42 Pantai di Malang Yang Memesona, Nomor 5 Paling Romantis

Dikenal dengan julukan Kota Bunga, Malang menawarkan banyak panorama alam indah yang menanti untuk dieksplorasi. Bagi para penggemar keindahan bahari, jelajah pantai jelas tak boleh dilewatkan. Jumlahnya pun sangat banyak, ada 42 pantai di malang yang luar biasa indah, bisa di telusuri.

Tak cuma indah, masing-masing pantai punya pesona dan karakter berbeda. Pantai dengan ombak besar cocok untuk para peselancar, sementara pantai tak terjamah lebih pas untuk Teman Traveler yang mencari suasana tenang. Penasaran?
Simak penjelasan lengkap Travelingyuk berikut ini:

1. Pantai Balekambang

Pantai di Malang - Pantai Balekambang
Pantai di Malang – Pantai Balekambang via instagram

Sebelum menjelajahi pantai-pantai yang indah di Malang sebaiknya kamu mulai dengan mengunjungi pantai yang paling terkenal di Malang dan sudah populer sejak dulu yaitu Pantai Balekambang. Pantai ini mendapatkan julukan Tanah Lot-nya Jawa dan menjadi jujugan berlibur traveler keluarga di hari libur.

Pantai Balekambang terletak di desa Srigoco, kecamatan Bantur yang berjarak sekitar 70 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Pantai ini adalah salah satu yang dikelola dengan baik sehingga traveler cukup mudah menemukan fasilitas pendukung seperti restoran, penginapan, toko suvenir, toilet, camping ground dan masih banyak lagi. Tiket masuk menuju ke pantai sekitar Rp. 15 ribu per orang, cukup sepadan dengan fasilitas yang didapatkan serta pemandangan pantai yang disuguhkan.

2. Sendiki

Pantai di Malang - Pantai Sendiki
Pantai di Malang – Pantai Sendiki via instagram

Traveler pasti sudah kenal dong dengan Pantai Sendang Biru yang menjadi gerbang menuju ke Pulau Sempu. Dalam deretan pantai tersebut terdapat pantai yang baru dikenal yaitu Pantai Sendiki. Pantai ini punya pasir putih yang menggoda dan lanskap yang mempesona. Satu-satunya alasan pantai ini belum banyak dikunjungi adalah akses menuju lokasi yang masih sulit dilalui.

Menuju Pantai Sendiki sangat minim petunjuk ditambah lokasinya terpencil dan kendaraan tidak bisa melintas hingga ke TKP membuat pantai ini sangat sepi bahkan hampir tidak terlihat jejak kaki manusia di pasir pantainya. Namun itulah sebenarnya letak kelebihan pantai Sendiki. Traveler yang nekad datang ke pantai ini bisa lebih puas dalam menikmati setiap momen liburan tanpa gangguan dari traveler lain.

3. Pantai Clungup

Pantai di Malang - Pantai Clungup
Pantai di Malang – Pantai Clungup via instagram

Beralih ke desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan. Di desa ini setidaknya traveler bisa mengunjungi tiga pantai dalam sekali jalan, antara lain pantai Clungup, pantai Gatra dan pantai Tiga Warna. Yang pertama adalah pantai Clungup, sebuah pantai yang masih jarang dikunjungi traveler karena lokasinya yang terpencil dan jauh dari pemukiman penduduk.

Dari pada susah-susah setelah tiba di desa Sitiarjo traveler bisa tanya pada warga setempat mengenai lokasi pantai Clungup. Sebelumnya siapkan kendaraan yang prima serta fisik yang fit sebab jalan yang akan dilewati lumayan ekstrim. Pantai Clungup terkenal memiliki pasir pantai yang putih dengan suasana sepi nan alami. Di lepas pantai terdapat banyak pulau kecil yang melindungi pantai ini dari hantaman ombak laut selatan sehingga kondisi ombak di bibir pantai cukup landai.

4. Pantai Gatra

Pantai di Malang - Pantai Gatra
Pantai di Malang – Pantai Gatra via instagram

Setelah puas bermain-main di pantai Clungup, traveler bisa melanjutkan trekking melintasi bukit di sebelah kiri pantai sekitar 3 kilometer. Dari sana akan dijumpai pantai lain yang tak kalah cantik bernama pantai Gatra. Pantai Gatra sangat ikonik dengan gugusan pulau karang hijau yang berjajar tak jauh dari pantai.

Pantai Gatra juga memiliki pasir yang putih. Kalau datang ke pantai ini di luar hari libur maka suasana sepi akan makin terasa dengan tidak adanya jejak kaki di pinggir pantainya. Traveler bisa bersantai dengan puas di bibir pantai menikmati keindahan yang disuguhkan oleh kombinasi pasir putih, biru laut serta angin sepoi-sepoi.

5. Pantai Tiga Warna

Pantai di Malang - Pantai Tiga Warna
Pantai di Malang – Pantai Tiga Warna via instagram

Belum cukup menikmati dua pantai sebelumnya, traveler bisa lanjut lagi ke pantai berikutnya yaitu Pantai Tiga Warna yang bisa dijangkau dengan jalan kaki mendaki bukit-bukit di sisi kiri pantai untuk berjumpa dengan pantai yang punya gradasi warna biru dan hijau serta pasir putih. Pantai Tiga Warna memiliki suasana yang sangat indah seperti pantai-pantai di Bali.

Pantai Tiga Warna merupakan kawasan konservasi pohon mangrove sehingga setiap traveler yang datang selain harus membayar tiket masuk juga dikenakan donasi satu pohon bakau. Selain itu pihak pengelola juga memberlakukan pembatasan jumlah kunjungan per hari sebagai upaya pelestarian. Salah satu cara paling mantap menikmati pantai ini adalah dengan kemping di akhir pekan.

6. Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter
Pantai Watu Leter

Sudah pernah berkunjung ke Pantai Gua China di Malang? Pantai berikutnya ini berada persis disebelah pantai yang dikenal akan keberadaan gua di pesisirnya tersebut. Nama pantai ini adalah Pantai Watu Leter dan sama-sama berada di desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan. Ikuti saja petunjuk arah menuju Pantai Gua China jika mau menyambangi pantai ini.

Rute paling gampang menuju ke Pantai Watu Leter adalah melalui via Pantai Gua China. Dari sana traveler cukup berjalan kaki menuju arah barat melewati jalan setapak. Suasana pantai ini tidak berbeda jauh dengan Pantai Gua China yaitu didominasi bebatuan dengan sedikit kawasan berpasir. Kalau beruntung traveler bisa bertemu dengan penyu yang menjadikan pantai tersebut sebagai tempat untuk bertelur.

7. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung
Pantai Batu Bengkung via Shutterstock

Pantai Batu Bengkung menambah perbendaharaan pantai di Bumi Arema. Pantai yang memiliki ombak besar ini memang tidak ramah untuk dicumbui dengan cara berenang. Sebagai gantinya traveler bisa menikmati keindahan lanskap visual yang mempesona di kawasan pantai dimana Pantai Batu Bengkung sangat asyik untuk kemping apalagi pantai ini punya sunset yang indah.

Tidak sulit menemukan Pantai Batu Bengkung karena pantai ini berada searah dengan Pantai Sendang Biru. Cukup mengikuti rute menuju pantai Sendang Biru kemudian lanjutkan ke arah Pantai Gua China dan Pantai Bajulmati. Pantai Batu Bengkung berada sekitar 2 kilometer dari Pantai Bajulmati.

8. Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng
Pantai Banyu Meneng, Via Instagram.com/infomalangraya

Pantai Banyu Menang berada dalam daftar pantai di Selatan Malang yang punya ombak cukup landai sehingga aman untuk digunakan berenang. Lokasi pantai ini terletak di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Traveler yang hendak ke Pantai Banyu Meneng bisa mengambil rute yang sama menuju pantai Balekambang. Sesampainya di perempatan terakhir sebelum Pantai Balekambang traveler harus belok kanan mengikuti Jalur Lintas Selatan (JLS) ke Kondang Merak. Yap, Pantai Banyu Meneng terletak persisi di sebelah barat Pantai Kondang Merak, berjejer dengan yang lainnya

9. Pantai Pulodoro

Pantai di Malang - Pantai Pulodoro
Pantai di Malang – Pantai Pulodoro via instagram

Pantai ini masih sepi dari pengunjung, fasilitasnya pun masih minim hanya ada tempat parkir dan juga toilet serta penjual jajanan yang semuanya berada di tempat parkir yang agak jauh dari pantai. Pun demikian setiap pengunjung sudah dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 5 ribu. Pantai ini berbukit-bukit dimana setiap pantai yang terpisah bukit sudah memiliki nama yang lain.

10. Pantai Gua China

Sunset di Goa Cina Beach
Sunset di Goa Cina Beach

Di awal Travelingyuk sudah mendeskripsikan tiga pantai di desa Sitiarjo yang keren yaitu pantai Clungup, Gatra dan Tiga Warna. Nah sebenarnya ketiga pantai tersebut berada di dekat pantai Gua China. Jadi traveler punya pilihan tambahan untuk mengunjungi beberapa pantai dalam satu hari. Selain yang pasti punya pemandangan indah pantai ini juga sarat dengan nilai historisnya.

Pantai Gua China, dinamakan seperti itu karena di kawasan pantai terdapat sebuah gua. Gua tersebut menyimpan cerita dimana warga percaya zaman dahulu ada pertapa China yang bersemedi di dalam gua tersebut hingga meninggal. Dari sanalah kemudian dinamakan Pantai Gua China. Tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp. 4 ribu per orang.

11. Pantai Lenggoksono dan Air Terjun

Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Dari tadi kita membahas pantai di Malang yang punya ombak landai dan pas untuk berenang dan snorkelingan. Padahal pantai di daerah ini berada di pesisir selatan Jawa yang seharusnya berombak besar dan menjadi spot surfing. Untuk kebutuhan yang satu ini traveler harus datang ke Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, disana ada pantai berombak besar bernama Pantai Lenggoksono.

Pantai Lenggoksono memang tempat yang pas untuk berlenggak lenggok di atas papan selancar dan menunggangi ombak yang besar. Peselancar bisa puas memilih ombak karena pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang. Bagi yang tidak bisa surfing cukup kemping dan menikmati ikan bakar hasil tangkapan nelayan setempat dijamin mantab. Kalau mau sedikit tantangan traveler bisa menyewa perahu nelayan menuju ke Teluk Kretekan di dekat Pantai Lenggoksono traveler akan menjumpai air terjun yang jatuh ke pantai di pinggir laut yang dinamakan warga sekitar dengan nama Banyu Anjlok.

12. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak (pinterest)
Pantai Kondang Merak (pinterest)

Pantai Kondang Merak berjarak sekitar 2 kilometer dari Pantai Balekambang. Asal usul pemberian nama yang unik ini juga dilatar belakangi cerita warga setempat yang sering melihat penampakan burung merak di sekitar pantai untuk mencari minum di sumber air tawar. Pantai ini masih lumayan alami lho, artinya belum banyak traveler yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai Kondang Merak sering dijadikan spot berenang bagi mereka yang berlibur lantaran ombak di pantai ini lumayan landai sehingga aman untuk bermain-main di perairannya. Apalagi air pantai berwarna biru tersebut terlihat begitu jernih dan bersih. Mereka yang menginginkan liburan eksklusif dengan biaya murah bisa datang ke Pantai Kondang Merak ini.

13. Pantai Licin

Pantai di Malang - Pantai Licin
Pantai di Malang – Pantai Licin via Instagram

Pantai Licin berada di jajaran pantai baru yang layak untuk diburu. Pantai yang identik dengan pasir hitamnya ini terletak di ujung timur dari pesisir pantai Malang yang berbatasan langsung dengan kabupaten Lumajang. Secara administratif pantai ini terletak di dusun Licin, desa Lebakharjo, kecamatan Ampelgading.

Akses menuju ke Pantai Licin cukup menantang dengan kondisi jalan yang belum sempurna. Pasir pantai yang berwarna hitam tersebut menjadi bukti jika pantai ini terbentuk dari aktivitas vulkanik. Benar saja pasir hitam tersebut berasal dari muntahan lahar dari erupsi Gunung Semeru yang terbawa aliran sungai Glidik yang bermuara di pantai tersebut. Nama asli pantai ini adalah Pantai Pasir Putih tapi pada era tahun 1960-an kawasan pantai ini terkenal licin karena banyak lumut yang tumbuh di sekitar pantai. Jadilah kemudian pantai tersebut dinamakan Pantai Licin.

14. Pantai Sendang Biru

Pantai di Malang - Pantai Sendang Biru
Pantai di Malang – Pantai Sendang Biru via instagram

Pantai Sendang Biru mulai terkenal setelah Pulau Sempu terangkat namanya. Sebab pantai ini menjadi gerbang utama menuju ke pulau yang paling keren di Malang tersebut. Pantai Sendang Biru berada di kecamatan Sumbermanjing Wetan dan berpotensi menjadi obyek wisata populer dalam beberapa waktu mendatang.

Pantai punya segala syarat untuk dijadikan pantai idaman yaitu berpasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar. Kesehariannya Pantai Sendang Biru merupakan tempat pendaratan dan pelelangan ikan di Malang. Fasilitas yang ada di pantai ini antara lain rumah jaga, guest house dan juga persewaan perahu untuk menyeberang ke Pulau Sempu. Enaknya lagi pantai ini bisa diakses menggunakan kendaraan umum dengan menumpang mikrolet jurusan Gadang-Turen-Sendang Biru.

15. Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu

Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu, via instagram

Siapa coba yang tidak tahu Pulau Sempu di Malang? Pulau yang punya laguna alami dengan suasana tenang ini banyak memikat traveler di berbagai daerah. Kawasan ini juga sempat ditutup lantaran membludaknya minat traveler untuk berkunjung beberapa waktu lalu. Laguna Pulau Sempu berwarna biru mendapatkan pasokan air dari Samudera Hindia yang masuk melewati tebing berlubang di dekatnya. Dari sana kemudian terbentuk laguna tak berombak yang menjadi primadona untuk berenang dan snorkeling.

Pulau Sempu dalam beberapa waktu terakhir menjadi primadona liburan di Malang. Meski untuk menuju lokasi tidak gampang namun tak sedikitpun mengurangi minat traveler untuk berkunjung. Untuk menuju ke pulau ini tentu saja dibutuhkan transportasi air berupa perahu yang akan menyeberang dari dermaga di Pantai Sendang Biru

16. Pantai Ngliyep di Jawa Timur

Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep via Shutterstock

Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai terkenal di Malang, bahkan Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 62 kilometer dari pusat kota. Panorama yang ditawarkan sangat natural, tak heran jika destinasi satu ini cukup populer di kalangan wisatawan.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan indah samudra biru, pengunjung Pantai Ngliyep di Jawa Timur juga akan disuguhkan eksotisnya tebing-tebing curam di sekitar kawasan pesisir. Selain itu masih ada area hutan lindung dengan keindahan yang tak kalah luar biasa.

Senja di Pantai Ngliyep
Senja di Pantai Ngliyep via Shutterstock

Cerita Mistis Nyiroro Kidul di Pantai Ngliyep

Faktor lain yang membuat Pantai Ngliyep di Jawa Timur begitu kondang adalah legenda Nyi Roro Kidul. Sosok mitos yang konon merupakan Ratu Pantai Selatan tersebut dikabarkan gemar bersemedi di sekitar Ngliyep. Lebih tepatnya lagi di Kombang, gunung dekat pantai yang dianggap angker oleh warga sekitar.

Entah ada hubungannya atau tidak, setiap tanggal 14 warga sekitar rutin menggelar ritual khusus saat bulan Maulud Nabi. Diwarnai prosesi penyerahan sesaji berupa kepala kerbau, kambing, dan sapi, ritual ini dilakukan untuk memanjatkan syukur sekaligus memohon perlindungan dari segala hal negatif yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Panorama Pantai Ngliyep
Panorama pesisir Ngliyep via Shutterstock

Terlepas dari kisah misterius yang menyelimutinya, banyak keindahan Pantai Ngliyep di Jawa Timur yang bisa Teman Traveler kagumi. Di sekitar pantai ada sejumlah titik menarik yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto-foto. Jika udara dirasa terlalu panas, kalian bisa berteduh di sejumlah pohon rindang yang ada di daerah pesisir.

Pantai Malang yang Mudah Dijangkau

 Pura Balekambang via Shutterstock
Pantai di malang disertai dengan Pura Balekambang via Shutterstock

Pantai Balekambang sudah dikembangkan sebagai kawasan wisata sejak 1985 silam. Tak heran jika kebersihan dan keindahannya sangat terjaga. Selain berenang dan menikmati keindahan alam, Teman Traveler juga bisa melakukan sejumlah aktivitas seru seperti berkeliling naik ATV, meluncur dengan flying fox, dan bermain ayunan.

Pantai Goa Cina via Shutterstock
Pantai di Malang dengan nama Goa Cina via Shutterstock

Pantai Sendiki di sini banyak dijuluki sebagai ‘surga’ karena keindahannya. Suasanya relatif sepi dan cocok untuk melepas kepenatan. Sayangnya, ombak di Sendiki cukup ganas, hingga kurang pas bagi Teman Traveler yang ingin mencoba berenang.

Pantai Malang yang Belum Terjamah

Pantai Pulodoro
Pantai di malang dengan pasir putih di Pulodoro via Instagram @yudi_genter

Pantai dengan akses mudah cocok untuk Teman Traveler yang ingin mengajak orang tua maupun keluarga liburan bersama. Namun mungkin ada beberapa di antara kalian yang menyukai sedikit tantangan maupun penjelajahan.

Mengunjungi pantai yang belum terjamah memiliki keasyikan tersendiri. Teman Traveler bakal disuguhkan atmosfer pesisir yang tenang karena belum banyak pengunjung, bak memiliki pantai pribadi. Namun di sisi lain, akses menuju destinasi semacam ini biasanya lebih sulit. Diwarnai jalan berbatu, berlumpur, maupun medan lain yang tak bisa dilewati mobil atau motor.

Pengunjung di Pulodoro
Pengunjung di Pulodoro via Instagram.com/dian_nita96

Namun jangan sampai hal-hal tersebut mengurangi semangat Teman Traveler untuk datang dan menyaksikan langsung keindahan pantai yang dimaksud. Beberapa pantai yang belum terjamah antara lain Pantai Pulodoro, Pantai Ngeledekan Ciut, Pantai Nganteb, dan Watu Leter.

Pantai Pulodoro terletak di kawasan Sumbermanjing Wetan, Donomulyo. Pantai yang agak tersembunyi ini menyuguhkan pemandangan cukup eksotis. Garis horizonnya membentang begitu luas, seolah tak berbatas. Siapapun yang melihatnya bakal langsung berdecak kagum dan mungkin mengucap syukur atas indahnya ciptaan Ilahi.

Pantai Watu Leter
Pantai di malang dengan air jernih Watu Leter via Shutterstock

Sama halnya dengan Pulodoro, Pantai Watu Leter juga masih masuk wilayah Sumawe alias Sumbermanjing Wetan. Namanya yang unik terinspirasi dari salah satu tebing di sekitar, yang punya ujung datar alias leter. Tak hanya jernih, perairan di sekitar sini cukup tenang – sangat pas untuk Teman Traveler yang punya hobi berenang.

Di sana Teman Traveler bakal menyadari betapa agungnya lukisan alam buatan Tuhan. Hanya saja jangan mengharap ketersediaan fasilitas pendukung seperti tempat menginap atau lahan parkir, karena kalian harus berjalan cukup jauh sebelum bisa mencapai lokasi.

Pantai Malang yang Aman untuk Berenang

  1. Pantai Banyu Meneng
  2. Pantai Bantol
  3. Panti Clungup
  4. Pantai Sipelot
  5. Pantai Gatra

Ada sederet pantai yang aman untuk berenang. Teman Traveler bisa dengan tenang menceburkan diri ke hamparan biru dan merasakan segarnya perairan Samudra Hindia. Tak perlu khawatir bakal terseret ombak atau hilang di luasnya lautan.

Pantai dengan Ombak Tenang di Malang

Beberapa pantai di Malang yang ombaknya tenang. Teman Traveler tak perlu takut berenang karena deburan ombak di sana sama sekali tidak membahayakan. Beberapa pantai yang bisa Travelingyuk rekomendasikan antara lain

  1. Teluk Bidadari
  2. Teluk Asmara
  3. Bangsong
  4. Gatra
  5. Kondang Iwak
  6. Watu Leter.

Teluk Asmoro sendiri termasuk pantai di malang yang tergolong masih baru. Aksesnya baru tersedia sejak 2017, seiring rampungnya jalur lintas selatan.

Pantai di Kabupaten Malang Dekat Stasiun

Sebenarnya tidak ada pantai di area Malang yang jaraknya dekat dengan stasiun. Pantai Bale kambang misalnya, terpisah jarak 54,8 kilometer dari stasiun. Dengan menggunakan kendaraan roda empat, pantai tersebut bisa Teman Traveler tempuh dalam waktu 1 jam 33 menit. Di Balekambang, kalian bisa menikmati beragam atraksi menarik seperti flying fox, perahu kano, hingga berkunjung ke pura.

Berikutnya ada Pantai Kondang Merak. Destinasi yang letaknya masih segaris dengan Pantai Balekambang ini berjarak kurang lebih 58,1 kilometer dari stasiun Malang Kota Lama. Dengan menumpang kendaraan roda empat, perjalanan ke sana bakal memakan waktu kira-kira 1 jam 55 menit.

Wisata Pantai Malang Terdekat

Pantai yang paling dekat tentu adalah bale kambang. Jarak 1 pantai dengan yang lainnya sebenarnya tidak terlalu jauh. Salah satunya adalah Pantai Tiga Warna. Andalan untuk spot snorkeling paling indah di Malang ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih 3 jam dari pusat kota. Teman Traveler tak bakal menyesal menyusuri jalanan sepanjang 70 kilometer, lantaran Tiga Warna juga memiliki pesona menarik lain seperti rumah apung dan kawasan konservasi mangrove.

Deretan kapal nelayan di Sendang Biru
Deretan kapal nelayan di Sendang Biru via Shutterstock

Teman Traveler yang tidak punya banyak waktu di Malang bisa mengunjungi Pantai Sendang Biru. Jaraknya hanya sekitar 69 kilometer dari alun-alun atau setara perjalanan dua jam menggunakan mobil. Di sini kalian bisa melihat panorama indahnya deretan pantai dengan pemandangan unik deretan pelahu nelayan yang sedang menepi. Pengunjung juga bisa menyewa kapal dan menyebrang ke Pulau Sempu.

Pantai Bajul Mati
Pantai Bajul Mati via Shutterstock

Pantai Rahasia di Malang

Pantai di malang yang tersembunyi, Ngledekan Ciut
Pantai Ngledekan Ciut via Instagram.com/dayat_rep

Di luar pantai-pantai yang umum dikunjungi, Malang juga punya beberapa pantai ‘tersembunyi’. Disebut demikian karena biasanya akses jalan relatif sulit, hingga mengurungkan niat banyak orang untuk datang ke sana. Namun demikian, keindahan yang ditawarkan pantai rahasia di Malang umumnya jauh lebih mengesankan.

Salah satu pantai yang cukup tersembunyi adalah Pantai Ngeledekan Ciut, yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Ngliyep. Pengunjung harus melakukan treking selama beberapa saat sebelum bisa sampai ke sini. Keindahan yang disuguhkan berupa hamparan pasir putih, serta tebing alami yang tawarkan panorama eksotis.

Pantai Wedi Putih
Pantai Wedi Putih via Instagram.com/pantaimalangraya

Berikutnya ada Pantai Wedi Putih. Ombak di sini tergolong ganas, namun masih cukup aman untuk melakukan snorkeling.

Bebatuan pantai di malang dekat Sendiki Beach via Shutterstock

Itulah deretan pantai di Malang yang keindahannya pantang Teman Traveler lewatkan. Meski tak seterkenal Bali atau Jogja, Kota Bunga diam-diam juga punya banyak pantai cantik dengan pesona memikat. Jadi, kapan kalian memutuskan liburan ke Swiss van Java? Yuk.

Tags
Balekambang Clungup Gatra Sempu Sendang Biru Sendiki Tiga Warna
Share