Tak Hanya Untuk Ibadah, Ini Tempat Wisata di Arab Saudi yang Menarik

Kedatangan raja Arab Saudi ke Indonesia benar-benar membuat mata terbelalak. Pemilik nama Salman bin Abdulaziz al-Saud mendapatkan fasilitas super mewah dari kendaraan hingga hotel mewah berbintang lima selama berada di Indonesia. Selain kemewahan fasilitas, kedatangan Raja Salman juga mencuri perhatian lantaran ia tergoda dengan tempat wisata cantik di Bali. Berbicara dengan tempat wisata, bagaimana dengan destinasi di kampung halaman Raja Salman ya? Tempat wisata mana saja yang menarik di Arab Saudi ini? Berikut rangkumannya!

1. Madain Saleh

Madain Saleh
Madain Saleh [image source]
Bagi yang pernah berkunjung ke Arab Saudi, tentu pernah dengar bahkan berkunjung ke Madain Saleh. Ya, Madain Saleh adalah kota tertua yang bisa ditemukan ketika menjejakkan kaki di Madinah sebelah utara. Kota cantik yang menjadi situs warisan dunia ini menjadi salah satu kebanggaan Arab Saudi. Di kota ini pula, pernah ditemukan sebuah batu-bata yang dipercaya merupakan peninggalan dari umat Nabi Saleh. Tak ada salahnya jika berkunjung ke Madain Saleh untuk lebih mengenal sejarah islam. Selain dapat memperkaya ilmu, kamu juga dapat menikmati pemandangan super cantik kota dengan luar 4.010 hektar ini. Tak hanya itu, keindahan 131 monumen pemakaman dari batu juga menjadi pelengkap berkunjung ke Arab Saudi.

Madain Saleh ARab
Madain Saleh Arab [image source]

2. Jabal Magnet

Jabal Magnet Arab
Jabal Magnet Arab [image source]
Selain Gua Hira, tempat wisata menarik yang dapat didatangi ketika berkunjung ke Arab Saudi adalah Jabal Magnet. Lembah cantik yang juga dikenal sebagai Lembah jin ini populer lantaran adanya fenomena pertentangan gravitasi di dalamnya. Kawasan perbukitan yang dibuka untuk umum ini diyakini memiliki daya dorong. Hal tersebut terbukti dengan beberapa orang yang mencoba membawa mobil ke lembah cantik satu ini. Jabal Magnet ini sendiri terletak sekitar 60 kilometer di sebelah utara kota Madinah.

Jabal Magnet
Jabal Magnet [image source]

3. Air Mancur King Fahd’s

Air Mancur King Fahd's
Air Mancur King Fahd’s [image source]
Setelah beribadah dan berjalan-jalan di saat siang hari, jangan lupa menikmati pemandangan memesona dari Arab Saudi. Berada di kota Jeddah, sebuah air mancur sudah membius jutaan wisata yang datang ke Arab Saudi. Air Mancur tersebut bernama Air Mancur King Fahd’s yang memiliki ketinggian 853 meter. Air mancur tertinggi di dunia ini ternyata didorong oleh jet dan menggunakan air asin laut untuk tujuan konservasi. Tentu saja Air Mancur ini menjadi menjadi pemandangan tersendiri di Arab Saudi.

The King Fahd Fountain
The King Fahd Fountain [image source]

4. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi
Masjid Nabawi [image source]
Masjidil Haram menjadi tujuan utama banyak wisatawan pergi ke Arab Saudi. Di tempat ini pula jutaan manusia tiap harinya melakukan ibadah umroh. Masjidil Haram pun akan sesak saat bulan ibadah haji telah tiba. Begitu istimewanya masjid suci serta masjid besar yang berdampingan dengan ka’bah ini. Bukan hanya Masjidil Haram saja, salah satu masjid yang juga menjadi tujuan para wisatawan ketika ke Arab Saudi adalah Masjid Nabawi. Masjid yang berlokasi di kota Madinah ini merupakan masjid yang menjadi situs makam Nabi beserta sahabat-sahabatnya. Masjid Nabawi ini sendiri menjadi masjid terbesar ke dua dunia serta menjadi sorotan lantaran sejarah serta keindahan arsitekturnya.

Masjid Nabawi Arab Saudi
Masjid Nabawi Arab Saudi [image source]

5. Padang Arafah

Padang Arafah
Padang Arafah [image source]
Bagi muslim yang tengah menjalankan ibadah haji, Padang Arafah menjadi tempat penting yang wajib dikunjungi. Ya, padang satu ini menjadi tempat melakukan wukuf yang wajib hukumnya dilakukan oleh calon haji. Padang Arafah ini merupakan replika dari Padang Mahsyar. Di saat bulan haji, Padang Arafah pun penuh dengan jemaat haji yang tengah khusyuk melakukan wukuf. Pemandangan tersebut benar-benar cantik dan hanya dapat ditemui di Arab Saudi.

Padang Arafah Arab Saudi
Padang Arafah Arab Saudi [image source]

6. Gua Hira

Gua Hira Arab
Gua Hira Arab [image source]
Siapa sih yang tak tahu dengan tempat wisata  ini? Ya, Gua Hira adalah satu satu tempat wisata utama yang ditawarkan oleh Arab Saudi kepada wisatawan. Gua yang terletak di Jabal Nur itu merupakan tempat dimana Nabi Muhammad mendapatkan wahyu pertama dari Allah melalui malaikat jibril. Tempat cantik ini terletak di daerah tebing yang menanjak dan agak curam. Tak kalah dengan gua cantik lainnya, Gua Hira benar-benar menghipnotis banyak wisatawan.

Gua Hira
Gua Hira [image source]

7. Pasar Kurma Madinah

Pasar Kurma
Pasar Kurma [image source]
Berbicara mengenai Arab Saudi, ada satu jenis buah yang sangat terkenal. Ialah buah kurma yang selalu identik dengan Arab. Biasanya, orang yang naik haji atau umroh ke Mekkah, selalu membawa buah kurma khasnya negara arab. Lalu, dimana kah mereka berburu buah kurma? Ternyata, Arab sudah menyediakan banyak pasar kurma di negaranya. Salah satu pasar yang terkenal ramai dengan harganya yang murah adalah Pasar Kurma Madinah. Tentu saja, harganya sangat bervariasi dari 30 hingga 90 riyal, tergantung dengan jenis kurma. Selain kurma ternyata Pasar Kurma Madinah  juga menyediakan aneka jajanan manis yang dibuat dari kurma. Tentu saja, jajanannya laku keras dan menjadi salah satu oleh-oleh.

Pasar Kurma
Pasar Kurma [image source]
Jika diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Arab Saudi, cobalah untuk beribadah sekaligus berjalan-jalan di tempat menarik di atas. Sayang rasanya jika hanya beberapa tempat saja yang dikunjungi ketika berada di negaranya Raja Salman ini.

Tags
Air Mancur Arab Saudi gua Luar negeri masjid Padang
Share