk berhenti sejenak. Beristirahat sambil menikmati kuliner khas ala Bali yang murah meriah. Teman Traveler bisa duduk di bawah pohon di kursi kayu panjang yang sudah disediakan. Di sekitar sana akan mendapati beberapa penjual jajanan yang patut dicoba.  

Lumpia 

Teman Traveler harus mencoba jajanan yang satu ini. Biasanya akan disajikan dengan ‘pincukan’ dari kertas bungkus nasi. Tidak hanya lumpia, tapi juga menjual tempe dan bakwan yang biasa disebut dengan ote-ote. Teman Traveler bisa memilih apakah hanya berisi lumpia saja atau campur.

Setelah itu lumpia tersebut akan dipotong-potong dan di atasnya disiram dengan semacam saos coklat rasanya agak manis dan kental. Juga potongan cabe jika anda suka pedas, jajanan lumpia ini dijual dengan harga Rp 5.000,- per pincuk.

Jaje Bali

img_20191006_wa0020_rpe.jpg
Klepon dan Ketan Hitam di Sanur (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Jaje Bali atau jajanan pasar juga bisa dijumpai di sana. Bisa mencoba klepon atau ketan hitam yang ditaburi dengan kelapa muda dan gula merah di atasnya. Warna klepon ini memang hijau seperti klepon pada umunya, namun bentuknya cenderung bulat pipih dan tidak dibalut dengan parutan kelapa muda. Jaje Bali ini juga dihargai Rp 5.000,- per porsi

Sate Babi

img_20191006_wa0022_jcD.jpg
Sate Babi (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Sate yang banyak dijual di Bali ini, dibakar dengan bumbu yang cenderung manis. Setelah dibakar tidak lagi disiram dengan bumbu lain, hanya diberi tambahan sambal dan garam sebagai ciri khasnya. Teman Traveler juga bisa memesan lontong atau tipat biar lebih kenyang. Sate babi ini dihargai Rp 15.000,- per porsi. 

Untuk minumannya, bisa membeli air mineral maupun minuman berasa lainnya dengan kisaran harga Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-. Dan untuk yang ingin mencoba kelapa muda utuh, bisa mencobanya di resto maupun cafe-cafe sepanjang pantai dengan harga mulai Rp 25.000,-.

atikel4_BVK.jpg
Resto pinggir pantai Sanur (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Nuansa Bali di Pantai Sanur

img_20191006_wa0027_m7n.jpg
Pintu masuk Pura Tanjung Sari (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Kenyang dengan mencoba beberapa kuliner murah di Pantai Sanur, saatnya melanjutkan perjalanan kembali. Teman Traveler akan melewati Pura Tanjung Sari, dengan pepohonan rindang yang mengelilingi. Aroma dupa wangi juga akan tercium saat melewati pura ini.

img_20191006_wa0032_4i5.jpg
Suasana pasar kecil di Sanur (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Selanjutnya jalur sepeda ini akan melewati dermaga Sanur, dermaga untuk kapal-kapal cepat menuju ke Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Jalur pesepeda dan pejalan kaki ini akan berakhir di semacam pasar kecil yang menjual aneka baju, tas dan kerajinan Bali.

Itu artinya kita sudah sampai lagi di tempat penyewaan sepeda dan telah menempuh kurang lebih 7 kilometer. Sangat seru bukan? Wisata Sepeda di Bali dan kulineran murah di sekitar Pantai Sanur. Untuk yang mau ke Bali jangan lupa berwisata dengan sepeda ya.

Tags
Bali Indonesia kontributor Travelingyuk Wisata wisata bali
Share