4 Objek Wisata yang Ramai Dikunjungi Sebelum Ramadan

Ramadan sudah di depan mata, nih. Tepatnya, di akhir bulan Mei ini seluruh umat muslim mulai beribadah puasa. Untuk menyambut bulan suci ini, banyak tempat-tempat religi dan wisata ramai dikunjungi. Coba ikut berkunjung ke lokasi-lokasi tersebut, kamu akan merasakan suasana syahdu khas Bulan Ramadan yang kental. Simak yuk, di mana saja destinasinya.

Makam Wali dan Tokoh Islam

Makam Sunan Drajat, Lamongan
Makam Sunan Drajat, Lamongan [image source]
Wisata religi berupa makam wali atau tokoh-tokoh Islam terkenal sudah dibanjiri pengunjung sejak sebelum masuk bulan puasa. Di antaranya adalah makam para wali songo yang tersebar di Jawa. Ini merupakan bentuk syukur dan terima kasih atas jasa ulama besar tersebut dalam penyebaran agama Islam. Tempat lainnya yang sering dibanjiri pengunjung menjelang Ramadan adalah makam Gus Dur di Jombang, kyai besar sekaligus mantan presiden tanah air yang diketahui memiliki banyak jamaah setia.

Makam Sunan Gunung Jati Cirebon
Makam Sunan Gunung Jati Cirebon [image source]

Masjid Dengan Arsitektur Unik

Masjid Tiban [image source]
Tempat lainnya yang lebih ramai dikunjungi wisatawan saat memasuki suasana puasa adalah masjid. Di Indonesia banyak ditemukan tempat ibadah muslim yang dibangun dengan arsitektur yang indah. Sebut saja Masjid Tiban yang ada di Turen, Malang, juga miniatur Masjid Nabawi yang berdiri sangat megah di Semarang, Jawa Tengah. Masjid Menara Kudus juga tak ketinggalan diserbu turis lokal yang ingin beribadah dan mengagumi bentuknya yang unik, setelah ziarah ke makam Sunan Kudus.

Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang [image source]

Museum dan Perpustakaan

Alquran Raksasa di Palembang
Alquran Raksasa di Palembang [image source]
Museum dan perpustakaan juga termasuk tempat yang dibanjiri pengunjung  di saat-saat mendekati bulan puasa. Banyak muslim yang ingin mencari tambahan ilmu dengan berkunjung ke dua tempat tersebut. Mereka bisa memperdalam pengetahuannya tentang Islam. Bulan Ramadan juga membawa hawa positif, di mana para pemeluknya merasa ingin memperbaiki diri. Di Indonesia, Museum Islam ada di Masjid Istiqlal, Jakarta. Palembang punya Museum Al-Quran Al Akbar yang indah. Selain itu, yang sedang dalam pengerjaan adalah Museum Islam Nusantara yang ada di kawasan makam Gus Dur Jombang.

Museum Islam Nusantara di Jombang
Museum Islam Nusantara di Jombang [image source]

Ibadah Umroh dan Wisata

Umroh ke Tanah Suci
Umroh ke Tanah Suci [image source]
Mekkah juga merupakan tempat yang banyak dikunjungi. Para muslim dan muslimah merasa lebih afdol membuka  Ramadan mereka dengan beribadah langsung di rumah Allah, yaitu Mekkah. Di saat-saat ini lah paket umroh laris manis. Bahkan tak sedikit jamaah yang berpuasa sambil liburan. Kini, agen travel pun sudah menyediakan perjalanan tambahan ke wisata Arab Saudi dan negara lain seperti Dubai, Turki, bahkan Eropa setelah umroh selesai.

Umroh dan wisata
Umroh dan wisata [image source]
Nah, kalau ingin menyambut suasana Bulan Ramadan, boleh mengunjungi tempat-tempat di atas. Bisa juga berkenalan dan berbincang sambil bertukar ilmu dengan saudara baru, seru juga kan?

Tags
Ramadan tips traveling
Share