Puncak Kosakora, Panorama Pantai Selatan Berbalut Kekinian

Warga Jogjakarta sungguh beruntung. Tidak hanya dikaruniai potensi budaya berlimpah, Kota Gudeg juga memiliki kekayaan alam yang memukau. Andai sobat traveler berencana melancong ke Jogja dalam waktu dekat, tak ada salahnya mengunjungi Puncak Kosakora.

Puncak Kosakora adalah destinasi wisata yang terletak di kawasan Gunung Kidul. Pesona utama yang ditawarkan adalah pemandangan indah dari ketinggian, langsung menghadap ke arah pantai. Belakangan Kosakora populer di kalangan anak muda, usai diramaikan beberapa titik selfie bernuansa kekinian.

Birunya Pemandangan Laut

Pemandangan di Puncak Kosakora
Pemandangan di Puncak Kosakora via Instagram jogjakartaid

Wilayah Jogjakarta berbatasan langsung dengan beberapa pantai indah di laut selatan. Beberapa di antaranya menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk bersantai di hamparan pasir, maupun melakukan kegiatan seru lain seperti berselancar maupun snorkeling. Namun kadang ada juga pantai yang ombaknya terlampau ganas, sehingga cukup untuk sekedar dikagumi saja.

Di Puncak Kosakora, sobat traveler bisa mendapat pengalaman meresapi indahnya panorama alam khas Jogjakarta. Sejauh mata memandang, horizon terlihat jelas membelah langit dan permukaan air. Birunya pantai selatan dijamin bakal memanjakan mata yang lelah akan penatnya kehidupan kota.

Dua Jalur Menantang

Pemandangan indah menanti di puncak
Pemandangan indah menanti di puncak via Instagram t.sulistiyawan

Bagaikan mendekati wanita idaman, menggapai Puncak Kosakora bukan sesuatu yang mudah. Sobat traveler harus mengeluarkan usaha ekstra demi merengkuh kecantikannya. Dari pusat kota Jogja, butuh perjalanan sekitar dua jam dan menempuh jarak sekitar 65 kilometer.

Ada dua jalur yang bisa dipilih. Jika melalui Pantai Drini, pengunjung harus siap-siap bertualang menyusuri kawasan pesisir yang dipenuhi bebatuan licin nan tajam. Sementara jika melalui kawasan perbukitan, pelancong harus siap melakukan trekking yang cukup menguras tenaga.

Pemandangan pantai dari Kosakora
Pemandangan pantai dari Kosakora via Instagram zoeyafie

Namun jangan khawatir, semua usaha tersebut bakal terbayar lunas dengan keindahan yang sudah menanti di Kosakora. Apalagi sepanjang perjalanan mata serasa dimanjakan eloknya hamparan hijau. Belum lagi segarnya angin sepoi-sepoi, yang seolah memberi semangat untuk terus melangkahkan kaki.

Menikmati Pelukan Sinar Matahari

Matahari terbit di Kosakora
Matahari terbit di Kosakora via Instagram satria.lw

Begitu sampai di Puncak Kosakora, pengunjung akan disajikan keindahan pantai selatan. Dari kawasan perbukitan ini, sobat traveler juga bisa melihat cantiknya Pantai Drini. Tak heran meski perjalanan ke sini cukup sulit, ada banyak muda-mudi kerap terlihat berburu foto-foto terbaik.

Selain mengabadikan momen, Kosakora juga sering dijadikan lokasi favorit untuk kemping. Di sini terdapat padang rumput lumayan luas untuk mendirikan tenda. Kebanyakan para pelancong sengaja bermalam untuk menikmati indahnya panorama matahari terbit maupun terbenam.

Berkemah di Kosakora
Berkemah di Kosakora via Instagram muslimin0805

Dengan semua keindahan yang ditawarkan, pengelola Kosakora hanya memungut tiket sebesar dua ribu rupiah untuk para pengunjung. Bagi sobat traveler yang ingin bermalam, terdapat penyewaan tenda dengan kisaran biaya 60-100 ribu rupiah tergantung ukuran.

Well, itulah tadi sedikit gambaran mengenai indahnya Puncak Kosakora di Jogjakarta. Jika lain kali berkesempatan berkunjung ke Kota Gudeg dan berniat menikmati keindahan alam dari ketinggian, tak ada salahnya datang ke lokasi cantik ini.

Tags
Jogjakarta Wisata
Share