Wisata Pantai di Malang yang Aman untuk Berenang

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Pantai di malang Pantai di malang

Wisata pantai di Malang merupakan salah satu yang indah di Jawa Timur setelah Surabaya. Berbicara masalah wisata, daerah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Pelajar ini menyuguhkan banyak sekali ragamnya. Mulai dari wisata buatan, belanja, sampai dengan alam yang memesona.

Contoh wisata alam yang banyak dipilih saat jelajah ke Malang adalah pantainya. Buat kamu yang ingin bermain-main air dengan leluasa, berikut ini wisata pantai di Malang aman untuk berenang.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna, Via Instagram/pantaitigawarna
Pantai Tiga Warna, Via Instagram/pantaitigawarna

Pantai Tiga Warna berada di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini dikelola dengan sangat baik oleh Bhakti Alam yang anggotanya berasal dari masyarakat sekitar. Pantai ini merupakan wilayah konservasi, sehingga para pengunjung yang datang dibatasi. Peraturan ketat memang perlu dilakukan guna menjaga lingkungan tetap cantik.

Dan setelah kamu datang ke loaksi ini, Pantai Tiga Warna benar-benar memiliki panorama yang begitu menarik Teman Traveler. Degradasi warna yang bikin kamu takjub saat datang. Lingkungan sekitar juga begitu asri. Tak salah sudah banyak antrian untuk bekunjung ke Pantai Tiga Warna.

Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng, Via Instagram/infomalangraya
Pantai Banyu Meneng, Via Instagram/infomalangraya

Pantai Banyu Meneng berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Lokasinya memiliki jarak sekitar 66 km, atau bisa tempuh 3 jam 9 menit dari pusat Kota Malang lewat Jl. Kolonolel Sugiono. Fasilitas di sini sudah cukup memadai, ada tempat parkir, mushola, camping ground, toilet dan lain-lain.

Dan seperti namanya ‘Banyu Meneng’ dalam bahasa Jawa memiliki artian air tenang, destinasi wisata di Malang ini memiliki ombak yang begitu tenang. Sehingga sangat aman untuk kamu yang sekedar ingin bersantai-santai dengan floties di bibir pantai. Airnya juga begitu bersih. Kamu tidak akan menyesal jalan-jalan ke sini.

Pantai Gatra

Pantai Gatra, Via Instagram/amalyara_
Pantai Gatra, Via Instagram/amalyara_

Selanjutnya pantai di Malang yang aman untuk berenang adalah Pantai Gatra. Alamatnya berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Gatra ini terasuk dalam salah satu observasi dan dilindungi. Karena hal itulah, lingkungannya masih begitu asri dengan gradasi warna laut yang memikat hati.

Ditambah lagi, di sekitarnya terdapat pulau-pulau kecil yang menambah eksotis pantainya. Lantaran dikelilingi oleh pulau-pulau yang kecil inilah, Pantai Gatra memiliki ombak yang sangat tenang. Bahkan, buat kamu yang tidak bisa berenang juga tidak akan menghkawatirkan. Asalkan masih di sekitaran bibir pantai ya.

Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter, Via Instagram/dayangapriliani
Pantai Watu Leter, Via Instagram/dayangapriliani

Memiliki panorama yang kurang lebih sama dengan Pantai Gatra, Pantai Watu Leter ini juga sangat rekomended buat dikunjungi. Di sini pasir pantainya bersih dan ombaknya tidak terlalu bergejolak, jadi kamu bisa bermain-main. Pantai Watu Leter ini masih termasuk dalam jajaran yang tersembunyi dan sepi dari pengunjung.

Pantai Watu Leter ini berlokasi di Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang. Lokasi ini dikelilingi cekungan pantai yang dibatasi oleh bukit karang cukup besar. Maka dari itulah, ombaknya terbilang tenang dan tidak terlalu bergejolak. Kamu bisa bersenang-senang di sini, namun tetap harus selalu waspada.

Pantai Bantol

Pantai Bantol, Via Instagram/ahmad_anjarwicaksono
Pantai Bantol, Via Instagram/ahmad_anjarwicaksono

Kemudian ada pantai tenang lainnya di Malang yang bernama Pantai Bantol. Ini merupakan destinasi wisata yang lokasinya berada di Dusun Sumbercelang, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Malang, Jawa Timur. Lokasinya memiliki jarak kurang lebih 60 km dari pusat kota Malang.

Salah satu daya tarik di sini adalah adanya gua dan danau kecil dengan air payau yang bisa sekali untuk dijelalahi. Nah, lantaran berlokasi di sebuah teluk dan dilindungi karang sepanjang garis pantai, pengunjung dengan bebas menikmati pantai. Bahkan berenang-renang juga tidak ada yang melarang.

Pantai Clungup

Pantai Clungup, Via Instagram/ttina.bethsa
Pantai Clungup, Via Instagram/ttina.bethsa

Lalu ada pula Pantai Clungup yang juga masuk dalam wilayah konservasai. Lokasinya ada di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini masih bergitu alami dan dikelilingi oleh perkebunan warga sekitar. Untuk kamu yang berencana untuk berenang, santai saja ya, ombaknya tenang dan membuat kamu tidak was-was.

Pantai di Malang lainnya yang aman untuk berenang

Meskipun pantai-pantai yang disebutkan di atas memiliki ombak yang tenang dan aman buat berenang, tapi tentu saja selalu behari-hari supaya liburanmu berakhir dengan menyenangkan.