Gua Maria Lourdes, Wisata Religi yang Juga Sajikan Keindahan Panorama

Kediri tidak hanya populer dengan Simpang Gumul. Tapi kota satu ini juga memiliki wisata religi yang menarik. Bernama Gua Maria Lourdes yang keindahannya sangat menakjubkan. Ada banyak hal yang bisa kalian temukan di tempat ini. Kalau kalian penasaran dengan tempat wisata ini, bisa simak ulasan berikut.

1. Disambut Gereja Puh Sarang yang Unik

gua maria lourdes
Gereja Puh Sarang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Saat kalian masuk ke sini akan langsung disambut dengan sebuah gereja bernama Puh Sarang. Gereja ini memiliki bentuk yang unik, baik dari arsitekturnya dan juga dinding bangunannya yang terbuat dari susunan bebatuan. Selain itu, bentuk atapnya yang serba segitiga menjadi daya tarik gereja. Pengunnjung diperbolehkan masuk untuk menikmati interiornya, namun dengan catatan sedang tidak ada acara keagamaan di dalamnya.

2. Gedung Serba Guna yang Tak Kalah Menarik

gua maria lourdes
Gedung Serba Guna (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sini juga ada sebuah Gedung Serba Guna yang tak kalah menarik. Rangka bangunannya ditopang oleh besi yang sangat kokoh dan bentuk atapnya melengkung di keempat sisinya. Di bawah atapnya terdapat lambang salib yang menyala.

3. Area Berdoa di Depan Gua

gua maria lourdes
Area depan gua (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan agak ke dalam, kalian akan sampai di sebuah area dengan pelataran luas dan rindang oleh pepohohan. Tepat di sisi depan halaman itu ada sebuah tebing tinggi berbatu dengan mulut gua yang menganga, di gua ini lah ada sebuah patung Maria Lourdes. Duduk bersimpuh di halaman gua sambil berdoa biasanya menjadi pilihan umat Katolik yang datang ke Gua Maria Lourdes ini.

gua maria lourdes
Tempat duduk di depan patung (c) Welly Handoko/Travelingyuk

4. Air Suci Mengalir di Sisi Gua

lrm_export_20190803_223319_gxo.jpg
Air suci yang mengalir (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di sisi kanan gua ada sebuah dinding tebing yang mengalirkan air melalui kran-kran. Di satu sudutnya tertulis “Mata Air Suci”. Konon katanya, menurut pengelola, siapapun yang meminum atau membasuh mukanya dengan air suci ini bisa mendapatkan berkah keberuntungan, kesehatan, dan juga awet muda. Percaya atau tidak, tidak ada salahnya kita menikmati kesegaran air suci ini.

5. Meresapi Perjalanan Hidup Yesus di Jalan Salib

lrm_export_20190803_223803_Bis.jpg
Jalan Salib (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain untuk berdoa dan mengagumi indahnya Gua Maria Lourdes, datang ke Puh Sarang ini juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Tepatnya di Jalan Salib yang menyajikan kisah perjalanan hidup Yesus. Lokasi jalan Salib ini tepat di hadapan Gua Maria yang arahnya agak turun ke bawah.

lrm_export_20190803_223818_8Ep.jpg
Pemandangan di Jalan Salib (c) Welly Handoko/Travelingyuk

6. Belanja Oleh-oleh Khas Puh Sarang

lrm_export_20190803_223304_zg1.jpg
Toko oleh-oleh keperluan ibadah (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sini juga menyediakan toko oleh-oleh, Teman Traveler. Beberapa di antaranya menjual perlengkapan ibadah. Seperti salib, kalung salib, lilin altar, tasbih, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi, bagi yang non-Katolik bisa membeli barang-barang lainnya yang merupakan hasil kerajinan tangan warga setempat. Seperti tas, dompet, tempat pensil, topi, kaos, dan pernak-pernik lainnya.

lrm_export_20190803_223233_0rh.jpg
Kerajinan tangan warga setempat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Itulah Gua Maria Lourdes yang merupakan wisata religi di Kediri. Kalau kalian ingin mengunjunginya, datang saja ke Desa Puhsarang di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Untuk masuknya, kalian hanya membayar parkir sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 bagi mobil.

Tags
Gua Maria Lourdes Indonesia Jawa Timur Kabupaten Kediri kontributor Wisata
Share