Pesona Wisata di Lubuklinggau, Surga Tersembunyi Sumatera Selatan

Kota Lubuk Linggau adalah kota paling barat di Provinsi Sumatera Selatan dan berbatasan langsung dengan kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Jaraknya sendiri dari pusat kota Palembang kurang lebih adalah 300 km.

1. Kebun Bunga Merasi

Wisata Lubuklinggau
Kebun Bunga Merasi via Instagram @anitaahandayani
1573698592987_HFq.png
Berfoto di Tengah Bunga-bunga via Instagram @anitaahandayani

Destinasi wisata pertama yang bisa dikunjungi saat berada di Lubuk Linggau adalah kebun bunga Merasi yang terletak di Komplek Kebun Belimbing Merasi, Jalan Diponegoro, Desa Ngadirejo, Tugu Mulyo, Musi Rawas, atau sekitar 30 menit dari pusat kota Lubuk Linggau.

Sebelum disulap menjadi kebun bunga seperti sekarang, dulunya tempat ini adalah sepetak sawah yang kemudian sengaja ditanami ratusan bunga matahari untuk membuat destinasi wisata baru di Lubuk Linggau. Akan tetapi karena bunga matahari hanya mekar beberapa kali dalam setahun maka dari itu sekarang ditanami juga bunga jenis Celosia merah dan kuning yang selalu mekar sepanjang tahun.

Untuk biaya masuknya sendiri tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp 10.000 per orang dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sementara itu bagi yang membawa kendaraan motor maupun mobil akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000. Nahh ada tips nih dari yang udah pernah dateng kesana. Sebaiknya kalian membawa topi atau payung, ya! Karena jika matahari sedang terik-teriknya, maka akan terasa sangat menyengat. Dan jangan lupa untuk menggunakannya juga sebagai properti untuk berfoto, ya.

2. Danau Aur

Wisata Lubuklinggau
Danau Aur via Instagram @sandiyanto

Danau ini terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Lubuk Linggau. Untuk sampai ke Danau Aur kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh sekitar 30 menit sampai 1 jam perjalanan dari pusat kota Lubuk Linggau. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada persis disamping jalan raya. Danau Aur ini sendiri merupakan tujuan wisata utama masyarakat setempat untuk menghabiskan akhir minggunya bersama keluarga. Pemandangan alam yang masih asri tentu bisa menyegarkan pikiran kamu.

3. Masjid Agung As-Salam

1573698848348_X21.png
Masjid Agung As-Salam via Instagram @farizelazar

Selain keindahan alamnya, kota Lubuk Linggau juga memiliki berbagai bangunan yang tidak kalah cantik. Salah satunya adalah masjid kebanggaan warga Lubuk Linggau, yaitu Majid Agung As-Salam. Masjid ini merupakan salah satu destinasi wisata religi utama di Sumatera Selatan dan terletak di jantung kota Lubuk Linggau, tepatnya di Jl. Garuda, Ps. Permiri, Lubuk Linggau Bar.II, Kota Lubuk Linggau.

Uniknya di kawasan masjid ini juga terdapat taman pohon kurma juga, loh. Dan yang paling terbaru adalah dibangunnya menara kapsul yang memungkinkan jemaah untuk melihat pemandangan kota Lubuk Linggau dari ketinggian.

4. Air Terjun Temam

Wisata Lubuklinggau
Air Terjun Temam via Instagram @sandiyanto

Nah, untuk tempat terakhir yang dibahas di artikel ini adalah lokasi wisata yang paling terkenal di kota Lubuk Linggau setelah Bukit Sulap, yaitu Air Terjun Temam. Air terjun yang sering disebut sebagai mini Niagara ini terletak di Kecamatan Rahmah, Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuk Linggau.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini sendiri kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor karena jaraknya yang tergolong dekat dari pusat kota Lubuk Linggau. Tenang saja, disini sudah disediakan tempat parkir kok di dekat air terjun, dengan tarif 2000-3000 rupiah per kendaraan. Selain itu juga akan ada tarif masuk yang dikenakan ke setiap pengunjung sebesar 10.000 rupiah.

Selain destinasi-destinasi yang telah disebutkan diatas, Lubuk Linggau memiliki belasan tempat lain yang bisa kamu explore. Misalnya Bukit Sulap, Kampung Warna-Warni, Watervang, Curug Kalenai dan banyak lagi.

Tags
Indonesia kontributor Lubuklinggau Sumatera Selatan Travelingyuk Wisata Wisata Lubuklinggau
Share