60 Tujuan Wisata Lombok Paling Keren, Foto di Sini Bisa Ngetren!

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki ribuan pulau eksotis yang perlu kamu jelajahi. Menemukan secuil tanah surga di negara tropis ini juga bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya perlu melihat langsung seindah apa wisata Lombok. Kawasan yang pesonanya tak akan membuat kamu berpaling sama sekali.

Hebatnya lagi, wisata Lombok 2019 juga semakin beragam. Kamu ingin pantai-pantai dengan ombak menggulung indah hingga lautan awan yang terlihat dari puncak gunung. Semua bisa kamu nikmati dengan datang ke Pulau Lombok

1. Mendaki Rinjani, Gunung Terindah di Indonesia

Lombok memang terkenal sebagai destinasi wisata bahari yang mengandalkan potensi lautnya sebagai daya tarik utama menggaet wisatawan berkunjung. Tapi bagi sebagian besar wisatawan yang berlibur di Lombok merasa kurang afdol ke Pulau Seribu masjid tanpa mendaki ke Gunung Rinjani. Ini adalah salah satu gunung api tertinggi dan paling top di Indonesia sekaligus menjadi ikon wisata di pulau Lombok.

Gunung Rinjani, via instagram
Gunung Rinjani, via instagram

Keindahan rute pendakian hingga di puncaknya sanggup membuat siapa saja berdecak kagum. Belum lagi misteri Gunung Rinjani yang terkenal. Ditambah lagi pemandangan alam yang indah. Di puncaknya terdapat danau kawah bernama Danau Segara Anak yang begitu legendaris.

Semakin berkibarnya nama Gunung Rinjani Natioanal Park ini membuat akses menuju ke puncak semakin dibenahi sehingga wisatawan tidak perlu lagi melakukan start dari posisi yang jauh.

Hal ini juga berdampak pada kebersihan puncak gunung yang mana sepanjang tahun 2015 lalu kebersihan Rinjani menjadi sorotan dunia lantaran dipenuhi sampah pendaki yang tidak bertanggung jawab. Come on guys, keep green activities!

Cara Menuju Gunung Rinjani

Sebelumnya, kamu harus menuju ke Pulau Lombok Tersebut. Kawasan yang berada di sebelah Bali ini bisa diakses baik dengan menggunakan transportasi udara, darat dan laut

  1. Dari Bandara Lombok kamu bisa menggunakan angkutan umum. Salah satunya adalah bus Damri yang rutenya menuju Selong. Biayanya sendiri sekitar Rp 30.000. Kemudian kamu bisa ganti angkutan yang menuju ke Pasar Aikmel. Selain terdapat semacam terminal angkutan langsung ke Sembalun, kamu juga bisa membeli perbekalan pendakian di Pasat Aikmel. Harga angkutan umum di Lombok tersebut rata-rata Rp 5.000.
  2. Cara yang kedua adalah dengan menyewa Mobil Pribadi. Saat ini sudah ada banyak penyedia jasa travel yang bisa membawamu dari bandara ke Sembalun. Tentunya akan lebih nyaman daripada menggunakan angkutan umum. Informasi persewaan atau rental mobil di Lombok bisa kamu cari dengan mudah via internet. Rata-rata harga yang dipatok adalah sekitar Rp500.000 per hari. Cara ini bisa dipilih jika kamu tiba di lombok dengan banyak orang. Atau saat malam hari, karena pada saat itu, angkutan akan jarang ada.
  3. Cara ketiga yang tidak kalah nyaman adalah dengan sewa sepeda motor di lombok. Cara ini bisa kamu pilih jika kamu berangkat berdua. Atau mungkin berencana ingin lanjut mengunjungi wisata di sekitar Gunung Rinjani. Terutama Desa Sembalun. Tarif sewa motor di Lombok juga terjangkau. Yaitu sekitar Rp 80.000 per hari.

Perkiraan Biaya Pendakian Gunung Rinjani

  • Untuk mendaki gunung Rinjani, kamu tidak hanya harus siap fisik dan mental. Namun juga biaya yang tidak sedikit. Tanpa biaya transport menuju Pulau Lombok saja, kamu setidaknya harus menyiapkan biaya sekitar Rp 2.500.000. Sedangkan jika mengikuti jasa tur biayanya sekitar Rp 3.500.000.

2. Warna-Warni Persawahan Dilihat Dari Bukit Pergasingan Sembalun

Destinasi wisata berikutnya juga masih berhubungan dengan Gunung Rinjani. Untuk menuju ke puncak Rinjani wisatawan ditawari beberapa rute dan yang paling banyak digunakan serta paling favorit adalah rute yang melewati Sembalun. Kenapa? Rute via Sembalun ini memungkinkan wisatawan untuk menemukan lebih banyak bentang alam yang sangat indah terutama dari basecamp menuju Pos 3.

Bukit Pergasingan Sembalun, via instagram
Bukit Pergasingan Sembalun, via instagram

Jadi setiap wisatawan yang mendaki Gunung Rinjani via Sembalun mulai dari basecamp menuju Pos 3 di ketinggian 2.631 mdpl akan disuguhi dengan pemandangan padang savana yang megah seperti di Afrika. Di tengah-tengah jalur ini pendaki akan menjumpai yang namanya Bukit Pergasingan di ketinggian 1.700 mdpl atau tepat berada di Desa Sembalun Bumbung, Lombok Utara. Dari sana wisatawan bisa melihat warna-warni persawahan yang begitu elok dipandang mata dan keren dijepret kamera.

3. Asyik-Asyik di Gili Trawangan

Menjadi destinasi wisata mainstream di Pulau Lombok, Tiga Gili layak untuk dikunjungi. Pulau ini memang identik dengan Gili Trawangan, pulau kecil yang terletak di lepas pantai sisi barat pulau Lombok. Bersama dua pulau lainnya yaitu Gili Air dan Gili Meno, membentuk tiga gugus pulau yang diberi nama Tiga Gili.

Menyelam di Gili Meno, via instagram
Menyelam di Gili Meno, via instagram

Banyak aktivitas luar ruangan yang bisa wisatawan lakukan di Gili Trawangan tersebut. Sebut saja beberapa di antaranya adalah bersepeda keliling pulau, menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dalam satu tempat, snorkeling dan diving di laut yang jernih, hingga surfing di laut yang berombak besar.

4. Gili Air

Gili Air via instagram

Pesona yang pariprna dari Gili Air juga ampuh membuatmu lupa dengan segala gundah. Berada di sebelah Gili Meno, Pulau ini juga mudah dikunjungi. Serta memiliki banyak fasilitas yang mumpuni untuk bikin bahagia

5. Buktikan Mitos Awet Muda Dengan Mandi di Air Terjun Tiu Kelep

Lombok adalah destinasi wisata yang tepat jika wisatawan mencari aneka air terjun keren. Seperti Tiu Kelep berikut ini, air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani sebelah utara atau lebih tepatnya berada di administrasi dari desa Senaru, Lombok Utara. Keunikan dari air terjun Tiu Kelep adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat.

Air Terjun Tiu Kelep, via instagram
Air Terjun Tiu Kelep, via instagram

Tiu Kelep hanya memiliki ketinggian kurang dari 50 meter namun kealamian alam sekitar serta derasnya terjunan air membuatnya terlihat sangat keren. Ditambah adanya mitos awet muda bagi siapa saja yang mandi di air terjun Tiu Kelep membuatnya lumayan banyak dikunjungi wisatawan. Selain Tiu Kelep ada dua air terjun lagi yang menggunakan nama Tiu di Lombok yakni Tiu Teja dan Tiu Pupas.

6. Memotret Keindahan Air Terjun Sendang Gile di Kaki Rinjani

Tidak jauh dari air terjun Tiu Kelep ada satu air terjun lagi yang tidak kalah cantik dan wajib untuk dikunjungi yaitu air terjun Sendang Gile. Lokasinya berada di desa Senaru dan terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Objek wisata yang satu ini juga bisa ditempuh dari kota Mataram dalam waktu sekitar 2 jam saja.

Air Terjun Sendang Gile, via instagram
Air Terjun Sendang Gile, via instagram

Mengapa wisatawan perlu berkunjung ke air terjun Sendang Gile? Pertama, suasana di sekitar air terjun ini masih sepi dan kondisi alam yang alami. Alasan kedua lokasinya yang agak jauh dari tempat parkir memungkinkan wisatawan untuk berlibur sambil berolahraga, bagaimana tidak mereka harus melewati ratusan anak tangga sebelum tiba di bawah air terjun yang keren ini.

7. Bersenang-Senang di Pantai Tanjung Aan, Satu Pantai Dengan Dua Jenis Pasir yang Berbeda

Mencari tempat wisata pantai yang bisa buat berenang, snorkeling dan surfing sekaligus? Kriteria tersebut dimiliki oleh Pantai Tanjung Aan yang terletak di desa Kuta Lombok, kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Pantai di pesisir selatan Lombok ini saat surut memiliki ombak tenang yang aman untuk snorkeling dan berenang.

Pantai Tanjung Aan, via instagram
Pantai Tanjung Aan, via instagram

Saat sore hari dimana laut mulai pasang akan ada gulungan ombak besar yang siap ditakhlukkan oleh para peselancar. Satu lagi yang unik dari Pantai Tanjung Aan yaitu pasir pantainya yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Warnanya sama-sama putih tapi jika diamati dari dekat bentuknya bulat-bulan seperti merica. Maka ada pula yang menyebut Pantai Tanjung Aan sebagai Pantai Pasir Merica.

8. Ada Pantai Kuta di Luar Pulau Bali

Nama Kuta memang terlanjur identik dengan destinasi wisata pantai di Pulau Bali. Akan tetapi Pulau Lombok juga punya Kuta-nya sendiri yang tidak kalah indah. Pantai ini berada satu kawasan dengan Pantai Tanjung Aan yaitu berada di desa Kuta Lombok, kecamatan Pujut. Sama halnya dengan Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Mandalika Lombok memiliki pasir pantai berbulir seperti butiran merica.

Pantai Kuta, via instagram
Pantai Kuta, via instagram

Pantai Kuta Lombok dikelilingi oleh perbukitan hijau yang makin menambah keasrian suasana pantai. Ombak yang cukup besar memuaskan para peselancar mengoyak ombak dengan papan selancarnya. Pantai ini memang kerap menjadi tuan rumah bagi aneka kontes dan festival selancar yang diikuti oleh peserta asing.

9. Pantai Mawun, Destinasi Pantai untuk Menenangkan Diri

Jika wisatawan rasa pantai-pantai di sisi barat pulau Lombok terlalu ramai maka saatnya mengekplorasi kekayaan pantai di pesisir selatan pulau ini. Pantai dengan akses yang mudah, fasilitas lengkap tapi masih minim pengunjung jika dibanding pantai-pantai di pesisir barat dan paling direkomendasikan adalah Pantai Mawun.

Pantai Mawun, via instagram
Pantai Mawun, via instagram

Pantai Mawun kerap menjadi alternatif wisata yang seru sebagai pengganti destinasi Pantai Senggigi yang ramai setiap harinya. Pantai ini berada 60 kilometer dari Kota Mataram dengan karakteristik perbukitan di sekelilingnya sehingga jika dipotret dari ketinggian Pantai Mawun terlihat seperti tapal kuda. Pantai Mawun saat siang hari kondisinya sangat panas dengan sinar matahari yang menyengat. Tapi pantainya punya ombak yang tenang, lumayan asyik untuk berenang.

10. Seger Beach, Pantai Sakral Untuk Ritual

Masih di wilayah Lombok Tengah, jangan lewatkan kunjungan ke Pantai Seger selain mengunjungi Pantai Kuta, Tanjung Aan dan Mawun. Pantai ini mulai dikenal luas lantaran sebagai salah satu pantai yang disakralkan warga dan setiap tahun menjadi lokasi menyelenggarakan ritual bernama Bau Nyale yaitu ritual menangkap cacing laut di pesisir pantai.

Seger Beach, via instagram
Seger Beach, via instagram

Seger Beach adalah salah satu destinasi wisata pantai di Lombok yang bisa dijadikan spot surfing dan juga snorkeling. Pemandangan sekitar pantai pun sangat indah untuk background foto. Maka banyak wisatawan yang kini lebih memilih rekreasi ke Seger Beach ketimbang di Pantai Kuta yang notabene sudah dikenal lebih dulu. Dari Pantai Kuta Lombok, Seger Beach bisa ditemukan dengan menyewa ojek menuju ke arah timur sejauh 2 kilometer.

11. Sunset Cantik di Pantai Senggigi

Ini lho pantai primadona wisatawan saat datang ke Lombok selain ke Tiga Gili yaitu Pantai Senggigi. Pantai Senggigi berada di Lombok Barat dan menjadi spot hunting matahari tenggelam favorit wisatawan. Umumnya wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan hobi mereka dari berenang, snorkeling atau surfing.

Pantai Senggigi, via instagram
Pantai Senggigi, via instagram

Pantai Senggigi mempunyai garis pantai yang panjang dengan gradasi pasir berwarna hitam dan putih. Setiap hari dan terutama pada hari libur pantai ini akan penuh dikunjungi wisatawan. Menariknya meski banyak pengunjung kebersihan pantai ini lumayan terjaga lho. Ayo kunjungi Pantai Senggigi sebelum mengeksplorasi destinasi lain di Pulau Lombok.

12. Menyusuri Hutan Mangrove di Gili Sulat

Rencanakan liburan dengan durasi yang agak lama jika mau puas berkeliling Pulau Lombok. Sebab di samping destinasi wisata mainstream pulau ini masih menyimpan banyak destinasi anti mainstream yang menunggu untuk dijelajahi terutama potensi wisata di kawasan Lombok Timur. Cobalah untuk berkunjung ke Gili Sulat yang terkenal dengan hutan mangrovenya.

Gili Sulat, via instagram
Gili Sulat, via instagram

Secara administratif Gili Sulat masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Timur. Pulau kecil sepanjang 5,2 kilometer ini memiliki hutan bakau yang terjaga sehingga menjadi satu-satunya hutan bakau dengan spesies terlengkap di Asia Tenggara. Perairan dangkal di sekitar hutan bakau juga menjadi lokasi yang seru untuk berenang dan snorkeling lho.

13. Pantai Pink, Keajaiban Pantai di Lombok

Pantai berpasir pink sangat langka di dunia tapi Indonesia boleh bangga karena dua diantaranya ada di negeri ini. Selain Pink Beach di Pulau Komodo, ada Pantai Tangsi yang punya karakteristik serupa. Pantai ini terletak di Pulau Lombok yang juga dikenal dengan nama Pink Beach.

Pantai Pink, via instagram
Pantai Pink, via instagram

Warna merah muda pada pasir pantai ini berasal dari pecahan karang. Warnanya akan kian terang saat terkena ombak laut. Mungkin traveler yang mau mencari destinasi berbeda bisa berkunjung ke pantai yang masih sepi pengunjung ini. Alamatnya berada di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur.

Wisata Lombok Lainnya Yang Harus Kamu Datangi

14. Main Air Sambil Uji Nyali di Cafless Water Park

Bukan cuma wisata alam yang menjadi daya tarik Lombok. Wisatawan juga bisa menikmati rekreasi di Cafless Water Park yang merupakan taman air. Tempatnya berada tidak jauh dari kota Mataram, kurang lebih berjarak 4 km. Taman air ini dibuka pertama kali pada Februari 2010 dan memiliki konsep alam yang fantastis.

Cafless Water Park via instagram @nitawidiyanthi

Wisatawan akan disambut nuansa pegunungan alami di sekitarnya, atmosfer yang asri dan juga nyaman. Lokasinya pun strategis memudahkan untuk menuju ke sana dari pusat kota. Cafless Water Park juga menjadi surganya permainan air untuk uji nyali. Nikmati seluncuran setinggi 15 meter seperti extreme waterslide, blue hold, dan boomerang di sini.

15. Lombok Elephant Park Ajak Kita Lebih Dekat dengan Gajah

Wisatawan pecinta hewan bisa memenuhi panggilan jiwa sembari jalan-jalan ke Lombok Elephant Park. Tempat ini merupakan perlindungan hewan sekaligus konservasi untuk gajah. Wisatawan bisa menikmati pengalaman berkeliling area yang seru bersama gajah. Tempat ini tidak hanya menyajikan nuansa eksotis saja.


Lombok Elephant Par via instagram @lombokwildlifepark

Selain berkeliling, wisatawan juga dapat menikmati berbagai program yang disediakan oleh pihak pengelola. Salah satunya seperti Elephant Meet and Greet yang memberikan kesempatan untuk lebih mengenal gajah. Jangan lupa berfoto bersama gajah serta menikmati beragam atraksi lainnya.

16. Kurakura Kids Funhouse Mataram Tempatnya Liburan Keluarga

Wisatawan yang sedang liburan bersama keluarga di Mataram, bisa mampir ke Kurakura Kids Funhouse. Tempatnya sangat cocok buat dikunjungi bersama seluruh keluarga. Taman air dengan banyak wahana dan kolam renang ini akan menjadi hiburan tersendiri.

Kurakura Kids Funhouse via instagram @innke_dwi_lestari

Terutama, tempat ini sempurna untuk anak-anak. Terdapat kolam renang yang airnya dangkal. Ada pula seluncuran rendah serta berbagai wahana anak lainnya. Di sini sangat lengkap fasilitasnya. Jika ingin melepas lelah wisatawan bisa menikmati kuliner di pujaseranya yang cozy. Tersedia pula ruangan khusus untuk acara seperti meeting.

17. Rekreasi Seru ke Nirwana Waterpark Mataram

Nikmati alternatif hiburan sambil rekreasi di Nirwana Waterpark Mataram. Paling pas kalau ke sini pada saat akhir pekan. Di sini terdapat lima kolam renang, permainan seperti Flying Fox dan Marine Bride, hingga lapangan futsal. Mampirlah juga ke pusat kulinernya untuk beristirahat sambil makan setelah beraktivitas seharian.

Nirwana Waterpark Mataram via Instagram @laxmiii_sbdr

18. Melebur dengan Kearifan Lokal di Desa Sasak

Namanya Desa Sasak Sade atau Desa Sade. Tempatnya berlokasi di Rembitan, Lombok Tengah. Dari bandara jaraknya 13 km, wisatawan bisa naik mobil ke sini selama 25 menit. Desa Sasak merupakan desa tradisional di mana rumah-rumah penduduk beratap jerami dengan dinding bambu dan berlantai tanah liat. Desa ini juga terkenal dengan kain tenun indahnya, hasil karya para perempuan Sade.

Desa Sasak via Instagram @hendrakristantoo

19. Menapaki Surga Terpencil Pantai Kaliantan

Liburan juga bisa menjadi momen untuk mencari ketenangan hakiki. Pergilah ke Pantai Kaliantan di Lombok. Berjarak sekitar 72 km dari kota Mataram, wisatawan bisa menempuh perjalanan selama 2 jam. Pantai Kaliantan memiliki topografi unik yang berbukit dan terdapat teluk-teluk kecil. Pasirnya putih dan pantainya masih sangat bersih. Saking indahnya, wisatawan mungkin mengira tempat ini ada di surga.

Pantai Kaliantan via Instagram @noygranz8

20. Menikmati Kemarau Indah di Savana Gili Sunut

Wisatawan bisa merasakan sensasi layaknya memiliki pulau pribadi jika berlibur ke Gili Sunut. Apalagi, saat musim kemarau yang kering. Justru pada saat inilah savana di Gili Sunut sedang terlihat sangat menawan. Daun yang meranggas serta pepohonan dan rerumputan kering menambah indahnya tempat ini. Jika bosan, wisatawan juga bisa main ke pantainya yang berombak tenang.


Gili Sunut via Instagram @lutfiero

21. Tanjung Bloam Sajikan Pesona Alam Bak Lukisan

Tanjung Bloam via Instagram @nasti_cl

Eksotisme alam Lombok seakan tiada habisnya untuk dijelajahi. Tanjung Bloam menyajikan alam unik yang penuh pesona. Terkenal sebagai tempat konservasi penyu, Tanjung Bloam memiliki pantai dengan panorama menakjubkan bebatuan cadas. Tebing berbatunya berwarna kuning keemasan bercorak hitam. Proporsi warna tebing tersebut menciptakan kontras yang indah dengan air laut biru jernih.

22. Keindahan Tebing di Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit via Instagram @khairunnisasiregar7

Di ujung timur Lombok tersembunyi destinasi yang sangat indah. Tanjung Ringgit akan membuat siapa saja takjub karena keindahannya. Tempatnya berupa tebing pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia dan Pulau Sumbawa. Di sini, wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti berenang dan berkemah. Ah, jangan lupa berfoto juga, ya.

23. Tanjung Perak Sempurna untuk Bersantai


Tanjung Perak via Instagram @yenny__ard

Nama Tanjung Perak mungkin identik dengan kota Surabaya. Namun, Pulau Lombok juga punya Tanjung Perak yang memiliki pesona tersendiri. Tempat ini memadukan perbukitan dan pantai berkarang. Ombak laut selalu menerpa pantainya. Nikmati panorama lautan luas dari atas tanjung atau bukitnya, yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

24. Panorama Bebatuan di Tanjung Cina

Tanjung Cina via Instagram @travelerbaper__

Tanjung Cina letaknya berdekatan dengan Tanjung Perak di Pulau Lombok. Lokasi tepat kedua tanjung ini berada di wilayah Kecamatan Jerowaru di Desa Pemongkong. Tanjung Cina memiliki bebatuan alami dengan bukit yang indah. Dari atas bukit terlihat pemandangan pantai menakjubkan. Paling sempurna untuk menyaksikan sunset sambil berfoto di sini.

25. Jalan-Jalan Sore ke Pantai Ekas

Pantai Ekas via Instagram @fahri_frpotret

Setiap sudut pulau Lombok menyimpan pesona alam yang unik. Jika kamu ingin menelusuri Lombok wilayah timur, mampirlah ke Pantai Ekas. Lokasinya berada di Desa Ekas, Kecamatan Jerowaru, di Kabupaten Lombok Timur. Pantainya memiliki pasir putih dengan bukit yang berderet. Ombaknya tenang walau tiupan anginnya kencang. Cocok untuk melihat matahari terbenam.

26. Indahnya Pantai Surga Buatmu Tidak Ingin Pulang

Pantai Surga via Instagram @rhabyen

Percaya atau tidak, ada surga sungguhan di Pulau Lombok. Benar, nama tempat tersebut adalah Pantai Surga. Namanya memang mencerminkan keindahan pantai tropis yang memukau. Untuk menuju ke sana wisatawan memang harus melewati beberapa titik jalanan tidak beraspal dan penuh debu. Namun, pantai indah dengan bukit hijau, pasir putih, dan air laut biru siap membuaimu. Sepadan!

27. Misteri Gili Bagek Pulau Tak Berpenghuni

Gili Bagek via Instagram @oddy_septiadi

Sebenarnya tempat ini bukan misterius layaknya pulau kosong yang berhantu. Namun, pulau ini memang sepi, kecil dan tidak berpenghuni. Wisatawan bisa menuju pulau ini dari Pantai Transat dengan menempuh perjalanan selama 25 menit. Pulau yang berada di perairan kecamatan Sambelin ini pasirnya putih dengan air sangat jernih. Cocok sekali tempatnya untuk yang ingin menyendiri.

28. Telusur Hutan Mangrove di Gili Sulat

Gili Sulat via Instagram @malindajaswari

Bawa kaki melangkah ke Hutan Mangrove Gili Sulat yang nuansanya sangat alami. Alternatif wisata ini tempatnya cocok untuk yang senang jalan-jalan dikelilingi alam, namun suasananya santai. Wisatawan akan menyaksikan hutan bakau hijau yang juga merupakan habitat beragam jenis burung. Sementara, di bawah terlihat ikan-ikan yang berenang di perairan antara akar bakau. Asyik, deh.

29. Desa Wisata Sembalun Bikin Siapa Saja Lupa Rumah

Sembalun via Instagram @heartwildandfree

Mungkin ada tempat wisata yang saking indahnya membuatmu ingin menangis. Ya, Sembalun bahkan membuat wisatawan lupa akan rumah. Sembalun adalah sebuah desa yang berada di kaki Gunung Rinjani. Dari kota Mataram ke sini berjarak sekitar 2,5 jam. Sembalun terkenal sebagai desa adat suku Sasak, populer karena kebun stroberinya yang menghampar luas, dan hasil tenun kainnya yang menakjubkan.

30. Wisata Edukasi Nyaman ke Lembah Hijau

Lembah Hijau via Instagram @RadarLombok

Satu lagi tempat wisata keluarga di Lombok. Lokasinya berada di Lembah Hijau yang terdapat di Desa Ijobalit, tepatnya di Kecamatan Labuhan Haji wilayah Lombok Timur. Ada taman-taman bunga di sini. Ada pula danau bekas galian tambang, lengkap dengan perahu untuk pengunjung berkeliling. Wisatawan juga bisa menikmati kolam untuk dewasa dan anak-anak.

31. Lingkoq Datu Buatmu Serasa Bukan di Indonesia

Wisata Lombok Lingkoq-Datu
Wisata Lombok Lingkoq-Datu via Instagram @lombokteknologicom

Lingkoq Datu di Pantai Penyisok adalah kawasan savana hijau di wilayah pantai yang memiliki tebing karang. Lautnya berwana biru cemerlang menandakan kedalaman Samudera Hindia. Sementara, tebing karangnya berkilau keemasan tertimpa sinar matahari. Sungguh pemandangan yang membuat siapapun ternganga. Lokasinya sendiri berada di Kecamatan Jerowaru.

32. Jembatan Gantung Kuno Sisakan Jejak Zaman Penjajahan

Wisata Lombok Jembatan-Gantung
Wisata Lombok Jembatan-Gantung via Instagram @selasulyadi

Jika kamu suka tempat bersejarah, cobalah ke jembatan kuno di wilayah Lombok Barat. Sebuah jembatan gantung yang dibangun pada 1932, berada di ketinggian 100 meter, siap kamu tapaki. Dulunya jembatan ini berfungsi menghubungkan tempat-tempat terpencil. Kini, jembatan tersebut sering jadi tempat hangout muda-mudi sambil berfoto. Di bawahnya adalah aliran sungai penghubung Dusun Kelebut dan Nyurlembang.

33. Sepi Pantai Setangi Pas Buat Mendamaikan Jiwa

Wisata Lombok Pantai-Setangi
Wisata Lombok Pantai-Setangi via Instagram @piknikdong

Lombok memiliki deretan pantai eksotis untuk memanjakan hasrat jalan-jalanmu. Pantai Setangi ditumbuhi pohon kelapa di sepanjang garis pantainya. Pasirnya lembut dengan ombak dari laut lepas. Di sini juga terdapat Villa Hantu yang sebenarnya adalah konstruksi bangunan hotel, namun sudah terbengkalai. Jika berani, kamu dapat menyaksikan pemandangan paling menakjubkan dari villa tersebut.

34. Keunikan Pantai Semeti Penuh Piramida Karang

Wisata Lombok Pantai-Semeti
Wisata Lombok Pantai-Semeti via Instagram @ferry_prakarsa

Sangat unik, pantai di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, wilayah Lombok Tengah ini dipenuhi karang terjal yang berbentuk seperti piramida. Bebatuan serta karang berlapis di sana seakan muncul dari dalam laut. Jika dilihat sekilas, bentuknya mirip dengan dinding kristal di Planet Krypton yang ada di film Superman! Itu sebabnya, pantai Semeti juga mendapat julukan Pantai Krypton.

35. Menyaksikan Hempasan Ombak Raksasa di Tanjung Poki

Wisata Lombok Tanjung-Poki
Wisata Lombok Tanjung-Poki via Instagram @manusiatravelers

Di Lombok Timur ada sebuah pantai dengan hempasan ombak besar yang sangat memukau. Tanjung Poki berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, sekitar 75-80 km dari kota Mataram. Di sekeliling pantainya terdapat tebing karang yang fotogenik. Atraksinya yang paling menarik adalah hempasan ombak besar, ketinggiannya bisa mencapai 10 meter, lho.

36. Pantai Nambung Seperti Niagara di Pinggir Laut

Wisata Lombok Pantai-Nambung
Wisata Lombok Pantai-Nambung via Instagram @antxocano

Kamu bisa menyaksikan fenomena alam menarik di Pantai Nambung. Ombak besar di sana menghempas dinding karang hingga mengucur kembali jatuh ke laut. Terciptalah ‘air terjun’ deras layaknya Niagara, namun berada di tepi laut. Oh, indah sekali. Di sekitar pantainya juga terdapat perairan jernih untuk berenang. Pantai ini berada di Kecamatan Sekotong, wilayah Lombok Barat.

37. Keindahan Pantai Tebing Layaknya Bukan di Bumi

Wisata Lombok Pantai-Tebing
Wisata Lombok Pantai-Tebing via Instagram @airyindonesia

Mungkin wisatawan sulit percaya kalau Pantai Tebing ini masih berada di bumi pertiwi. Sekilas terlihat seperti Grand Canyon di Amerika, tebing ini terbentuk karena erupsi maha dahsyat Gunung Rinjani Tua pada tahun 1257. Berbagai material dari endapan awan bersama air laut menghempas dinding tebingnya, hingga menciptakan tekstur seperti pahatan. Seperti tidak nyata, ya?

38. Batuan Unik Menjulang di Pantai Batu Payung

Wisata Lombok Pantai-Batu-Payung
Wisata Lombok Pantai-Batu-Payung via Instagram @zlatan_rama

Salah satu hal paling mencolok di kawasan Tanjung Aan adalah pantai Batu Payung yang memiliki sebuah batuan berbentuk seperti menara. Batu tersebut besar, tinggi, dan menjulang kokoh. Unik, bentuknya seakan berbeda-beda tergantung dari arah mana wisatawan melihatnya. Bisa seperti jari yang teracung ke langit, atau, menyerupai wajah manusia. Menurutmu bagaimana?

39. Taman Wisata Alam Gunung Tunak Suguhkan Keindahan Samudera

Wisata Lombok TWA-Gunung-Tunak
Wisata Lombok TWA-Gunung-Tunak via Instagram @hestymep

Menyaksikan hamparan samudera dari atas perbukitan hijau, kenapa tidak? Kunjungi Taman Wisata Gunung Tumak yang berada di atas bukit. Di sini juga terdapat menara pandang untuk yang berani naik, dan menyaksikan pemandangan indah lautan di bawah. Kawasan Pantai Tumak yang cantik juga pantas ditelusuri. Tempat ini berada di Desa Merta, Kecamatan Pujut di wilayah Lombok Tengah.

40. Pemandangan Mistis Air Terjun Penimbungan

Wisata Lombok Air-Terjun-Penimbungan
Wisata Lombok Air-Terjun-Penimbungan via Instagram @yoncess

Air Terjun Penimbungan sangat eksotis. Letak air terjunnya berada di tengah tebing bukit hijau, dengan airnya yang mengalir deras dari ketinggian hingga ke bawah. Pemandangan liar di sini akan membangunkan fantasimu. Rasanya seperti di Jurassic Park! Wisatawan dapat mencapai titik sempurna untuk melihat air terjun ini setelah 2 jam pendakian dari pintu masuk Torean, jalur menuju Rinjani.

41. Air Terjun Mangku Sakti Buatmu Merasa di Alam Mimpi

Wisata Lombok Air-Terjun-Mangku-Sakti
Wisata Lombok Air-Terjun-Mangku-Sakti via Instagram @mampirlombok

Pernah tidak wisatawan takjub dengan tempat alami yang begitu indah, sampai-sampai seperti ciptaan karya seni? Air Terjun Mangku Sakti memiliki struktur bebatuan yang menakjubkan. Aliran air yang melewatinya tanpa henti membentuk ngarai indah secara alami. Airnya sendiri agak keruh sedikit, layaknya susu karena mengandung belerang. Dipercaya belerang berkhasiat bagus untuk kulit, lho. Yuk, berendam di sini.

42. Cantiknya Air Terjun Benang Kelambu

Wisata Lombok Air-Terjun-Benang-Kelambu
Wisata Lombok Air-Terjun-Benang-Kelambu via Instagram @padster_85

Berbeda dengan air terjun lainnya yang memiliki aliran deras, atau struktur bebatuan alami di sekelilingnya. Terdapat tanaman hijau merambat di sekitar Air Terjun Benang Kelambu, membuat airnya mengalir melewatinya. Terciptalah aliran air yang terlihat seperti tirai, sangat cantik. Air terjun ini berada di Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara di daerah Lombok Tengah.

43. Tidur di Rumah Hobbit Mentigi Bay Dome Villas

Wisata Lombok Mentigi-Bay-Dome-Villas
Wisata Lombok Mentigi-Bay-Dome-Villas via Instagram @mentigibay

Tidak ada salahnya sesekali menikmati liburan mewah di resor. Singgahlah ke Mentigi Bay Dome Villas yang berada di atas bukit dan langsung menghadap laut. Keunikan resor ini adalah arsitektur bangunannya yang unik berbentuk kubah, seperti rumah Hobbit dalam film The Lord of the Rings. Ada juga villa dengan kolam renang pribadi. Surgawi!

44. Menginap di Hotel Tugu Lombok Layaknya Keluarga Kerajaan

Wisata Lombok Hotel-Tugu-Lombok
Wisata Lombok Hotel-Tugu-Lombok via Instagram @hoteltugulombok

Jika sudah terkumpul bujet, bolehlah menginap di hotel layaknya tokoh publik atau bangsawan. Di Lombok juga ada hotel Tugu yang sangat artistik, seperti yang ada di Bali dan Malang. Nuansa historikal di sini memang terinspirasi dari zaman Kerajaan Majapahit dengan kemewahannya. Nikmati malam di hotel sambil membayangkan menjadi anggota keluarga kerajaan.

45. Menyelami Karya Seni Patung Bawah Laut di Nest

Wisata Lombok Artistic-Underwater-World-of-Nest
Wisata Lombok Artistic-Underwater-World-of-Nest via Instagram @kev_renn

Menikmati karya pahatan patung tidak hanya bisa dilakukan di galeri atau museum. Menyelamlah di Nest, sebuah proyek ramah lingkungan hasil rancangan seniman kenamaan, Jason deCaires Taylor. Di bawah lautnya terdapat 48 patung manusia dengan pose berbaring dan berdiri berpelukan. Kerennya lagi, tidak ada biaya masuk jika ingin menyelam. Tunggu apa lagi?

46. Mengasingkan Diri dalam Ketenangan Gili Kedis

Wisata Lombok Gili-Kedis
Wisata Lombok Gili-Kedis via Instagram @thelangkahtravel

Satu lagi pulau kecil tanpa penghuni yang ada di kawasan Pulau Lombok. Gili Kedis adalah pulau kecil yang tidak berpenghuni di barat daya Lombok. Pulau ini memang belum begitu populer. Namun, justru karena itu di sini sangat sepi, tenang, dan serasa pulau milik sendiri. Ukurannya juga cukup kecil, hanya 10 menit saja untuk berkeliling pulau.

47. Gua Bangkang Ajak Kita Lebih Membumi

Wisata Lombok Gua-Bangkang
Wisata Lombok Gua-Bangkang via Instagram @janjalantrip

Selain pantai, bukit, dan air terjun, Pulau Lombok juga memiliki gua yang eksotis. Gua Bangkang yang berumur ratusan tahun masih belum terlalu terjamah oleh wisatawan. Saksikan panorama gua dengan bebatuan alaminya yang juga terasa dramatis. Waktu berkunjung terbaik yakni sebelum sunset. Jadi, wisatawan bisa menyaksikan ribuan kelelawar terbang pergi dari sarang mereka di gua.

48. Aik Kalak Tempatnya Sumber Air Panas Berkhasiat

Wisata Lombok Aik-Kalak
Wisata Lombok Aik-Kalak via Instagram @amincun

Datangilah Aik Kalak yang merupakan sumber air panas berkhasiat. Terkepul uap hangat dari airnya yang diyakini ampuh untuk menyembuhkan gangguan kulit serta encok. Konon, air panas di sini juga bisa menajamkan panca indera. Tidak hanya diyakin sakral, namun tempatnya juga sangat menawan. Terhampar bebatuan bukit yang bergradasi cokelat dan hijau di sini. Keren.

49. Danau Segara Anak Menyimpan Panorama Mistis

Wisata Lombok Segara-Anak
Wisata Lombok Segara-Anak via Instagram @jaaksola

Seperti namanya yang berarti anak laut, danau Segara Anak airnya berwarna biru layaknya air laut. Danau di kawasan Gunung Rinjani ini memiliki panorama indah yang terasa mistis, namun syahdu. Uniknya, di tengah danau ada gunung berapi yang masih aktif bernama Gunung Baru Jari, dengan ketinggian 2.376 mdpl (meter di atas permukaan laut).

50. Mengenal Filosofi Tenun dari Desa Sukarara

Wisata Lombok Tenun-Desa-Sukarara
Wisata Lombok Tenun-Desa-Sukarara via Instagram @caroline_firli

Ada kalanya Lombok tidak hanya tentang wisata alam. Cobalah jalan-jalan sambil mengenal budaya Lombok. Kunjungilah Desa Sukarara tempatnya tenun tradisional yang menjadi warisan turun-temurun. Wisatawan dapat belajar menenun sambil berinteraksi dengan warga setempat. Para perempuan Desa Sukarara sudah belajar menenun sejak kecil, lho. Motif tenun di sini pun khas. Salah satunya seperti motif tokek.

51. Bersantap Ditemani Siraman Mentari Pagi di Ashtari Lounge and Kitchen

Wisata Lombok Ashtari
Wisata Lombok Ashtari via Instagram @ethaborregh

Spot kuliner di Lombok juga ada yang sepaket dengan panorama alam memukau. Di Ashtari Lounge Kitchen, wisatawan dapat bersantap varian menu khas Indonesia hingga Barat, sembari menyaksikan pemandangan dari puncak bukit. Bisa juga pengunjung mengikuti kelas yoga dengan 5 sesi mulai pukul 7 pagi hingga 6 petang. Sungguh asupan jiwa dan raga.

52. Mensyukuri Keindahan Alam dan Nikmat Kuliner Libra Café Resto n Villa

Wisata Lombok Libra-Café
Wisata Lombok Libra-Café via Tripcanvas

Bukan Lombok namanya jika tidak memiliki tempat kuliner eksotis. Libra Cafe Resto n Villa merupakan bagian dari Villa de Libra yang memiliki pemandangan fantastis. Kafe ini sempurna untuk wisatawan yang ingin mengisi perut, sembari menyaksikan panorama hijau pepohonan. Dari kejauhan sini juga terlihat Pantai Senggigi yang indah.

53. Menyepi Sembari Bersantap ke Artati Lombok Bungalow and Restaurant

Wisata Lombok Artati
Wisata Lombok Artati via Tripcanvas

Apabila wisatawan hendak menjauh dari keramaian, maka Artati Lombok Bungalow and Restaurant tempatnya. Tempat ini berada di perbukitan. Restoran di bukit tersebut berhadapan langsung dengan Teluk Selong Belanak. Melihat laut cantik dari perbukitan hijau, sambil menikmati sajian lezat, akan berikan pengalaman yang tidak terlupakan.

54. Desert Point Surganya Para Peselancar

Wisata Lombok Desert-Point
Wisata Lombok Desert-Point via Instagram @surfline

Pecinta surfing alias peselancar juga mendapat tempat untuk memuaskan adrenalin di Lombok. Desert Point merupakan salah satu pantai dengan ombak terganas menurut International Surfing Association. Jika ingin berselancar menantang ombak, wisatawan bisa ke pantai di pesisir barat daya Lombok ini. Di kalangan penduduk lokal, Desert Point lebih dikenal dengan nama Bangko-Bangko.

55. Jelajahi Sejuta Pesona Alami Gili Kondo

Wisata Lombok Gili-Kondo
Wisata Lombok Gili-Kondo via Instagram @lomboktraveling24

Seperti tidak terhitung pantai yang menghampar di Pulau Lombok. Gili Kondo salah satunya. Dari sekian banyak gili, bisa dibilang Gili Kondo adalah salah satu yang masih agak jarang didatangi wisatawan. Padahal, jalanan menuju ke sini sudah mulus dengan dipenuhi pepohonan rindang di kanan kirinya. Pantainya pun sangat alami dengan pasir putih dan air laut biru tenang.

56. Pantai Selong Belanak Membuat Siapa Saja Takjub

Wisata Lombok Selong-Belanak
Wisata Lombok Selong-Belanak via Instagram @annwillow

Selong Belanak merupakan pantai yang ikonik di Lombok. Kecantikan pantainya membuat siapapun takjub. Pasirnya putih halus dengan pulau-pulau menghampar di sekitar pantai. Tidak heran bila pantai ini menjadi destinasi Lombok favorit. Percayalah, wisatawan akan merasa kecil dan trenyuh saat menapakkan kaki di sini.

57. Daya Pikat Pantai Sekotong Mengundang Decak Kagum

Wisata Lombok Pantai-Sekotong
Wisata Lombok Pantai-Sekotong via Instagram @travel_guide_land

Bukan hanya decak kagum, indah pantai Sekotong akan membuat hati berdesir. Pantai ini berjarak kurang lebih 60 km dari kota Mataram. Pantainya tenang, belum terjamah ramai manusia, sehingga bersih dari sampah serta limbah dan polusi. Air lautnya pun jernih. Bisa-bisa wisatawan mengira sedang berada di semesta lain, karena terpikat indahnya tempat ini.

58. Menyapa Alam Bawah Laut Gili Nanggu

Wisata Lombok Gili-Nanggu
Wisata Lombok Gili-Nanggu

Perairan tropis Lombok membuat dunia bawah lautnya tidak kalah indah dari pantainya. Gili Nanggu terkenal dengan keindahan terumbu karangnya, serta ikan-ikan kecil yang berhabitat di bawah airnya. Aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di sini tidak lain adalah diving atau menyelam. Bisa juga keliling pantai berpasir putih, menghirup udara lautnya sambil berdamai dengan stres.

59. Batu Layar Penuh Nuansa Sakral

Wisata Lombok Batu-Layar
Wisata Lombok Batu-Layar via Instagram @syahrulfahmi86

Ketika wisatawan jalan-jalan ke Pantai Batu Bolong Lombok, maka bisa singgah ke Batu Layar yang berada di dekatnya. Wisata Batu Layar bernuansa religi dengan atmosfer sakral. Destinasi ini merupakan makam yang konon menjadi tempat peristirahatan Syekh Syaid, seorang penyebar agama Islam di Pulau Lombok. Bersikap sopan dan tenang, ya, saat ke sini.

60. Gili Lampu Wisata Pantai untuk Liburan Keluarga

Wisata Lombok Gili-Lampu
Wisata Lombok Gili-Lampu via Instagram @rohitaamalia

Gili Lampu merupakan pantai yang bersahaja. Pantai ini populer di Lombok dan sering menjadi tujuan wisata, termasuk bagi masyarakat setempat. Dari kota Mataram menuju ke sini bisa ditempuh selama 2,5 jam. Di pantainya, berbagai aktivitas dapat dilakukan wisatawan. Mulai dari jalan-jalan keliling pantai, berfoto-foto, berenang, berjemur juga bisa. Sekedar duduk bersantai juga boleh, kok.

Masih banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Pulau Lombok. Tidak hanya wisata alam, wisatawan yang datang ke pulau ini juga dapat berkunjung ke desa adat dan belajar budaya dari masyarakat setempat. Berikut Travelingyuk sematkan video promosi wisata pulau Lombok milik akun Youtube Pariwisata Indonesia.

Tags
gili Gunung Indonesia Lombok pantai
Share