5 Wisata Kairo Wajib Dikunjungi, Ada Makam Bawah Tanah Terbesar

Berstatus ibu kota Mesir, Kairo miliki banyak destinasi liburan menarik untuk disambangi. Tak hanya piramida dan sphinx, namun ada juga beberapa komplek kuno keren nan luar biasa. Yuk, simak daftar rekomendasi wisata Kairo berikut ini Teman Traveler.

Khufu Giza

ca2_PJy.jpg
Piramid Giza (c) Helga Christina/Travelingyuk

Piramid yang terletak di Giza ini juga sering disebut Cheops. Disebut-sebut sebagai yang tertua dan terbesar Mesir, sekaligus menjadi satu-satunya anggota tersisa dari tujuh keajaiban dunia kuno. Bangunan ini didirikan sebagai makam untuk Raja Mesir Khufu dan proses memakan waktu lebih dari 20 tahun.

Pompey’s Pillar

ca4_XCE.jpg
Salah satu sudut pilar (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pilar peringatan terbesar di Mesir ini dibuat dari granit merah. Memiliki ketinggian sekitar 28 meter, dengan diameter dasar 2,7 meter. Di bagian atasnya ada tulisan Bahasa Yunani yang berbunyi: “Untuk kaisar paling adil, pengawas Alexandria Diocletian, Postumus, Prefek Mesir yang tak terkalahkan.”

ca5_bmi.jpg
Masih berdiri kokoh hingga kini (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kalimat tersebut menggambarkan jasa Diocletian, kaisar yang membebaskan Alexandria dari pajak dan mengatasi bencana kelaparan. Pilar didirikan sebagai bentuk terima kasih atas jasa-jasa sang kaisar.

Khan El-Khalili

ca6_Pwh.jpg
Suasana di pasar (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pasar yang mirip Souq Waqif di Qatar ini dipenuhi beragam barang dan pernak-pernik mengkilap. Tempatnya sendiri sudah dimodernisasi secara signifikan, namun masih ada beberapa bagian yang menampilkan arsitektur gaya mamluk asli. Teman Traveler bakal melihat lengkungan besar dengan langit-langit berkubah.

ca6_qyv.jpg
Penjual tawarkan beragam kain (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain belanja, Teman Traveler juga bisa kulineran di sini. Pasar Khan El-Khalili memiliki beberapa restoran dan kafe yang tersebar di beberapa sudut.

Fort Qaitbey

ca8_x3b.jpg
Benteng Qaitbey (c) Helga Christina/Travelingyuk

Benteng indah ini dibangun Sultan Qaitbey sepanjang Abad ke-14 untuk mempertahankan Alexandria Kekaisaran Ottoman. Namun usaha tersebut sia-sia, lantaran Mesir akhirnya jatuh pada 1512. Meski begitu, bangunan kuno ini tetap utuh. Letaknya sendiri sangat strategis karena memanjang dari Pelabuhan Alexandria hingga Corniche.

Bentuknya sendiri sudah tidak sama persis dengan aslinya. Sempat terjadi kerusakan parah akibat pemboman Inggris kala terjadi pemberontakan pada 1882, sebelum kemudian dibangun ulang menjelang pergantian Abad ke-20.

Tak lagi berfungsi sebagai garis pertahanan militer, Benteng Qaitbey kini disulap menjadi museum angkatan laut mini. Layak dikunjungi oleh Teman Traveler yang menyukai wisata bernuansa sejarah.

Catacomb of Kom el Shoqafa

ca9_FcK.jpg
Katakombe (c) Helga Christina/Travelingyuk

Katakombe ini menyerupai situs pemakaman terbesar yang berasal dari zaman Yunani-Romawi. Berada di Alexandria, di dalamnya terdapat beragam unsur budaya dan seni kuno. Sungguh luar biasa dan sangat menarik untuk disambangi.

Itulah beberapa rekomendasi wisata Kairo yang bisa Teman Traveler kunjungi. Jika berkesempatan menjelajah atau liburan di Mesir, jangan lupa mampir ke salah satu destinasi di atas ya.

Tags
kontributor Mesir\ Travelingyuk wisata mesir
Share