Destinasi Wisata Musik di Indonesia, Dari Gedung Hingga Gunung

Menikmati musik nggak melulu harus dilakukan dengan cara menonton konser. Di Indonesia kamu dapat merasakan experience yang lebih beragam. Beberapa destinasi tempat-tempat yang berhubungan dengan musik dapat Teman Traveler temukan. Beberapa di antaranya telah menjadi museum, namun beberapa masih ada yang beroperasi secara normal. Seperti empat destinasi wisata musik di Indonesia ini.

Museum Musik Indonesia

Event diskusi di Museum Musik Indonesia via instagram/museummusikindonesia

Museum Musik ini merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Nusakambangan No.19, Klojen, Kota Malang. Berjarak tak jauh dari Alun-alun Kota Malang. Diresmikan pada 1 Januari 2013, museum ini juga berfungsi sebagai ruang data perjalanan musik Indonesia. Tak jarang Museum Musik Indonesia menjadi lokasi untuk seminar dan tempat singgah para musisi. Seperti Ian Antono, Ahmad Albar, Sylvia Saartje, Anang dan Ashanty, White Shoes n the Couple Company, dan Burger Kill.

Lokananta

Studio Lokananta via instagram/lilyamelia__

Lokananta adalah studio rekaman tertua yang ada di Indonesia. Berdiri pada tahun 1958, tempat ini menjadi tempat utama untuk produksi piringan hitam hingga proses rekaman lagu Indonesia Raya. Perusahaan BUMN ini masih beroperasi hingga saat ini, Beberapa nama musisi Indonesia seperti White Shoes & The Couples Company, Glenn Fredly, hingga Naif juga pernah merekam karyanya di tempat ini. Selain berfungsi sebagai studio rekaman, area Lokananta juga menjadi tempat penyimpanan arsip musik Indonesia dari masa ke masa.

Museum Musik Dunia Jatim Park 3

Museum Musik Dunia Jatim Park 3 via instagram/alter.trans

Wisata musik di Indonesia juga bisa ditemukan di Kota Batu. Jatim Park Grup tak hanya berisi wahan permainan saja. Namun salah satu amusement park yang ada di Kota Batu ini juga memiliki beberapa wisata edukasi. Seperti yang dapat ditemukan pada Museum Musik Dunia Jatim Park 3. Di sini Teman Traveler dapat menemukan berbagai jenis alat musik baik tradisional maupun modern. Bahkan di lantai berikutnya, terdapat ruangan dimana pengunjung dapat mengenal musik lewat genrenya.

Berwisata tak selalu ke alam ataupun kulinernya. Mengenal musik melalui empat lokasi yang telah disebutkan di atas juga termasuk traveling. Apalagi saat ini tak jarang beberapa destinasi wisata menjadi lokasi untuk festival musik yang populer, seperti Jazz Gunung. Dari empat lokasi di atas, ada yang pernah Teman Traveler kunjungi?

Tags
destinasi Indonesia Musik Wisata
Share