Tempat Wisata Sekitaran Keraton Jogja, Cukup Jalan Kaki Loh!

Keraton Jogja menjadi satu destinasi yang masih difavoritkan hingga saat ini. Tak hanya wisatawan lokal, turis asing pun jatuh cinta dengan budaya yang masih dipertahankan di Kota Gudeg ini. Nah, saat liburan ke wisata jogja ini, mampir pula tempat wisata lain di sekitarnya. Tak jauh dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Apa saja tempat wisata sekitaran keraton Jogja ini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Marifahtul Jannah.

1. Gedung Tua Bank Indonesia

Gedung Tua Bank Indonesia via Instagram/malioboro_insta

Tempat wisata sekitaran Keraton pertama yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Gedung Tua Bank Indonesia yang memiliki arsitektur bangunan khas Eropa. Dulunya, gedung ini merupakan kantor cabang De Javasche Bank Djogjakarta. Meski sudah lama berdiri, gaya bangunan ini tetap memesona. Apalagi ketika senja hari. Sorotan lampu warna kuning di sepanjang depan gedung membuatnya tetap menarik. Setiap sudutnya sangat sempurna untuk dijadikan spot berfoto.

2. Monumen Serangan Umum 1 Maret

Monumen Serangan Umum 1 Maret via Instagram.com/sefiiin

Di seberang Gedung Tua Bank Indonesia, ada monumen yang tak kalah mencuri perhatian. Namanya Monumen Serangan Umum 1 Maret yang dibangun guna memperingati serangan tentara Indonesia terhadap Belanda tepat pada tanggal 1 Maret 1949. Serangan besar-besaran yang dilakukan tersebut dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto. Usaha itu pun berhasil mematahkan propaganda yang dilakukan oleh Belanda. Selain menikmati berdirinya patung pahlawan, di sekitar sini Teman Traveler juga bisa melihat pertunjukan pengamen jalanan.

3. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg (c)Marifahtul Jannah/Travelingyuk
Benteng Vredeburg (c) Marifahtul Jannah/Travelingyuk

Benteng terletak tak jauh dari monumen. Dulunya, tempat wisata bersejarah ini sebuah benteng bangunan Belanda. Di dalamnya, terdapat patung para pahlawan yang tertata rapi. Sementara itu, ada museum yang berisikan informasi yang masih berkaitan dengan sejarah Indonesia. Tak hanya liburan, saat sampai di sini Teman Traveler juga bisa sekalian belajar mengenai sejarah. Menarik bukan?

4. Malioboro

malioboro
Malioboro (c) Marifahtul Jannah/Travelingyuk

Untuk jalan yang satu ini pasti sudah familiar banget. Malioboro merupakan salah satu jalan tersibuk di Jogja. Di sini juga menjadi pusatnya toko yang menjual aneka oleh-oleh khas Jogja. Tak hanya itu, hiburan dari pengamen jalanan tak kalah mencuri perhatian. Tak perlu khawatir lelah, ada banyak kursi yang bisa jadi tempat istirahat selama jalan-jalan di sini. Semakin malam semakin ramai. Tempatnya aman dan pastinya bikin tenang.

Nah, itulah tempat wisata sekitaran Keraton Jogja yang sayang banget untuk dilewatkan. Bagaimana dengan Teman Traveler, sudah ke mana saja nih?

Tags
Indonesia Jogja wisata jogja Yogyakarta
Share